Sunday 6 June 2010

monyet pun bisa marah


hari ini gw diingetin lagi tentang yang namanya kesabaran setelah tadi gw sempet cerita2 sama temen2 gw sebaliknya gw dari ngumpul2 yang namanya kesan..
eh, tapi ga cuma hari ini ding.. sebenernya dari lama banget gw dah diingetin lagi tentang kesabaran ini..
cuma kayanya baru hari ini gw dapet ide dan bener2 ngerasa pengen dan harus ngebagiin ini buat temen2 semua..

"setiap orang punya batas kesabarannya masing2.."

*termasuk orang utan.. =P*

gw yakin lo orang yang baca pasti dah pernah atau malah sering denger kata2 itu..
atau kalo ga persis bener sama apa yang gw tulis itu, intinya mirip2 dengan kata2 itu..
yep.. setiap orang punya batas kesabarannya masing2..

dan batas kesabaran inilah yang sering dijadiin alesan orang2 memulai pertengkaran..
biasanya mereka bilang, "gw udah ga sabar lagi!", atau "udah cukup!", atau "gw udah capek!", atau apapun itu yang punya arti sama..
intinya, mereka yang sudah ketemu sama batas kesabaran mereka akhirnya memutuskan untuk melakukan sesuatu yang sebenernya manusiawi tapi ga harus dilakuin: MARAH..

gw sendiri, kalo ditanya, bates kesabaran gw sampe mana, gw ga bisa jawab..
karena selama ini gw juga jarang banget marah..
eh, maksud gw, bukan selama ini.. tapi, semenjak gw ke Singapore sini, gw dah jarang banget marah.. ga tau kenapa, selama gw di Singapore sini gw cuma pernah marah kurang dari 5 kali..
itupun cuma 1 yang bener2 serius marah.. yang laennya cuma acting marah supaya gw ga dikacangin dan gw masih dianggep serius..

Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali. [Matius 18:21-22]

nah.. di alkitab udah ditulis tuh.. kalo ada saudara kita berbuat jahat, dan minta maaf sama kita, kita harus bisa memaafkan dia..
berapa kali kita harus memaafkan dia? bukan cuma sekali, dua kali, tiga kali atau tujuh kali.. tapi tujuh puluh kali tujuh kali..
which is kalo mo diitung beneran 70 x 7 hasilnya adalah 490 kali.. atau dengan kata lain, kita ga boleh berhenti memaafkan kesalahan orang lain ke kita..

gw pernah juga denger dari orang, "emang lo siapa? lo kira lo lebih dari Tuhan? Tuhan aja mau maafin dia, masa lo ga mau maafin dia?"
dan pas denger kata2 itu gw langsung ketabok..
"iya juga yah.. kalo Tuhan aja mau maafin dia, apa hak gw buat ga maafin orang yang salah sama gw? gw ga lebih dari Tuhan.. bahkan, gw adalah anak Tuhan.. gw seharusnya mirip ama Papi gw.. harus bisa maafin orang yang bersalah sama gw.."

truusss... masuk ke pertanyaan yang lumayan sering kita tanyain juga..
"lah, kalo dia malah makin ngelunjak (merajalela / menjadi-jadi)? gimana? masa gw harus terus maafin dia?"
jawabannya adalah IYA.. kita harus terus maafin dia..
tapi, ga cuma maafin doang.. kalo bisa kita juga harus ingetin dia kalo dia salah.. karena dia juga masih saudara kita, masih temen kita, dan Tuhan udah ngijinin dia kenal sama kita supaya kita bisa berinteraksi dan membawa dampak yang positif buat kehidupan dia..
sebab ada tertulis, "Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi." [Amsal 27:5]

nah, kali ini, selain mo ngingetin kita semua buat ga cepet2 marah dan justru cepet2an mengampuni, gw juga mo ngingetin buat sebisa mungkin menghindari sama yang namanya perbantahan..
gw mo ngajakin kita sama2 buat belajar ga cari2 masalah..

di Amsal 17:14 ditulis, "Memulai pertengkaran adalah seperti membuka jalan air; jadi undurlah sebelum perbantahan mulai."
katanya pertengkaran itu sama kaya jalan air.. artinya, yang namanya pertengkaran itu bakal terus mengalir.. ga bakal berenti di satu titik doang..
yang namanya pertengkaran bakal ngerembes2 kemana2.. dan itu berbahaya..
kalo ga cepet2 diberentiin, itu keran air bakal terus ngocorin air, sampe akhirnya seluruh rumah basah atau malah bisa jadi banjir..
dan kalo sudah banjir kemarahan, all the worst things you can imagine will happen..

sedangkan di Amsal 17:9, cuma 5 ayat sebelumnya, ada ditulis, "Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangki perkara, menceraikan sahabat yang karib."
yang namanya perkara itu bahkan bisa bikin kita kehilangan temen.. dan alangkah baiknya kalo kita bisa justru menutupi semua pelanggaran yang ada.. supaya kita semua bisa mengejar dan mendapatkan kasih..

ada juga ditulis di Amsal 15:18, "Si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan perbantahan."
nah, yang ini jelas2 dibilang, kalo orang itu baru bisa dibilang sabar kalo dia bisa memadamkan perbantahan..
itu salah satu ciri2 orang sabar..
kalo setiap ada perbantahan dan ga ada seorangpun yang bisa memadamkan perbantahan itu, berarti disitu ga ada orang yang sabar.. dan parahnya, kalo disitu ada seorang yang pemarah, malah perbantahan itu bisa berubah jadi pertengkaran, pertikaian atau bahkan perang dunia.. parah..

dan ayat terakhir yang mau gw bagiin, ada di Amsal 20:3, "Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak."

nah loh! ada yang kena?!

disitu dibilang, kalo orang yang menjauhi perbantahan itu bukan orang yang pengecut.. tapi dia justru orang yang terhormat..
itu bukan gw yang bilang, itu tertulis di alkitab..

dan bahkan, di kelanjutannya, kita bisa baca kalo setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak..
yep.. kalo kita biarin kita kena profokasi, kalo kita sampe akhirnya marah karena kita ga sabaran, karena pas sampe batas kesabaran kita kita malah menyerah dan malah marah2, kita dibilang orang bodoh..
dan lagi2, bukan gw yang ngomong itu.. alkitab yang ngomong kaya gitu..

guys.. emang bener, setiap orang punya batas kesabaran masing2..
tapi, ini yang mau gw kasih tau ke lo semua yang baca, termasuk gw sendiri, termasuk orang2 yang ada di sekitar lo sekarang juga..
bahwa kalopun akhirnya kita sampe ke batas ujung kesabaran kita masing2, kita masih punya pilihan kok..

kita ga harus marah2.. kita ga harus ngamuk2.. kita masih punya pilihan lain buat memperpanjang, atau memperlebar, atau memperpanjang-kali-lebar-samadengan-luas batas kesabaran kita masing2.. yaitu dengan cara tetep sabar pas udah sampe di ujung bates kesabaran itu..

kena masalah itu emang bukan pilihan kita.. itu ga bisa kita hindari..
ada orang yang bikin kita kesel juga bukan pilihan kita.. itu udah seharusnya terjadi..
tapi... untuk marah atau ga marah, itu adalah pilihan kita..
dan seperti yang biasa gw bilang, "setiap pilihan kita itulah yang menentukan siapa kita.. dan setiap pilihan kita itu punya konsekuensinya masing2.."

so, apa sekarang lo masih bisa marah?

stay blessed.. =)

No comments: