Thursday 10 June 2010

the best?


It's easier to choose what's the best for you than to believe that whatever you have now is the best you can get.

kata2 itu tiba2 muncul di otak gw tadi siang..
habis itu, gw langsung keinget akan semua keputusan2 yang udah pernah gw buat di masa lalu..
semua keputusan yang udah gw buat sejak gw bisa bikin keputusan, itulah yang ngebuat gw jadi siapa gw sekarang..
keputusan2 itulah yang ngebuat gw jadi gw..

dulu.. setiap kali gw mo bikin keputusan, gw pasti mikir dulu.. well, semua manusia begitu..
sebelum kita bikin keputusan, kita pasti mikir dulu..
ga ada ceritanya kita bikin keputusan tanpa mikir..
yang ada cuma kadar mikirinnya aja yang beda2..
ada keputusan yang bisa dibuat dalam waktu sepersekian detik, ada juga yang mungkin butuh waktu berminggu2 untuk mikirinnya..
tapi, sekali lagi, setiap keputusan yang kita buat pasti sudah kita pikirin dulu sebelumnya..

dulu.. setiap kali gw mo bikin keputusan, gw pasti mutusin apa yang terbaik menurut gw.. well, kebanyakan manusia gitu..
atau mungkin, buat beberapa orang, mereka sebegitu sensitifnya sama yang namanya suara Tuhan, jadi mereka bisa tau, apa yang terbaik buat mereka menurut Tuhan.. itu pengecualian..
nah, setiap orang, kalo pinter, pasti milih pilihan yang terbaik buat mereka.. kecuali orang yang bego, pasti milih keputusan yang ga enak atau yang menurut dia ga terbaik buat dia..
dan keputusan2 itu kita buat setelah kita tau dan milih apa yang terbaik buat kita..
so, whatever that we choose, kita tau, itu adalah yang terbaik buat kita.. and whatever decision that we made, at that time we thought that was the best decision..

humm..

ini dia..

atas semua keputusan yang udah, sedang, atau mau kita buat, kita baru bisa tau hasilnya setelah keputusan itu kita buat..
kita ga bisa bikin keputusan yang hasilnya udah ada.. karena kalo hasilnya udah ada, itu namanya bukan keputusan, namanya adalah kesimpulan..
so, keputusan itu selalu berada sebelum hasil.. dan hasil itu selalu datang setelah keputusan dibuat..
tentang berapa lama hasil itu keliatan, tergantung dari besar kecilnya keputusan itu dan berapa lama kita mikirin keputusan itu.. well, ditambah variable2 lain tentunya..

sekarang, setelah kita sadar bahwa dulu, setiap kali kita bikin keputusan2 kita dulu, kita udah mikirin dan kita udah milih yang terbaik, seharusnya kita sudah siap dengan hasilnya..
atas segala keputusan yang udah kita buat dulu, harusnya kita udah siap buat nerima setiap konsekuensinya.. karena dulu kita udah mikir sebelum bikin keputusan dan udah bikin keputusan yang terbaik..

dengan kata lain, apapun itu hasilnya yang kita terima sekarang, itu berasal dari setiap keputusan yang udah kita buat dulu..
dan siapapun kita sekarang, apapun yang kita punya sekarang, itu semua ada karena keputusan2 kita di masa lalu..
dan kita harusnya bisa nerima hasil itu..

kaya apa yang gw tulis di kalimat pembukaan postingan gw kali ini, lebih gampang buat milih yang terbaik ketimbang menyadari bahwa apa yang kita punya sekarang adalah yang terbaik..
tentang bikin keputusan dan memilih yang terbaik, gw dah pernah nulis 2 kali di blog gw ini.. bisa click di sini atau di sini..
sedangkan tentang menyadari bahwa apa yang kita punya sekarang adalah yang terbaik, gw pernah nyinggung itu sekali di postingan gw yang ini.. silahkan di click aja..

benernya, obrolan ini bakal nyambung sama pertanyaan, "gimana kalo gw bisa mengubah masa lalu?"
dan itulah yang sebenernya pengen gw bahas..

denger pertanyaan kaya gitu, gw bakal tanya balik, "emang lo yakin kalo lo ngubah masa lalu, keadaan bisa jadi lebih baik?"
dan silahkan dijawab sendiri..

man..
siapapun kita sekarang, apapun yang kita punya, dan gimanapun keadaan kita sekarang, sadar ga sadar kita sendiri yang bikin kita jadi kita..
setiap keputusan yang kita buat, itulah yang udah ngebentuk kita jadi kita yang sekarang..
sadar ga sadar, mau ga mau, ngerti ga ngerti, itulah kenyataannya..

guys, kalo emang setiap kali kita bikin keputusan adalah keputusan yang terbaik buat kita, entah itu dulu, sekarang dan di masa depan, hasilnya juga pasti udah kita pikirin..
sebaliknya, karena kita pasti menginginkan hasil yang terbaik buat kita, makanya kita bikin keputusan yang terbaik..
tul?!

dan sekarang, kalo hasilnya sudah keliatan, bisakah kita bilang bahwa hasilnya ini adalah yang terbaik?
karena apa yang udah kamu pilih dulu, setiap keputusanmu dulu, menurutmu itu adalah yang terbaik.. sehingga hasilnya seharusnya juga adalah yang terbaik..

jadi, sebelum gw say goodbye ke kalian, gw mau nanya sekali lagi..
sekarang, dengan keadaan kita sekarang, dengan kondisi kita sekarang, dengan siapa diri kita yang sekarang, bisa ga kita bilang bahwa ini adalah yang terbaik?

because it's easier to choose what's the best for you than to believe that whatever you have now is the best you can get..

stay blessed.. =)

No comments: