Tuesday 8 June 2010

permisii.. numpang lewaaatt... =)


broott.. preett.. preeett!!
makan siang dan makan malem gw akhirnya keluar lagi.. haiz.. boker emang mahal..

lagi boker tadi, gw jadi inget kalimat2 terkenal di kalangan orang2 males dan orang2 pelit..
"ngapain mandi kalo toh ntar bakal kotor lagi?"
"ngapain minum kalo toh ntar kencing trus haus lagi?"
"ngapain makan kalo toh ntar boker trus laper lagi?"
dan paling ekstrimnya, "ngapain idup kalo toh bakal mati juga?"

nah.. gw pikirin itu kalimat2 selama gw boker.. dan gw kepikiran ada 2 kesamaan antara 4 kalimat itu..
kesamaannya bukan cuma di kata2nya yang emang mirip2 semuanya dan punya pattern: "ngapain ... kalo toh bakal ... ?"
tapi ada 2 kesamaan yang lebih fundamental..

1. Semua kegiatan yang disebutin di atas bersifat sementara..
yep.. dari kata2nya aja kita udah bisa bilang kalo yang namanya mandi, minum dan makan itu kita lakuin cuma untuk efek yang sementara.. ga tahan lama..
kita mandi, trus dalam beberapa jam juga kita bakal keringetan dan kotor lagi.. dan akhirnya kita harus mandi lagi..
kita minum dan makan, trus dalam beberapa jam juga kita bakal kencing dan boker.. akhirnya, kita haus dan laper lagi.. dan itu berarti kita harus minum dan makan lagi..

sama halnya sama idup..
kita lahir oek oek.. idup cuma buat beberapa taon, syukur2 bisa ampe 80 taon, trus, akhirnya mati juga..

2. Semua kegiatan yang sementara itu harus membawa dampak positif..
kenapa kita ga mandi pake aer comberan? kenapa kita pake aer bersih dan pake sabun? suyapa bersih.. walopun cuma sebentar..
kita ga mandi pake aer comberan karena kita bukannya malah bersih, ada juga kita malah tambah kotor..
kenapa kita minum aer putih dan bukan aer kecing? toh sama2 aer kan? karena aer kencing itu isinya sampah.. kotoran.. dan ga berguna buat tubuh..
mineral2 yang ada di aer putih itulah yang dibutuhkan tubuh kita.. dan aer itu juga yang ngebantu buat ngalirin nutrisi dan darah ke seluruh tubuh..
kenapa kita makan bakso dan bukan makan taek? karena taek itu ga ada gunanya.. karena taek itu jorok.. dan bukannya bikin kita jadi sehat, taek itu malah ngeracunin kita.. bisa bikin kita jadi sakit..
dan anyway, tujuan awal kita makan itu kan buat ngenyangin perut, buat ngisi tenaga dan nutrisi, walopun cuma sementara..

gitu juga dengan hidup.. kenapa kita harus kenal sama orang2 yang baek? dan kenapa kita harus jadi orang baek? supaya hidup kita itu dapet hal2 yang positif dan juga membawa hal2 yang positif buat orang lain di sekitar kita..

okeh.. 2 hal itu cuma pembukaan dari inti yang mau gw bilangin di postingan gw kali ini..
inti obrolan kita hari ini adalah, "jangan bikin idup lo jadi kaya taek yang ga ada gunanya dan malah bikin orang jadi sakit.."

guys, kaya yang udah gw bilang di awal2 tadi, segala hal yang kita lakuin di dunia ini cuma bersifat sementara.. bahkan hidup kita sendiri bisa dibilang cuma sementara.. mentok2 kalo ampe 80 taon dah syukur.. tul?!
nah, sekarang, masalahnya adalah apakah hidup kita dan perkenalan atau pertemuan kita dengan orang2 lain di sekitar kita itu bisa jadi dampak positif atau malah jadi dampak negatif buat orang2 tersebut?

owh.. gw jadi keinget postingan2 gw sebelumnya, gw sering bilang kalo kita boleh temenan sama semua orang, tapi harus pinter2 milih siapa2 yang boleh masuk lebih dalam ke kehidupan kita..
kalo bisa, kita harus milih temen2 yang bisa ngebuat kita jadi orang yang lebih baek ketimbang orang2 yang justru buat kita jadi tambah ancur, parah..
orang2 yang bikin kita jauh dari Tuhan, bikin kita gampang marah, jadi bandel, dkk, sorry to say, mending diusir jauh2 dari hidup kita..

nah, kalo misalnya semua orang mikir dan punya konsep yang sama ama yang gw tulis di atas barusan, itu berarti semua orang cuma bakal temenan sama orang2 yang bisa ngebawa dampak positif di hidup mereka.. tul?
orang2 bakal lebih milih buat ngedeketin orang2 yang bisa bawa "benefit" dan "profit" buat kehidupan mereka, ketimbang orang2 yang cuma bisa bawa sial dan rugi..
dan otomatis, orang2 yang cuma bisa bawa sial dan rugi itu bakal terasingkan..

so.. hal itu juga yang ngedasarin kenapa kita harus bisa jadi orang yang bawa dampak positif di kehidupan orang laen..
karena, kalo kita ga bisa bawa dampak positif, kita bakal diasingkan.. ga ada orang yang mau temenan sama kita..
dan sadar ga sadar, mau ga mau, yang namanya manusia itu adalah makhluk ekonomi.. manusia bakal milih apa yang nguntungin buat mereka daripada apa yang ngerugiin.. tul?!

guys, pertemuan kita dengan orang2 di hidup kita itu cuma sementara.. atau dengan kata lain, ada pertemuan, maka ada juga perpisahan..
well, kalo bahasa kerennya, hidup kita itu cuma numpang lewat..

yep.. kaya makanan dan minuman yang cuma numpang lewat dalam tubuh kita, begitu juga kehidupan kita cuma numpang lewat di kehidupan orang laen..
dan kaya makanan dan minuman itu juga yang harusnya membawa dampak yang positif dan bikin tubuh kita sehat, gitulah harusnya pertemuan kita dengan orang lain..
pertemuan kita dengan orang lain harus bisa bikin kehidupan mereka lebih sehat, lebih baik daripada waktu mereka belom ketemu kita.. dengan gitu, barulah kita jadi orang yang berguna..

dari segini panjang tulisan gw kali ini, gw cuma mo ngingetin hal ini sekali lagi..
jangan mau punya hidup yang kaya taek.. yang ga ada gunanya, ga ada yang mau ngambil, dan kalopun diambil orang, cuma bakal bikin orang yang ngambil itu jadi sakit..

mending kita punya idup kaya permen karet.. yang walopun kecil, cuma dikunyah selama 10 menit trus dibuang di tong sampah, tapi sempet bikin orang yang ngunyah itu jadi seneng.. bahkan bikin dia olahraga muka..

karena ga penting berapa lama kita idup dan kenal sama seseorang, yang penting adalah berapa banyak hal positif yang bisa orang itu ambil dari hidup kita.. dan berapa banyak berkat yang sudah kita bawa buat kehidupan mereka..
setuju?!

so, stay blessed to be a blessing.. =)

1 comment:

guest said...

hey you there!this is for you :) http://www.youtube.com/watch?v=vx5dx3etDA8