Friday 6 February 2009

Choose your next words carefully, friends..


~ hati-hati gunakan mulutmu (plok plok plok)
hati-hati gunakan mulutmu
karena Tuhan di surga melihat kebawah
hati-hati gunakan mulutmu ~

dulu sering banget nyanyiin lagu ini.. waktu jaman masi sd..
malah sampe ada hati2 gunakan matamu, tanganmu dan kakimu segala..
cuma sekarang dah jarang banget..
dan sekarang gw nginget2 lagu2 itu lagi.. kenapa?
karena gw ngerasa kalo semakin dewasa orang, semakin susah buat bisa bertanggung jawab sama apa yang dia katakan, dia perbuat dan dia lihat..

gw pernah tulis di salah satu postingan gw sebelumnya, kalo manusia itu diciptakan Tuhan dengan 1 mulut doang supaya ga banyak omong..
karena orang bilang, "mulutmu harimaumu"..
dan ada juga yang bilang, "lidah setajam pedang"..

permasalahan yang terjadi di dunia ini pada umumnya terjadi karena kurangnya komunikasi..
percaya ga percaya, silahkan buktikan sendiri..

kemaren beberapa hari yang lalu, gw maen bola..
dan udah jadi kebiasaan gw, tiap kali gw maen bola, gw bakal teriak2.. entah itu minta bola, atau karena gw kesel ga di kasih bola..
tapii.. kebiasaan gw itu udah mulai gw kurangin.. gw dah mulai jarang teriak2 lagi kalo maen bola..
selain buat ngejaga suara gw biar ga gampang rusak, gw juga pengen ngejaga perasaan temen2 gw selama maen bola..

ngejaga perasaan?
yep..
selama maen bola, tanpa gw sadari gw sering banget ngomong yang jelek2..
gw bilang bego lah, anj*ng lah, ta* lah, ba*i lah.. dan macem2 lagi..
dan itu bikin mental temen2 gw turun..

manusia itu dikasih kekuatan dalam perkataannya sama Tuhan..

siapa yang ga kenal Obama? presiden Amerika Serikat berkulit hitam pertama..
siapa pula yang ga kenal Soekarno? presiden pertama Indonesia..
kedua orang itu punya keahlian yang sama.. sama2 pinter ngomong dan bisa influence people dengan pidato2 mereka..

bayangin kalo setiap manusia dikasih kemampuan kaya gitu..
sedangkan kita yang ga punya kemampuan kaya mereka aja udah bisa bikin orang lain kecewa atau sakit hati..

dan lebih parah, bayangin kalo manusia punya 2 mulut..

sedangkan kita punya 1 mulut aja udah sering bikin masalah sama orang lain, apalagi kalo kita punya 2 mulut..

mulut kita ini mengeluarkan kata2 yang berasal dari otak dan hati kita..
so, ga ada yang keluar dari mulut kita ini ga sengaja..

semua pasti disengaja..

nah, karena semua disengaja, ada baiknya tiap kali kita mo ngomong atau ngucapin kata2 kita pikirin dulu..

diolah dulu dalam otak, kira2 pantes ga buat diucapkan.. kalo emang pantes, baru diucapkan..


yah, postingan gw ini cuma ajakan supaya hubungan kita dengan orang lain itu bisa lebih baik lagi..


"Choose your next words carefully, Leonidas!" -from 300, the messenger-

No comments: