Monday 30 March 2009

watch your ears!



bukan..
kali ini gw bukan mo sok2an jadi dokter THT yang ngurusin kuping congekan lo punya..
karena gw bukan kuliah di jurusan kedokteran..

dan karena gw juga bukan kuliah di jurusan kuliner ato masak-memasak ato malah masak-dimasak, gw juga ga bakal ngebahas gimana rasanya kuping rebus a.l.a. bang putro..
walaupun mungkin kuping bakal lebih enak kalo di goreng pake bumbu sambel, gw tetep ga bakal ngomongin tentang itu..

yang bakal gw omongin disini adalah gunanya kuping sebagai alat pendengaran..
tentang hubungannya ke emosi dan perasaan kita..

so let's get started!

kita cuma punya 2 kuping.. di sisi kiri dan kanan kepala kita..
(kecuali kalo lo punya tambahan kuping di jidat atau pipi lo)
dan tahukah kalian kalo kuping kita itu bener2 penting?

pernah maen game orang buta ga?
satu orang ditutup matanya, trus temen2nya kasih dia perintah buat jalan kemana2 gitu..
pasti pernah kan?

dan kalian juga pasti pernah ngalamin yang namanya mati lampu..
nah, waktu gw masih kecil, tiap kali mati lampu, gw selalu teriak manggil bokap atau nyokap gw..
dan kalo bokap atau nyokap gw dah nyaut, gw bakal ke tempat mereka..
gw bisa tau dimana mereka walopun gw ga bisa liat mereka..
gw tau dimana mereka dari pendengaran gw..

kuping kita itu dahsyat man!

kuping kita bisa bantu kita buat nentuin arah kita berjalan..
kuping kita bisa bantu kita buat nentuin tindakan kita selanjutnya..
kuping kita bisa bantu kita buat milih mana yang harus kita pilih..
tapii.. kuping kita juga bisa menjebak kita dan ngebawa kita ke jalan yang salah..

jagalah telingamu; pendengaranmu..
karena apa yang kamu dengar itu ga mungkin sia2..
there's no such thing as masuk kuping kiri keluar kuping kanan..
karena apa yang kamu dengar pasti lewat ke otakmu..

gw demen banget dengerin musik.. dan gw termasuk orang yang gampang terpengaruh sama apa yang gw denger..
kalo gw lagi sedih dan gw dengerin lagu2 yang bikin semangat, gw bisa lupa kesedihan2 gw itu..
dan sebaliknya, kalo gw lagi seneng2 dan tiba2 ngedenger lagu2 mellow, gw bisa juga berubah jadi mellow saat itu juga..

well, gw ga tau dengan kalian.. tapi yang jelas, kuping gw punya andil yang gede dalam perubahan dan pertumbuhan mental, sikap dan emosi gw..

okeh, sekarang gw kasih pertanyaan ke lo yang baca..

Kalo lo lagi curhat ama orang tentang pacar lo yang baru ketauan selingkuh, jawaban apa yang lo harapkan dari orang itu?
a. "MATI AJA LOE!"
b. "Semangat doong! Siapa tau aja dia emang bukan yang terbaik buat lo. Dan mungkin aja besok lo bisa ketemu yang lebih baik dari dia. Maafin aja."
c. "Duh, gw juga lagi sedih nih.. emang lo aja yang perlu curhat?"
d. "Nih dengerin lagunya Dewa yang ini aja.. bagus tuh lagunya.."


gw ga tau yang mana pilihan kalian..
tapi yang jelas, setiap pilihan itu ngebawa hasil yang berbeda2..
mulai dari yang positif sampe yang extrim negatif bisa terjadi..
mulai yang bisa bawa kita jadi manusia yang lebih baik sampe yang bisa bawa kita ke dunia akhirat..

dan itu dipengaruhi oleh apa yang kita dengar..

so..
gimanapun kondisi kalian sekarang, entah kalian lagi happy, atau kalian lagi sedih, I just want to make sure kalo kalian mendengarkan hal2 yang bener..
yang bisa bawa kalian ke arah yang lebih baik lagi..
yang bisa ngebuat kalian lebih semangat lagi dalam idup..

udah ga jamannya lagi kita manjain emosi2 kita dengan hal2 yang malah bikin kita makin kacau..
jadi, pilih lagu2 yang tepat buat kalian dengerin..
dan pilih temen2 yang tepat buat kasih kalian semangat..


adios!
=)

No comments: