Saturday 2 February 2013

Day 1. Buruk Muka Cermin Dibelah



and so.. seperti yang kalian baca, di postingan sebelum ini gue sempet nyinggung sedikit hal tentang ngaca..
dan sekarang, gue mau bahas lebih detail tentang ngaca ini..

gue yakin lo yang ngebaca pasti sering ngaca.. #rhyme
minimal sekali sehari, bahkan mungkin lebih sering.. #rhymelagi

nah.. yang gue perhatiin, orang itu ngaca biasanya karena 2 hal.. buat ngecek apa ada yang salah sama dirinya yang harus diperbaiki (entah itu baju, potongan rambut, jerawat, dll), atau dia cuma narsis dan pengen ngeliat ketampanan atau kecantikannya..
well, 22nya itu adalah alasan yang valid..

sekarang, gue mau ngobrol tentang ngaca yang ga pake kaca.. alias ngaca dari orang lain.. ngaca dari pendapat orang lain terhadap kita..
gue mau ngajak kita sama2 ngebuka mata untuk setiap feedback yang diberikan orang lain kepada kita dengan tujuan untuk menjadi orang yang lebih baik ke depannya..

waktu masih kecil, gue seneng denger pujian dari orang.. gue bakal lebih semangat ngerjain segala sesuatunya.. gue bakal bisa ngasih hasil lebih baik dalam apa yang gue kerjain..
dan waktu masih kecil itu juga, gue ga suka denger orang bilang gue salah.. gue bakal jadi males2an, ogah2an, dan ga niat kalo gue disalah2ain waktu ngerjain sesuatu.. bisa jadi gue malah ngambek kalo denger orang bilang gue salah..

wokeh.. sebelum kita lanjut, gue saranin lo buat klik link ini.. link ini adalah artikel yang jadi alesan gue nulis entry blog kali ini..

udah dibaca kan?

baru kita lanjutin..

di artikel itu, si penulis bilang bahwa negative feedback, atau kritikan, kadang2 jauh lebih baik dan berguna jika diberikan pada orang yang tepat dan disaat yang tepat..
dan di artikel itu juga dibilang bahwa ada kalanya pujian itu menjadi ga berguna sama sekali..

hasil riset membuktikan bahwa orang2 yang sudah berpengalaman dan memiliki keahlian lebih dalam satu bidang tertentu akan dapat meningkatkan kinerja dan kualitasnya jika dia diberikan negative feedback atau kritikan..
sedangkan orang2 yang baru, yang belum berpengalaman lebih memilih untuk mendengar pujian tentang seberapa baik dia sudah mengerjakan bagiannya..

nah.. dari hasil riset dan penelitian itu gue bisa narik kesimpulan.. bahwa feedback itu harus sesuai dengan tingkat kedewasaan seseorang..
gue bisa narik kesimpulan bahwa ga semua orang bisa nerima kritikan, dan ga semua orang dapet manfaat dari sebuah pujian..

pujian itu berguna kalo orang yang kita puji emang masih belum cukup dewasa dan masih dalam tahap belajar..
untuk orang yang masih belum yakin atas seberapa baiknya dia, atau belum tau atas apa yang dia bisa lakukan, pujian atas prestasinya pantas untuk diberikan..
layaknya seorang anak kecil yang akan belajar lebih giat setelah dipuji karena dia dapet nilai 9 untuk pelajaran matematikanya, pujian juga bisa ngebuat orang berbuat lebih baik ke depannya..

kritikan itu akan sangat berguna kalo orang yang kita kritik sudah cukup dewasa untuk menerima kritikan itu..
untuk orang yang sudah mengerti banyak dan yakin akan dirinya sendiri termasuk apa yang dia lakukan, dia akan lebih terbuka terhadap kritikan supaya dia bisa menghilangkan apa yang salah dan meningkatkan apa yang kurang baik..
kaya gue yang emang udah ganteng, gue ga perlu ngedenger orang bilang gue ganteng lagi.. yang gue mau denger adalah, apakah baju gue kurang ngikutin trend, supaya gue bisa beli baju baru yang lebih trendy dan bisa bikin gue jadi lebih ganteng lagi.. #pokoknya lo ngerti lah maksud gue#

by understanding all those things, kita seharusnya jadi bisa belajar dari feedback yang orang lain berikan..
waktu orang lain kasih kita pujian atau kritikan, respon kita menentukan kadar kedewasaan kita..
kalo kita cuma seneng setiap kali kita dipuji orang dan sakit hati setiap kali kita dikritik orang, besar kemungkinan kita masih belum cukup dewasa.. dan kalo kita langsung bersifat defensive atas setiap kritikan yang kita terima, apa bedanya sama anak kecil yang langsung ngambek setiap kali dia dikasih tau kesalahannya?

so, friends..
ayo kita sama2 belajar buat memperbaiki diri kita setiap hari dengan membuka mata dan telinga kita untuk setiap feedback yang orang berikan.. bukan cuma yang positive, tapi juga yang negative..
karena besi menajamkan besi, dan manusia menajamkan sesamanya..

stay blessed! =)

No comments: