Thursday 7 February 2013

Day 7. Ternyata Ga Segampang Itu



so, here's the thing..
beberapa hari lalu gue nonton rekaman debat di TV-One yang isinya cuma orang2 tolol yang ngeributin hal yang sebenernya ga penting buat diributin..
dan dari video 41menit 35detik itu, gue sempet ngedapetin 1 hal yang cukup menarik buat dibahas..

"Saya 18tahun 7bulan di 14penjara, bolehkah saya tobat?"

yep.. kali ini gue mau ngebahas tentang bertobat..

TERKADANG YANG NGEBIKIN KITA SUSAH BERTOBAT ITU ADALAH ORANG LAIN.

bertobat memang butuh niat..
bertobat juga harus menjadi sebuah keputusan tegas yang diikuti dengan komitmen dan konsistensi dalam penerapannya..
bahkan ada yang bilang, bertobat itu seharusnya seperti kalo kita salah ambil jalur dalam kota: kita harus balik arah, kita harus make a U-turn..
dan gue setuju..

tapi masalahnya sekarang ternyata bertobat itu ga segampang itu..
karena saat kita bertobat, biasanya kita masih hidup di lingkungan yang kurang lebih sama.. hanya kebiasaan dan perbuatan kita aja yang kita usahakan untuk berubah..
jarang sekali pertobatan kita itu disertai dengan perubahan lingkungan..

maksudnya apa?

maksudnya gini..

temen gue ada yang mau berenti ngerokok.. udah beberapa minggu ini dia berenti merokok..
nah, masalahnya sekarang adalah, temen2 di sekitar dia masih ada yang ngerokok.. dan bahkan, yang ga ngerokok pun suka mancing2 dia buat ngerokok lagi..
lingkungannya seolah2 masih ga bisa terima kalo dia lagi mau berusaha berenti ngerokok..
lingkungannya seolah2 ga mendukung..
maksudnya becanda mungkin, tapi itu nyusahin..

temen gue yang laen, ada yang mau berenti jadi playboy.. ga segampang yang dia kira..
orang2 di sekitarnya masih suka nyindir2 dia, ngejelek2in dia, bahkan ngungkit2 kesalahan2 dia di masa lalu waktu masih playboy..
alhasil, dia jadi frustasi..
budaya ngecap yang ada di lingkungannya bener2 ga mendukung pertobatannya..

nah..

sekarang gue mau minta tolong nih buat kita semua..
gue yakin kita semua pasti punya beberapa temen yang pengen jadi orang yang lebih baik.. atau dengan kata lain, lagi pengen bertobat..
atau mungkin lo yang ngebaca juga sebenernya lagi dalam masa perjuangan.. pengen bertobat, pengen jadi lebih baik lagi..

gue mau minta tolong buat kita saling ngebantu.. saling nguatin.. saling mendukung..
saat ada temen yang pengen berubah jadi lebih baik, jangan ditarik ke belakang..
dorong dia, support dia supaya beneran bisa jadi lebih baik..
saat dia jatuh, jangan malah dijorokin lebih dalem dalam kejatuhannya..
bantuin dia, tarik dia lagi.. angkat dia supaya dia bisa nerusin perjuangannya..

kalo gue mau tobat tapi sekitar gue ga bisa nerima pertobatan gue, masa gue harus pergi dan hidup menyendiri?


=)

No comments: