Thursday 7 February 2013

Day 6. Karena Uang Ga Bisa Dimakan



kali ini gue mau cerita aja.. kejadian yang hari ini gue alami..
so, bear with me.. =)

bangun tidur jam 11.45, kepala gue sakit.. pusing..
idung gue meler.. sedikit batuk..
liat keluar, gerimis..
langsung mikir buat minta ijin ga masuk kerja..

mandi, pake baju lengkap, pake jaket, keluar rumah..
ke klinik terdekat, ternyata penuh..
tiba2 ada bus lewat, naik bus..
akhirnya berangkat ke kantor..
kerja..

lagi asik2 ngobrol, sambil nungguin ada yang ngangkat telepon di ujung dunia sana, bos tiba2 nunjuk ke muka gue..
gue kirain kenapa.. ternyata dia bilang, "check your email!"

deals!
4 orang ngedaftar buat program gue di Ghana..
gue ga kenal nama2 mereka, tapi mereka daftar ke gue..
berkat..
gue seneng..

break buat makan jam 5.30..
masih sedikit gerimis..
ga berani jalan jaoh2, akhirnya makan di maggie thai..
pesen javanese chicken rice set..
kali ini ayamnya banyak, dan bumbu pecelnya enak..
puas.. blessed..
kenyang..

jalan balik ke kantor, mikir mau transfer duit ke tabungan bersama buat rencana ke Israel ama temen2..
lagi jalan ke ATM, ngeliat ada uncle2 India tua ngedeketin executive muda pake setelan rapi, baju putih, celana item..
mikir, "itu uncle jangan2 anggota sindikat tukang palak yang udah sering gue denger beredar di Singapore.."
pura2 ga ngeliat..

tiba2 papasan ama si uncle..
"young man.. young man.." dia manggil2 gue..
pura2 ga denger..

"young man!" dia teriak makin kenceng..
gue noleh.. entah kenapa..
"do you have rice to share? uncle haven't eat for days.."
"rice?"
"yes.. just rice.. to eat.."
"ok.. follow me.."

gue ga ngerti.. seolah2 gue ga pake mikir waktu gue denger dia bilang gitu..
padahal tadinya gue mau bener2 nyuekin itu uncle2..
tapi gue tiba2 ga tega.. karena gue tau dia minta makan, dan bukan minta uang..

langsung aja gue bawa dia ke salah satu stall makanan murah tempat biasanya gue makan, tapi stall itu ternyata dah tutup..
di sebelahnya gue liat ada stall india.. gue belum pernah pesen disitu, tapi kata temen gue disitu nasi ama lauknya enak.. plus lagi, si uncle orang india.. jadilah gue tanyain ke stall india itu.. eh, ternyata dia udah ga ada nasi lagi jam segitu..

gue mikir lagi, "mau dikasih makan apa ya si uncle ini? yang sehat biar dia juga enjoy makannya.."
tiba2 gue kepikiran restoran pork chop rice yang ada di seberang jalan..
liat jam, masih ada 20 menit sebelum gue harus balik ke kantor lagi..
langsung aja gue bawa itu uncle ke restoran itu, sambil gue tanyain, "are you ok, if I give you food from that restaurant? they sell pork, but I will order chicken for you.."
"I'm ok with anything, son.. I just need to eat.."

sampe restoran, gue pesen chicken chop with fried rice..
si uncle tiba2 bilang, "just tapao for me.."
gue bayar, gue suruh si kasir kasihin itu nasi ke si uncle kalo udah siap..
gue tinggalin si uncle di restoran..

...

entah apa yang gue pikirin saat itu..
dan kejadian itu, walopun cuma 5 menit, bener2 terekam jelas di otak gue sampe sekarang..
yang jelas, ada rasa puas, ada rasa bahagia setelah gue berbagi berkat sama orang yang bener2 ga gue kenal..

well, mungkin kita udah sering ngeliat video2 kaya gini (click!) yang nunjukin gimana seseorang bisa jadi berkat buat orang lain..
mungkin juga kita udah sering ngebaca cerita2 tentang kebaikan orang lain..
tapi pertanyaannya sekarang adalah, apakah kita juga mau ambil bagian dalam cerita itu dan jadi inspirasi bagi orang lain untuk menjadikan dunia ini tempat yang lebih indah?

"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku"

stay blessed.. =)

No comments: