Tuesday 5 February 2013

Day 4. Hubungan Murahan



"kalo bisa dipermudah, kenapa harus dipersulit?
kalo ada yang murah, kenapa harus pilih yang mahal?"

jaman sekarang ini sudah amat jauh berbeda sama jaman dulu..
well, not that I'm feeling old while writing this post.. I'm talking about the year 2013 as compared to year 1997..
I'm talking about how simple are things nowadays..

jaman taon 1997, waktu itu gue masih kelas 4 SD..
di jaman itu, waktu gue diopname di rumah sakit, ga ada SMS yang ngucapin "cepet sembuh yaa..", juga ga ada wall facebook yang nulis, "kapan masuk sekolah lagi?"
tapi, itu bukan berarti ga ada yang perhatian sama gue..

waktu jaman taon 1997, masih belum ada yang namanya iPad..
boro2 iPad, PlayStation aja belom ada.. paling mentok dulu gue punya Super Nintendo dengan 1 kaset 15-in-1 yang cuma bisa gue maenin tiap hari Minggu..
tapi, itu bukan berarti gue ga bahagia..

jaman dulu gue belom punya HP.. boro2 gue, bokap gue aja belom punya..
yang ada di rumah gue cuma 1 telepon rumah warna ijo, dengan nomer 815975..
tapi itu bukan berarti ga ada orang yang inget ulang tahun gue..
justru gue selalu menanti2kan ulang tahun gue yang selalu dirayain dan rame dihadiri oleh temen2 SD gue..
undangan berbentuk kertas yang ditulis tangan yang gue bagiin di kelas seminggu sebelum ultah gue sudah cukup buat ngingetin temen2 gue buat beli kado dan dibawa ke acara ulang tahun gue..
oh iya, semua anak yang dateng pasti bakalan dateng dengan baju baru..

well, gue bisa bilang, dengan segala keterbatasan yang ada, gue tetep bahagia..
bahkan, gue berani jamin kalo Coby kecil di tahun 1997 jauh lebih bahagia dari anak2 umur 9 tahun jaman sekarang..
gue berani jamin..

nah.. apa maksud gue nulis semua perbandingan itu?
dan apa hubungannya dengan kalimat pertama gue?

friends..
ada beberapa hal di dunia ini yang emang lebih enak kalo lebih gampang dan lebih murah.. contohnya, jalan2 naik pesawat..
jaman dulu, cuma ada beberapa penerbangan di Indonesia.. dan itupun harganya mahal bukan main..
sekarang, gue bisa mondar-mandir Singapore Jakarta cuma dengan 600ribu untuk pulang-pergi..
dan lo ga perlu lagi ke kantor pusat maskapainya buat beli tiket.. tinggal duduk di depan komputer, click beberapa kali, dan lo udah bisa beli tiketnya..

tapi ada beberapa hal tertentu yang justru lebih baik kalo ga dipermudah walaupun bisa dipermudah..
dan hal2 itu biasanya adalah hal2 yang berhubungan dengan relationship: hal2 yang melibatkan perasaan dan hubungan antara 2 manusia..

jaman sekarang ini banyak sekali orang yang sudah terlena dengan kemudahan2 yang mereka dapatkan sejak adanya Handphone, SMS, Whatsapp, BBM, Skype, Facebook, Twitter dan teman2nya yang lain itu..
semakin banyak orang yang menggantungkan hubungan pribadinya dengan orang lain kepada layanan2 tersebut..
bahkan mungkin lo yang ngebaca juga salah satu dari manusia yang terlena..

sekarang gue mau tanya, apakah lo masih inget tanggal ulang tahun bokap lo?
apakah lo masih inget tanggal ulang tahun nyokap lo? sodara lo?
kalo ga ada Facebook yang ngingetin, apa lo masih bakal ngucapin selamat ulang tahun secara langsung tepat waktu ke mereka?
dan kapan terakhir kali lo duduk ngobrol sekeluarga selama lebih dari 30 menit?

kapan terakhir kali lo ngejengukin temen lo yang lagi sakit?
kapan terakhir kali lo dateng, nyamperin temen lo yang lagi butuh buat ketemu sama lo?
kapan terakhir kali lo maen2 rame2 di satu tempat sama anak2 seumuran lo sampe lupa waktu?
atau kapan terakhir kali lo duduk ngobrol ama temen2 lo tanpa ada gangguan handphone?

pernah ga lo ngerasa malu ngobrol sama orang, padahal kalo SMSan lo bisa ngobrol panjang lebar sama orang itu?
pernah ga lo ngerasa ga bisa cerita banyak sama orang padahal lo bisa ngabisin 2 jam cuma buat chatting sama orang itu?

itu semua pertanyaan yang bisa ngingetin kita lagi buat bener2 hidup..
itu pertanyaan2 yang bisa menyadarkan kita lagi bahwa ternyata ada manusia lain selain kita..
itu pertanyaan yang mungkin bisa memanusiakan kita kembali..

friends..
teknologi memang ada untuk memudahkan apa yang sulit..
tapi jangan sampe kita tertipu atas kemudahan2 itu..
jangan sampe kita melupakan apa yang penting, yang seharusnya tidak dipermudah..
jangan sampe kita menukar kualitas hubungan kita dengan sebuah hubungan gampangan yang tergantung sama kemudahan2 itu..

karena hubungan yang dibangun atas kemudahan akan mudah berakhir pula..

for better future.. =)

No comments: