Tuesday 29 January 2013

harga diri seorang jomblo


GA SEMUA ORANG BISA BELI LAMBORGHINI.

sudah hampir setahun ini gue berprofesi sebagai Sales Executive di salah satu perusahaan lokal di Singapura.. dan selama gue jadi Sales Executive ini, gue jadi sering nongkrong di LinkedIn.. gue jadi jarang nongkrong di Facebook lama2.. gue rasa LinkedIn lebih menarik buat di tongkrongin..

selain nongkrong di LinkedIn, gue juga jadi banyak belajar tentang psikologi manusia.. gue jadi ngerti lebih dalem tentang demand & supply.. gue jadi lebih ngerti tentang kenapa kita membeli apa yang kita beli, dan kenapa kita ga mau beli apa yang kita ga mau beli..
dan gue rasa, teori tentang jual beli ini juga berlaku untuk siapa aja yang jomblo dan pengen mengakhiri kejombloannya..

1. Kenapa orang membeli.
ada 2 alasan kenapa orang membeli sepatu.. karena emang dia lagi butuh sepatu itu, atau karena dia pengen punya sepatu baru dengan model baru..
kalo emang dia lagi butuh, dia bakal usahain segimanapun caranya buat ngedapetin sepatu baru..
tapi kalo lagi pengen doang, pas ada sepatu bagus dengan harga bagus, barulah dia beli sepatu itu.. ga harus, tapi kalo ada, kenapa nggak..

nah, sebagai sales, gue harus bisa nyari tau orang mana yang lagi butuh, orang mana yang cuma lagi pengen, dan orang mana yang sebenernya ga butuh dan ga pengen tapi bisa dipaksa jadi pengen.. untuk 3 jenis manusia ini, gue bisa ngejual apa yang bisa gue jual dengan keyakinan bahwa mereka bakal beli.. tapi kalo emang dia ga demen, ga pengen dan ga pengen dipaksa pengen, gue ga bisa ngapa2in lagi..
naaahh.. ga jauh beda dengan urusan kejombloan.. sebagai cowo, gue harus bisa ngebedain cewe mana yang lagi butuh cowo, cewe mana yang lagi pengen punya cowo, dan cewe mana yang sebenernya ga butuh, dan ga pengen tapi bisa dipaksa jadi pengen punya cowo..

so, buat temen2 yang pengen mengakhiri kejombloannya, gue kasih saran untuk mengenal dulu dengan baik si calon gebetan.. termasuk cewe yang manakah doi? yang lagi butuh cowo? yang lagi pengen punya cowo? apa yang sebenernya ga butuh dan ga pengen punya cowo tapi bisa dipaksain buat pengen punya cowo?
kalo dia termasuk salah satu dari 3 kategori itu, silahkan coba.. kemungkinan dia bakal jadian sama lo cukup besar..
tapi... kalo dia bener2 ga butuh, ga pengen, dan ga bisa dipaksa buat pengen, mending berenti sekarang juga..

2. Kenapa kita ga beli. 
gue cuma bertindak sebagai penjual kalo gue lagi di kantor.. sedangkan sehari2nya gue lebih sering berfungsi sebagai pembeli..
dan sebagai pembeli, seperti para pembeli2 lain, gue punya banyak alesan untuk ga mau ngebeli apapun yang orang lain tawarin ke gue..

well, biasanya alesan gue buat ga ngebeli barang, walopun sebenernya gue pengen sama itu barang, adalah harganya..
ga punya duit adalah alasan yang paling gampang untuk nolak dan ga jadi beli suatu barang..
gue bakal tunggu sampe barang yang gue pengen itu untuk turun harganya.. barulah gue pikir2 lagi buat ngebeli barang itu..
atau, kalopun barang itu ga bisa turun harganya, gue bakal research dan cari tau apakah bener kualitas barang itu selevel sama harga yang ditawarkan..
biasanya, kalo emang harganya bisa turun, gue bakal langsung beli waktu harganya turun.. dan kalopun harganya ga bisa turun, gue bakal tetep beli setelah tau bahwa kualitasnya emang selevel sama harganya..

di kantor, sebagai sales executive, gue selalu analisa dulu kualitas barang yang bakal gue jual gimana.. apa nilai plusnya, apa kekurangannya..
gue harus tau dulu, berapa harga aslinya, berapa jauh diskon yang bisa gue kasih, dan apakah ada kompetitor di luar sana yang punya kualitas sama dengan harga yang lebih murah..

sooo.. untuk hal kejombloan, menurut gue, inilah yang harus jadi pertimbangan kita..
apakah harga yang kita tawarkan untuk diri kita sendiri sudah sesuai dengan kualitas diri kita sendiri?
sebelum melakukan PDKT dengan calon pembeli, kita harus tau dengan pasti berapa harga yang kita tawarkan dan gimana kualitas yang kita tawarkan..
kita harus tau apakah ada kompetitor lain yang menawarkan dirinya dengan harga yang lebih murah.. dan jika ada, kita harus cepat tanggap untuk menentukan apakah kita harus menurunkan harga, atau meningkatkan kualitas yang sekarang kita miliki..
karena orang ga mau beli barang yang kualitasnya ga sesuai sama harganya..

nah..

sekarang, buat kalian yang masih jomblo dan pengen mengakhiri kejombloan, coba direnungkan itu 2 point yang udah gue tulis di atas..
coba ngaca.. coba liat diri lo sendiri..
apakah lo udah pantes buat dijual? apakah lo sudah ketemu calon pembeli yang berprospek? apakah harga yang lo tawarkan sudah sesuai dengan kualitasnya? dan apakah ada kompetitor yang juga menarget pasar yang sama?

selamat berjuang! =)

No comments: