Sunday 3 February 2013

Day 3. Love Knows No Rules



barusan gue keinget sama obrolan gue ama adek gue beberapa bulan lalu..
tentang kenapa ada banyak sekali aturan di dunia ini..
tentang kenapa kita harus begini, kita harus begitu, kita ga boleh begini dan kita ga boleh begitu..
dia bilang, "siapa sih yang pertama kali bikin aturan?"

pertanyaan itu mungkin ga sering kita denger.. karena kita anggep, emang sudah sewajarnya ada aturan di dunia ini..
dan memang itulah kenyataannya..
sudah seharusnya ada aturan di dunia ini.. karena kalo ga ada aturan, ya dunia jadinya ga teratur, alias berantakan..

tapi, setelah gue pikir2 lagi, manusia itu sebenernya diciptakan tanpa aturan..
kita dulu, waktu diciptakan sesuai dan segambar dengan Tuhan, sudah diberikan otoritas sepenuhnya untuk melakukan segala sesuatu yang kita inginkan..
bahkan kita berhak untuk bertindak  sesuka hati kita di taman Eden yang sudah Tuhan kasih buat kita..

"tapi kan waktu itu ada aturan.. Tuhan larang Adam dan Hawa untuk makan buah pengetahuan baik dan jahat.."

nah.. disitu menariknya..

gue ga ngeliat perintah Tuhan yang ngelarang Adam dan Hawa itu sebagai peraturan.. justru gue ngeliatnya itu sebagai bentuk rasa sayang Tuhan ke mereka berdua..
Tuhan ga mau mereka mati setelah makan buah itu.. makanya Dia ngelarang Adam ama Hawa buat makan..
so, put it this way: Tuhan ngelarang mereka makan supaya mereka ga mati.. so, itu bukan termasuk peraturan, itu termasuk perlindungan..

larangan Tuhan ke Adam dan Hawa waktu itu sama aja kaya larangan bokap gue ke gue waktu gue maenan gunting.. beliau bilang, "guntingnya jangan dicolokin ke mata ya.."
apakah itu larangan? iya.. apakah itu aturan? bukan..
bokap gue tau kalo gue bisa aja maen2 dan gunting itu gue colokin ke mata gue yang akhirnya bikin gue buta..
dan karena gue anak yang baik, gue nurut.. dan mata gue pun ga buta..

dari awalnya, manusia itu diciptakan dengan dasar kasih.. dan konsep aturan yang ada saat itu pun berdasarkan kasih..
we are created with love, because of love, by Love Himself..
and love has no rules, for love is the rule itself..

well, ini point penting buat postingan gue kali ini..
bahwa kalo kita emang mengasihi seseorang, kita ga perlu punya banyak aturan terhadap orang tersebut..
kalo emang kasih kita itu kasih yang murni, yang tulus, seharusnya kasih itu sendiri yang menjadi aturan atas setiap tindakan kita..
kasih itu yang akan menjadi tuntunan yang mengarahkan kita ke perbuatan2 yang pastinya ga bakal merugikan dia yang kita kasihi..

nah, masalahnya sekarang adalah, seringkali kasih itu dikhianati..
sama seperti Adam dan Hawa yang sudah mengkhianati kepercayaan dan kasih yang sudah Tuhan berikan, seringkali kita juga melakukan hal yang sama..
dan karena itulah akhirnya Tuhan pun menurunkan, menuliskan, dan menentukan aturan2 untuk manusia ciptaannya.. karena kasih itu sudah tidak suci lagi.. kasih itu sudah luntur..

jaman sekarang, sudah amat sangat jarang kita bisa ketemu kasih yang murni..
kasih yang beredar sekarang kebanyakan kasih yang palsu.. kasih yang ada maunya..
kasih yang menuntut..
dan untuk kasih yang seperti itu, aturan dibutuhkan..
untuk kasih yang seperti itu, peraturan diharuskan..

gue sendiri, gue masih dalam tahap belajar buat bisa mengasihi dengan ikhlas..
gue masih perlu banyak belajar untuk bisa mengasihi dengan tulus..
sehingga gue ga perlu menetapkan banyak aturan yang akhirnya nanti hanya akan dilanggar..
karena gue pengen sebuah hubungan yang murni dilandaskan karena kepercayaan dan kasih itu sendiri..

terlalu idealis mungkin..
tapi itu bukan tidak mungkin..
kita yang sudah dilahirkan dengan bibit terbaik.. kita dilahirkan dalam kasih yang sempurna..
dan hanya karena adanya dosa, kasih itu jadi ga sempurna lagi..
so, itu berarti kita punya dasarnya.. kita punya bakat untuk bisa mengasihi dengan sempurna..

love perfectly because God is love and He is perfect..

be blessed.. =)

No comments: