Sunday, 3 February 2013

Day 2. Bersahabatlah



Show me your friends
and I can show you your future.

itu salah satu kalimat yang paling powerful yang pernah gue denger yang berhubungan dengan relationship..
kalimat sederhana yang benar..

dari semenjak gue masih SD, guru2 gue selalu ngomong dan ngingetin bahwa manusia itu makhluk sosial..
manusia ga bisa hidup tanpa manusia lain..
bohong itu kalo ada orang yang ngaku bisa hidup tanpa bantuan orang lain..

dan hidup seorang manusia, seperti yang dulu pernah gue bahas, adalah kumpulan dari kehidupan manusia2 lain yang ada di sekitarnya..
apa yang menjadikan kita menjadi kita yang sekarang adalah karena ada orang2 yang lalu lalang dalam kehidupan kita sejak kita lahir dulu..
value-value, nilai-nilai, prinsip-prinsip, pandangan-pandangan dan kebiasaan-kebiasaan orang2 yang berarti dalam hidup kita yang akan menentukan value, nilai, prinsip, pandangan dan kebiasaan kita..

di bulan Desember lalu, sebelum Christmas, gue berkesempatan jalan2 ke Pontianak.. sebuah kota yang bersahabat di pulau Kalimantan..
gue dateng kesana dengan satu misi, dan tanpa pengetahuan tentang bagaimana kota tersebut dan apa yang harus gue perbuat untuk bisa bertahan di situ..

tapi.. perjalanan nekad gue ternyata berbuah baik..
gue disambut dengan hangat.. dan gue dapet temen2 baru yang bener2 bisa bikin gue bilang, "dunia ini indah" saat ngumpul2 sama mereka..

HOLIDAY WITH WONDERFUL STRANGERS

mungkin itu judul yang paling tepat buat perjalanan gue ke Pontianak..
karena disana gue bertemu orang2 yang punya hati yang luar biasa, punya tekad yang luar biasa.. dan dengan apa adanya mereka, dengan apa yang mereka miliki, mereka bisa dan mau melakukan sesuatu untuk kemajuan kotanya, untuk kemajuan generasinya..

mereka dengan secara rutin mengajar secara sukarela di sekolah yang ada di tempat pembuangan akhir, dimana baunya bener2 udah ga manusiawi.. mereka dengan sukarela mengerjakan Pontianak berkebun untuk memperbaiki kotanya.. dan banyak lagi hal2 yang sederhana yang sudah mereka lakukan yang selalu bikin gue bilang "WOW!" setiap kali gue ngedenger ceritanya..

dan dari beberapa hari perjalanan gue disana, gue jadi sedikit menyesal.. kenapa gue ga dari dulu aja gabung sama orang2 seperti mereka..
karena gue yakin, orang2 yang seperti mereka lah yang bakal menjadi berkat bagi generasinya, bagi kotanya, bahkan bagi bangsanya..
mereka lah orang2 yang dibutuhkan bangsa ini, dibutuhkan generasi ini.. orang2 yang bukan hanya memikirkan perut mereka sendiri, tapi juga memikirkan hidup orang lain..

nah..
hal yang menarik yang gue dapet dari mereka adalah.. ternyata mereka memang orang2 yang sering bekerja sama satu sama lain..
walaupun tadinya mereka tidak saling mengenal, dikarenakan satu dan lain hal, ternyata mereka merasa cocok untuk bekerja sama.. mereka merasa adanya kesamaan visi dan kesamaan tekad untuk membangun kotanya..
dan mereka2 yang punya tekad dan kemauan yang sama itu pun akhirnya jadi satu gerombolan yang bisa menjadi dampak positif bagi lingkungannya, bagi kotanya, dan bagi generasinya..

well, this is my point..

kalo kamu yang ngebaca ini pengen punya hidup yang lebih baik, pengen memberi hidupmu untuk menjadi sesuatu yang berguna bagi orang lain, pengen menjadi dampak positif kemanapun kamu pergi, gue cuma punya satu saran..
berkumpullah dengan orang2 yang juga mau memberikan hidupnya untuk orang lain..
jangan berkumpul dengan orang2 egois yang cuma mikirin perutnya sendiri..
jangan berkumpul dengan orang2 yang cuma tau kata "untukku" dan tidak mengenal kata "untukmu" atau "untuknya"..

tentukan masa depanmu dengan cara menentukan teman2 yang seperti apa yang harus ada di sekelilingmu..
tentukan mau jadi apa kamu nantinya dengan cara menentukan pergaulan yang bagaimana yang harus kamu jaga dan tumbuhkan..
tentukan tujuan hidupmu dengan baik..

karena pergaulan yang buruk bisa merusak kebiasaan yang baik..

adios.. =)