Thursday 8 October 2009

IMpacting All GEneration


Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." [Matius 5:14-16]

ayat ini dah sering banget kita denger.. dan kali ini, gw cuma mo ngingetin lagi beberapa poin yang mungkin bisa bikin kita lebih ngerti lagi tentang ayat ini..

siapa yang rumahnya pernah mati lampu? atau malah sering mati lampu?
gw yakin, kebanyakan dari kalian yang baca pasti pernah ngalami saat2 dimana kalian berada dalam kegelapan, dan butuh cahaya buat bantu ngeliat..

nah, gw sendiri, kalo pas rumah gw mati lampu, apalagi malem2, pati gw bakal nyalain lilin..
dan gw bakal taro lilin itu di atas lemari, supaya ruangan itu jadi terang, dan gw bisa ngeliat dan jalan tanpa nabrak..
gw ga bakal taro lilin itu di bawah kasur gw, karena ga ada gunanya dan malah bisa bikin kebakaran..
gw juga ga bakal taro lilin itu di dalem tabung yang tertutup, karena lilin itu malah bakal mati kekurangan oksigen..
lilin itu harus gw taro di tempat terbuka, tempat yang tinggi, supaya dia bener2 berguna, bisa nerangi seluruh ruangan..


sebelumnya, gw mo iseng2 nanya dulu..
kenapa kalo siang hari matahari ada di atas?
coba pikirin jawabannya sampe kalian kelar baca notes ini, ntar bakal gw kasih jawabannya.. hehe..

balik lagi, di Matius 5:14-16 itu juga ngebahas tentang status kita sebagai "lilin" yang ada di dunia yang gelap, yang butuh penerangan..
sama halnya sama lilin yang gw idupin di rumah gw kalo lagi mati lampu, kita ditaroh tuhan di dunia ini karena dunia ini butuh cahaya..

disitu dibilang bahwa kita adalah terang dunia.. tolong digaris bawahi kata ADALAH..
jadii..
pada dasarnya kita sudah diciptakan sebagai terang dan bukan akan atau bakal jadi terang.. KAMU ADALAH TERANG DUNIA..
artinya, kita ga perlu berusaha buat jadi terang lagi.. yang perlu kita lakukan adalah berusaha supaya terang kita itu bisa keliatan dan bisa menyinari sekitar kita yang gelap..

sekarang, gimana caranya supaya terang kita itu keliatan dan bisa menyinari sekitar kita yang gelap?

yang jelas, kita harus mau ditaro di tempat yang ga tersembunyi.. kita harus bisa diliat orang.. kita harus berada di tempat yang terbuka..
karena kalo kita berada di bawah kasur, kasur itu bakal kebakar, dan kita malah ga berguna..
atau kalo kita berada di dalam tabung tertutup, kita akan kekurangan oksigen dan akhirnya mati..
kita harus berada ditempat yang terbuka..

maksudnya? apa kita harus ada di lapangan bola? atau di pasar? gimana nih maksudnya?

maksud dari berada di tempat yang ga tersembunyi dan bisa diliat orang itu adalah kita punya banyak temen..
jangan takut untuk bertemu orang2 baru, untuk kenalan sama orang yang kebetulan berhubungan dengan kita..
karena inget,
orang2 itu Tuhan taro disekitar kita dengan tujuan.. ga cuma kebetulan atau iseng doang..
kalo kita ga mau untuk memulai suatu hubungan dengan orang2 yang ada di sekitar kita, gimana kita bisa jadi terang buat mereka?
dan gimana mereka bisa ngeliat terang kita, kalo mereka ga kenal sama kita?


gw ngeliat beberapa fenomena aneh di facebook..
banyak temen2 gw yang sampe sekarang pending friend requestnya lebih dari 10.. bahkan ada yang lebih dari 100..

no, gw bukannya ngomong mereka2 atau kalian itu salah..
tapii.. gw cuma mo ngingetin, kalo mereka ngeadd kalian
itu berarti mereka pengen tau lebih tentang kalian..
berarti mereka pengen kenal kalian lebih..
dan justru itulah saatnya kalian menerangi hidup mereka dengan terang kalian..

trus, terhadap temen2 yang selama ini sudah ada di sekitar kita, kita harus tetep bisa jadi terang buat mereka juga..
gimana caranya? dengan bersaksi.. sharing.. dan saling nguatin..
terserah gimana sharingnya, mo lewat sms, telpon, chatting, e-mail, atau malah cerita langsung..
bagi2 pengalaman, bagi2 cerita dengan temen2..
supaya terang kita itu ga redup..

humm..
berada di tempat yang terbuka aja ga cukup..
kita juga harus mau ditaro di tempat yang tinggi.. supaya kita bisa menerangi seluruh ruangan.. ga cuma sebagian kecil ruangan dimana kita ditempatkan..

nah, di
postingan gw sebelumnya, gw dah ngebahas tentang tempat tinggi itu..
untuk bisa berada di tempat tinggi, banyak yang harus kita lewati..
dan setelah sampai di sana pun, kita masih bakal ngadepin hal2 berat..
dan itu ga gampang..
tapi tenang, karena dengan ngelewatin proses2 itu, terang kita bisa jadi lebih terang dan bisa diliat oleh lebih banyak orang..


so guys.. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." [Matius 5:14-16]

stay blessed.. =)


jawaban pertanyaan iseng : karena kalo mataharinya dibawah, namanya malem.. =P

No comments: