Friday 16 October 2009

LOVE = KASIH


"nonton dimana lo tadi?"
"orcet"
"nonton pa'an?"
"duh, lupa.. haha"
"lah, bisa lupa?!"
"iya lah.. ga penting nonton apaan, yang penting nonton ama siapa.. hehe"
"beehh..!!"

pernah denger percakapan gitu?
kalo belom, yah kali ini gw kasih tau, kalo di dunia ini, percakapan2 gitu mungkin terjadi.. hahaha

hari ini, untuk kesekian kalinya gw baca2 amsal 15, tapi kali ini ada satu ayat yang bener2 nempel di otak gw seharian sampe malem2 gini..

Lebih baik sepiring sayur dengan kasih dari pada lembu tambun dengan kebencian. [Amsal 15:17]

menurut gw, penulis amsal ini termasuk orang yang tipe2 kaya gw..
tipe orang yang demen banget makan daging hewan berkaki empat.. dan ga gitu suka sama sayur..
kok gw bisa ngomong gitu?
disitu dia tulis lebih baik sepiring sayur dengan kasih dari pada lembu tambun dengan kebencian..
dan menurut gw, dia nulis itu buat ngasih tau betapa pentingnya kasih itu.. bahkan sayur yang mungkin dia ga suka aja bisa lebih baek kalo ada kasih, daripada lembu tambun yang mungkin dia demen banget tapi tanpa kasih dan malah dengan kebencian..

so, sharing gw kali ini bener2 buat kalian yang suka makan daging.. hahaha
dan buat yang sukanya makan sayur, jangan takut.. kabar ini buat kalian juga, karena dengan kasih, sayur yang kalian suka bisa jadi lebih enak lagi.. =)

dari ayat itu gw belajar kalo ternyata kasih itu bisa ngubah yang ga enak jadi enak, yang biasa jadi luar biasa..
dengan kasih, hal kecil bisa berarti besar.. hal yang mungkin kita anggep cuma hal yang sudah biasa kita lakukan, bisa jadi spesial kalo ada kasih..


dan sebaliknya, tanpa kasih, semuanya jadi sia2..
apalagi kalo yang ada malah kebencian.. hal paling enak sedunia pun bakal jadi hal yang paling menjijikkan..

rasul paulus juga nulis di suratnya buat jemaat korintus, "Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna." [1 Korintus 13:2]

disitu dia bilang, sekalipun dia tau semuanya, dan bisa semuanya, tanpa kasih, dia sama sekali ga berguna..
dan buat gw, itu berarti kasih itu di atas segalanya..

bahkan Tuhan sendiri dah rela turun ke dunia dan mati di salib cuma karena kasihnya sama manusia..
"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." [Yohanes 3:16]

so, apa lagi yang bisa bikin Tuhan sampe segitunya, sampe rela turun ke dunia trus disalibkan, kalo bukan kasih?
God is love.. and He loves us too much.. He loves me, He loves you.. that's why, He died on the cross.. just for us.. to save us.. because He loves us..

nah, kasih yang gimana yang bisa bikin sayur jadi lebih enak dari lembu tambun?
kasih yang ada di 1 Korintus 13:1-13..
tapi kali ini gw ga bakal bahas semua ayatnya..
gw cuma mo ngequote beberapa ayat dari perikop itu..

"Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu." [1 Korintus 13:4-7]

kasih yang begitu yang bisa bikin sayur jadi kerasa lebih enak dari daging lembu tambun..
pendeknya, kasih yang ikhlas.. kasih yang tulus..
karena kalo kita mengasihi dengan ikhlas, tulus, semuanya bakal jadi indah..

no!
gw bukannya lagi kasmaran, makanya gw nulis ini..
so, jangan sampe abis baca blog gw ini, lo tanya gw sekarang lagi pdkt ama siapa.. karena itu emang ga ada hubungannya ama blog ini.. =P

balik lagi ke percakapan yang udah gw tulis di atas..
nonton bioskop jadi spesial kalo temen yang kita ajak nonton itu adalah temen yang kita kasihi..
makan di kantin juga gitu..
ga peduli makanannya enak atau nggak, kalo kita makannya sama orang yang kita kasihi, makanan itu jadi kerasa enak..
betul apa bener?!

so, kalo kita udah tau bahwa kasih itu segitu ajaibnya, bahwa karena kasih hal2 biasa bisa jadi luar biasa dan yang ga enak bisa jadi enak, alangkah indahnya kalo kita semua ini bisa saling mengasihi..
yang pasti mengasihinya adalah dengan kasih yang tulus dan ikhlas itu tadi..
bukan kasih dengan embel2..
bukan juga kasih dengan bumbu2..

dan kalo emang semua orang bisa saling mengasihi dengan tulus ikhlas, ga bakal ada lagi yang namanya kesedihan..
ga bakal ada lagi air mata..
karena kasih dimana2..

kalo ada yang ngomong, "kasih yang tulus? ikhlas? emang ada?"
gw berani bilang, "ADA!"
tapi susah..

orang tua kita tau persis gimana bentuk kasih yang tulus dan ikhlas itu..
dan buat kita sendiri, buat bisa ngerti gimana caranya mengasihi dengan tulus dan ikhlas, itu butuh waktu.. ga bisa instant..
butuh proses yang mungkin amat sangat menyakitkan.. ga bisa seenaknya aja..
karena kalo gampang, ga bakal ada perceraian, ga bakal ada yang namanya kekecewaan..


humm..

terakhir, sebelom kalian yang baca lari dari page ini, gw mo ngajak kalian semua buat sama2 belajar gimana caranya mengasihi dengan tulus dan ikhlas..
karena Tuhan sudah lebih dahulu mengasihi kita..

stay blessed.. =)

No comments: