Wednesday 12 November 2008

keep it; keep it not


akhir2 ini otak gw makin banyak aja yang dipikirin..
entah mungkin ini gara2 exam, jadi otak gw coba cari pelarian biar ga terus2an mikirin pelajaran yang ga masuk2 ke otak walopun udah dipaksa masuk ampe berkali2..
nah, berhubung gw emang pengen belajar, jadi ada baeknya tiap pikiran selain belajar yang masuk ke otak gw gw keluarin lewat tulisan2 gw di blog ini..
biar at least bukan gw doang yang sibuk ama pikiran itu, gw juga pengen ngajakin elo semua buat ikut mikirin.. hahahaha..

so, let's just start our conversation today..

gw demen banget maen game sepak bola.. kalo disuruh milih gw nonton bioskop atau maen game sepakbola, gw pilih maen..
2 game yang gw bener2 demen itu Winning Eleven atau versi inggrisnya Pro Evolution Soccer, sama game Football Manager atau yang dulunya Championship Manager..

2 games ini beda banget cara maennya..
yang pertama maennya pake joystick, kita sendiri yang gerakin orang2nya..
yang kedua maennya pake mouse, kita cuma atur strategi tim, jual beli pemaen, set kontrak, menu latian, dll.. yah, lebih ke arah jadi manager sebuah tim sepak bola..

dan yang kasih gw banyak pelajaran adalah game yang kedua..

yang bener2 bikin gw demen ama ini game, di game ini gw bisa beli pemaen manapun yang gw suka kalo reputasi club dan gw sendiri udah cukup tinggi..

contohnya.. kalo gw pake tim Juventus atau Manchester United, dari awal gw maen gw udah bisa beli pemaen siapa aja yang gw mau, tergantung sama duit yang gw punya.. walopun mungkin reputasi gw belum bagus.. dan kalo reputasi gw udah bagus, bakal lebih gampang lagi buat beli pemaen dan sewa pelatih2 bagus buat kerja di klub gw itu..

naahh... gw maen Football Manager 2008 (FM08) ini pake tim dari Indonesia, Sriwijaya FC..
mulai dari season 2007/08, dan sekarang game gw itu udah sampe taon 2019..
udah 12 musim gw lewatin..

awalnya, tim ini ga ada apa2nya.. pemaennya cupu2 semua.. dan gw terpaksa cari banyak2 pemaen asing buat bisa naekin pamor ini club sekaligus pamor gw sebagai pelatih.. dan salah satu pemaen asing yang gw dapet dan gw pertahanin dari 2008 sampe 2019 ini adalah Bae Chun Suk, pemaen asal korea selatan..

awalnya tim ini cuma punya pelatih2 cupu yang standardnya jauh dibawah standard gw sebagai manager.. so, gw terpaksa cari banyak pelatih2 dari luar buat ngelatih pemaen2 gw supaya bisa compete sama orang luar juga..

awalnya tim ini cuma punya tempat latian seadanya.. belom sesuai standard internasional.. jadi, gw terpaksa ngemis2 sama bos yang punya klub buat bisa improve training groundnya supaya pemaen gw bisa tambah jago lagi..

banyak banget yang udah gw kerjain selama 12 taon gw di klub ini.. dan sekarang gw udah salah satu pelatih terbaik di dunia (peringkat 6 world hall of fame) ngebawa Sriwijaya FC jadi tim ke 50 terkaya di dunia, jadi juara piala Toyota, jadi juara piala Champion Asia, jadi juara bertahan lebih dari 5 tahun Liga Indonesia dan piala Indonesia..

dan sekarang, gw udah bisa sewa pemaen2 kelas dunia kaya Rivaldo dan Ronald Huth asal paraguay dan masih banyak pemaen2 luar lain yang mau buat maen di Sriwijaya FC..
bukan cuma sewa pemaen luar, tapi juga pemaen2 gw udah banyak yang pindah ke klub2 luar, termasuk Barcelona, Liverpool, Valencia, Galatasaray, dll..

so, buat ngeringkas semua yang udah gw bikin buat tim ini, gw udah ngubah Sriwijaya FC dari nothing jadi something..

nah, pelajaran yang gw dapet adalaahh... banyak bangeeettt...!!

dan satu pelajaran yang paling berharga yang bisa gw dapet dari sini adalah :

terkadang kita harus melepaskan sesuatu yang berharga
demi sesuatu yang lebih baik lagi


sometimes we need to let go something good for greater good

kaya yang udah gw bilang, gw udah bisa beli pemaen jago kaya gimana pun.. dan itu ga nutup kemungkinan kalo pemain jago gw juga bakal dibeli sama klub yang lebih jago dari klub gw..

gw kasih contoh..
tahun 2015 gw punya 2 pemaen yang paling jago yang gw bener2 andelin di Tim Gw ini.. Irfan Bachdim, sama Hartono..
masalahnya, hartono ini jauh lebih jago dari irfan bachdim, dan akhirnya hartono ditawar sama klub dari eropa, Chelsea..
gw ngerasa sayang buat ngelepas, karena pemaen ini bener2 jago, dan tim gw butuh pemaen ini buat bisa nyetak banyak gol..
tapii.. gw terpaksa ngejual dia, karena gw tau kalo di klub gw kemampuan dia ga bakal bener2 dimanfaatkan.. dan irfan bachdim sendiri bakal kekurangan peran di tim gw itu..
so, jadilah gw jual hartono ke chelsea..

gw ga bisa nahan semua yang gw anggep bagus buat diri gw sendiri.. kadang gw harus ngelepasin beberapa dari apa yang gw punya supaya itu bisa jadi berkat buat orang laen..

gw ga bisa selalu egois dan ngambil semua yang bagus buat gw sendiri, karena mungkin di satu tempat laen ada orang yang jauh lebih butuh dari gw dan mungkin juga di tempat laen barang yang bagus itu bakal jauh lebih berguna daripada kalo barang itu ada di tangan gw..

gw ga bisa ngedapetin semuanya karena terkadang apa yang udah gw dapet harus diambil dan bukan jadi milik gw lagi.. toh semua yang gw punya sekarang cuma titipan buat bisa gw olah sebaik2nya..

hmm.. gotta go back to study..

adios! =)

No comments: