Saturday 25 October 2008

full effort goodness

barusan gw baca blog temen gw..
bener2 ngebangun.. bener2 ngingetin gw tentang sesuatu yang selama ini mungkin ga pernah gitu gw perhatiin..
ngingetin gw tentang sesuatu yang seharusnya gw lakuin.. secara, gw masih manusia..

dia bilang gini, "You can't go halfway when doing good. Show yourself it's sincere by going all the way."

well, gw jadi bener2 pengen ngebahas ini..

sebenernya gw pernah ngebahas di postingan2 gw sebelumnya.. tentang pilihan, mo jadi orang baik atau jadi orang jujur..
dan disitu gw bilang, kita susah buat bisa jadi 22nya..
dan gw sendiri lebih prefer buat bisa nyeimbangin antara keduanya.. jadi orang baik, saat gw ga perlu jadi orang jujur, jadi orang jujur saat gw ga perlu jadi orang baik..
tapi gw juga tetep berusaha buat bisa jadi orang baik yang jujur saat keadaan memungkinkan buat gw bisa jadi 22nya itu..

buat jadi orang jujur gampang.. tinggal ngomong tentang kenyataan yang ada.. jangan ditutup2in, jangan dibumbu2in, jangan dikurang2in.. and voila! jadilah dikau orang yang jujur..

tapii.... buat jadi orang baik, bukan hal yang mudah..
banyak halangan.. banyak pikiran2 aneh yang muncul dari otak kita sendiri.. dan banyak komentar dari orang2 di sekitar kita yang pasti bisa mempengaruhi prilaku kita..
dan disaat kita harus jadi orang baik, jadilah orang baik yang bener2 baik.. jangan nanggung2.. jangan setengah2..

bisa dibilang gw cukup sering berbuat baik yang nanggung2..
dan waktu gw ngelakuin itu, yang ada di otak gw adalah : "udah untung gw baek gini.. mau apa lagi sih?"
dan parahnya kadang gw malah ngoceh gini, "wah, udah dikasih hati masih minta jantung.. kurang ajar!"

nah, disaat kaya gitu, gw absolutely gagal buat jadi orang baik.. gw udah berhasil jadi orang jahat..

satu ilustrasi nih ya.. buat bikin postingan kali ini lebih sreg..

anggep orang yang lagi butuh bantuan kita itu kaya anak kecil yang jatoh dari sepeda, dan lututnya berdarah.. parah..
nah, kita orang baiknya ini anggep aja jadi suster yang kebetulan lewat bawa peralatan P3K..
kita niat pengen bantu anak kecil itu..
kita siapin semua persiapan2 pengobatan..
semuanya, mulai dari alkohol pembersih luka, obat merah, perban, sampe plester2nya sekalian..
nah, karena mungkin kita punya banyak pertimbangan waktu itu, kita jadi ga sepenuhnya bantu anak kecil itu buat ngobatin lukanya..
akhirnya kita cuma seadanya taroh obat merah ke luka itu anak.. dan kita anggep kita ga perlu pake alkohol buat bersihin lukanya dulu..

di kasus itu, kita sudah punya niat baik.. kita sudah kasih obat merah yang mungkin menurut anak kecil itu sudah cukup buat ngobatin lukanya.. sedangkan kita sendiri tau kalo itu ga maksimal.. perlu alkohol buat ngebersihin luka itu dulu, supaya sembuhnya sempurna.. tapi kita ga melakukan itu..

sekarang, mungkin di mata si anak, kita sudah baik banget.. tapii.. kerjaan kita itu nanggung.. kerjaan kita itu malah bikin kaki si anak tambah perih, dan parahnya lagi, mungkin bisa bernanah..

niat baik, disertai perbuatan baik yang nanggung2, belum tentu hasilnya baik.. bisa jadi buruk..
tapii....
niat baik, disertai perbuatan baik yang sempurna, hasilnya dijamin baik.. trust me!

well, gw bener2 ngerasa kalo gw harus berubah.. gw harus bisa berbuat baik yang ga setengah2.. gw harus bisa berbuat baik yang bener2 baik..
dan karena gw udah ngerasain sesuatu dari obrolan ini, gw harap, lo yang baca juga bisa dapet pelajaran yang sama..

it's 11.30 pm now.. gotta go guys! cheers! =)

No comments: