Sunday 22 June 2008

Hidup itu seharusnya gampang

seharian ini gw belajar ulang banyak banget hal2 yang sebenernya dulu udah pernah gw pelajari..
dan sebagai manusia, gw termasuk manusia yang lebih sering lupa sama pelajaran daripada inget sama harga barang..

pelajaran yang paling penting yang gw dapet hari ini adalah "Hidup itu seharusnya gampang"..
dan kalo mau dipanjang2in dikit, jadinya "Hidup itu seharusnya gampang dan nggak susah"..

cuma kadang manusia itu sendiri yang bikin hidup itu jadi susah..

awalnya dulu, ga ada yang namanya komputer, sehingga kita ga perlu ngerjain tugas2 sekolah kita sampe begadang semaleman di depan komputer buat dikumpulin besok hari walaupun itu tugas udah dikasih dari jaman tarzan masi pake koteka..

dulu, masih belom ada yang namanya handphone yang bikin kita sekarang pusing mikirin gimana caranya supaya itu handphone ga dicuri orang tapi tetep bisa ngisi pulsanya tiap bulan sekali biar itu handphone juga ga cuma jadi benda pajangan doang..

dulu masih belom ada yang namanya internet, yang bikin kita kecanduan pagi siang sore malem dan bikin kita jadi stress kalo itu barang laknat tiba2 aja menghilang dari peredaran kehidupan kita..

hmm.. idup makin susah dengan hadirnya barang2 itu..

gw ga tau, n gw juga udah lupa kayanya, kalo ga salah, dulu gw juga udah pernah bahas gimana gw sebenernya ngiri banget ama yang namanya anak2..
entah bahasan itu gw curhatin di blog ini, atau di blog gw yang laennya.. entahlah..
hmm.. tapi ga ada salahnya juga kalo gw bahas ulang di blog ini sekali lagi, sekarang ini..

well, gw ngiri total sama anak kecil yang ga pernah ambil pusing ama hidup mereka..
maksud?
yah mereka cuma percaya sama orang tua mereka kalo mereka ga bakal kekurangan apa2 dan ga bakal dibiarin idup susah sama orang tua mereka..
as simple as that, just believe to their parents..

gw ngiri berat sama anak kecil yang ga pernah bingung kalo mereka lagi pengen makan es krim, karena mereka tau, mereka bisa tinggal minta sama orang tua mereka, dan kalo emang itu baik buat mereka (dan yang mikir baik buruknya sesuatu buat si anak adalah orang tua mereka), pasti mereka bakal dibeliin itu es krim..

gw juga ngiri banget ngeliat anak kecil yang dengan enaknya tanpa rasa berdosa maen2 bola di lapangan selagi ujan, dan akhirnya menyelesaikan permainan bola mereka dengan maen becek2an di kubangan yang bahkan kucing pun males buat nginjekin kakinya ke sana.. tentunya mereka ga perlu mikirin siapa yang bakal nyuci itu baju mereka..

gw ngiri sama anak kecil yang seenak jidat mereka aja ngejawab pertanyaan, "kamu kalo gede mau jadi apa?", dengan jawaban, "mau jadi dokter!", atau, "mau jadi pilot!", atau, "mau jadi presiden!".. karena mereka ga tau susahnya buat jadi apa yang mereka sebutin itu.. atau mereka emang nggak peduli sama mungkin atau enggaknya..

sedangkan gw, gw harus mikirin dulu apakah sesuatu itu baik atau tidak buat gw, apakah gw bakal rugi kalo ngelakuin ini itu, apakah gw bisa buat ngelakuin ini itu, dan macem2 pikiran2 orang dewasa laen yang malah bikin idup gw jadi ga segampang yang seharusnya..

hmm..
gw pernah ngobrolin ini sama beberapa temen gw.. tentang apa itu idealisme dan realitas..
dan setelah gw inget2 lagi, 2 hal itu yang bener2 ngefek sama cara pandang kita terhadap kehidupan..

waktu kita masih kecil, kita cuma punya dan cuma tau sama apa yang namanya idealisme..
idealisme kita berkembang liar, bertumbuh seenaknya aja.. dan itu yang bikin anak2 kecil bisa ngejawab dengan gampang waktu mereka ditanyain, "kamu kalo udah gede mau jadi apa?"..
sementara waktu itu kita masih sebodo amat sama yang namanya realitas.. who cares?!

seiring kita bertumbuh, tambah gede, tambah banyak pengetahuan dari pelajaran2 dan pergaulan2, yang namanya idealisme itu juga semakin beraneka ragam.. mulai bercabang2..
dan saat itu juga yang namanya realitas masuk dan ambil bagian dalam cara pikir kita..
semakin lama, idealisme kita pun akhirnya tertutup dan dikalahkan oleh realitas2 kehidupan yang sudah pernah kita hadapi dan akan kita hadapi di masa depan..

hidup itu seharusnya gampang kalau kita tetep punya idealisme kita itu dan terus berpegang ke idealisme kita itu..

oops! sebelum gw lanjutin, ada satu quote yang mungkin bakal timbul di pikiran kita..
"Hidup itu seharusnya gampang, yang susah adalah ngelakuin apa yang gampang itu.."

ok lanjut!
tapi kenyataannya, semakin dewasa seseorang, semakin dia banyak makan asam garam kehidupan, semakin banyak pula pengalamannya, semakin besar pula pengaruh realitas di dalam cara pikirnya..

saat idealisme kita berkata, "gw mau bikin perusahaan sendiri, dan gw bisa bikin itu!", realitas datang dengan segala alasan2 logisnya, "mana mungkin! modalnya dari mana? emang lo lulusan mana? trus, mau bikin di mana? trus, kalo rugi gimana?"..
dan jadilah kita menguburkan idealisme kita itu..

saat idealisme kita menyuruh kita untuk berkata, "aku bakal mencintai kamu apa adanya", realitas datang dengan alasan2 logisnya, "halah, cewe mana demen digombalin! emang kalo dia ntar jadi gendut, lo masih bakal cinta dia? trus kalo dia selingkuh sama cowo laen, lo masih bakal cinta dia?"..
dan urunglah ungkapan itu keluar dari mulut kita..

hidup itu seharusnya gampang kalo kita ga ambil pusing sama semua realitas yang ada..
ya, sadar akan realitas itu penting.. buat ngejaga kita tetep sadar kalo kita masih hidup di dunia ini.. buat nyadarin kita kalo ga selamanya apa yang kita inginkan itu bakal tercapai..
tapi bukan buat ngubur semua cita2 dan keinginan kita yang sudah jadi impian kita..

balik lagi ke quote yang gw udah tulis di atas,
"Hidup itu seharusnya gampang, yang susah adalah ngelakuin apa yang gampang itu.."
dan di situ lah realitas ambil bagian.. ngebikin kita susah buat ngelakuin apa yang gampang itu..

huah!
sebelum ocehan gw ini tambah panjang lebar tinggi lagi, mending gw langsung kasih 2 contoh aja deh.. biar belajarnya jadi lebih asik..

1. Apa yang harus kita lakukan kalo kita mau dapet nilai bagus?
- anak kecil : BELAJAR!
- gw : belajar dong.. errr.. tapi ntar ekskul gw gimana? trus, kapan gw maen2nya? gimana mau jalan2 ama temen2?

2. Apa yang harus kita lakukan kalo mau badan kita sehat?
- anak kecil : 4 SEHAT 5 SEMPURNA DITAMBAH OLAHRAGA TERATUR DAN ISTIRAHAT YANG CUKUP!
- gw : makan kalo laper trus kalo bisa banyakin nasi ama dagingnya, minum susu kalo inget, olahraga kalo sempet dan isirahat kalo pengen.. yah, liat sikon aja deh pokoknya..

so, masih pengen jadi anak kecil?
kalo gw sih pengen banget! =)

No comments: