Tuesday, 24 June 2008

Pacaran?

start of conversation

Mr. X : "oi"
gw : "oi oi"
Mr. X : "gimana? udah ada pacar belom lo sekarang?"
gw : "pacar?"
Mr. X : "iye"
gw : "buat apa?"
Mr. X : "yah buat disayangi lah"
gw : "emang harus pacar?"
Mr. X : "jijik banget lo"
gw : "kok jijik?"

end of conversation

so, postingan kali ini bakal ngebahas tentang pacar.. pacaran..

gw ga cuma sekali itu chatting bgituan ama orang, itu udah yang kesekian kalinya..
dan gw yakin juga, bukan cuma gw yang pernah chatting kaya gitu..
seenggaknya beberapa dari kalian yang baca ini, pasti pernah chatting ama temen2 yang ada di Indo atau dimanapun tempat yang jauh dan ngebahas hal yang sama ama yang gw tulis di atas..
cuma mungkin, jawabannya aja yang ga sama..
beberapa di antara kalian ada yang jawab : "udah, napa?"
beberapa ada yang jawab : "belom nih.. belom ada yang sreg"
ada juga yang jawab : "hahahaha"
dan itu semua jawaban yang normal..

gw tanyain ke temen2 gw yang laen, apa sih enaknya pacaran, dan kenapa kita sebagai anak2 indonesia seolah2 "harus" punya pacar kalo sudah berusia di atas 17 taon?
apa karena kalo kita udah boleh bawa mobil, dan nyoblos buat milih presiden, itu juga berarti kita boleh bawa anak cewe orang pake mobil kita dan dicoblos juga kaya kita milih presiden?

nope, that's the bad example..

baru aja hari minggu kemaren gw jalan2 ama temen2 gw.. dan di antara gerombolan gw bareng temen2 itu, ada 2 orang yang udah ngejalin hubungan satu sama lain, ato dengan kata laen, pacaran..
dan kita2 yang belom pacaran ini (atau buat saat ini ga pacaran) jadi semangat buat nanya2in mereka berdua.. udah serasa jadi reporter majalah gosip dan infotainment aja gw kemaren..

pertanyaan2nya ga jauh2 dari masalah pacaran itu sendiri..
kaya gimana si cowo dulu ngejer si cewe, trus gimana si cewe ngerespon, trus gimana mereka selama pacaran ini, dan masih banyak pertanyaan2 laen yang dengan spontan keluar dari mulut2 jejomblowan dan jejomblowati yang ada di gerombolan gw itu..
dan untuk kenyamanan bersama, gw ga bakal lanjut ngereveal tentang detailnya jalan2 hari minggu kemaren..
cukup sampe di sini..

balik lagi ngebahas obrolan di chattingan gw yang udah gw tulis di atas, tentang tujuan pacaran..

yang gw tangkep dari pendapat temen gw itu adalah, gw harus punya pacar buat nyalurin rasa sayang gw..
hmm.. kalo kata2nya diubah jadi "pacar buat disayangi", itu gw setuju..
tapi kalo inti dari kalimat temen gw itu adalah "gw harus punya pacar buat nyalurin rasa sayang gw", gw ga setuju..

emang harus pacar?

well.. buat beberapa orang, mereka nganggep kalo pacar itu adalah orang yang sudah sah buat lo sayangi.. atau lagi2 dengan kata laen, kalo lo belom jadi pacar seseorang, lo ga berhak atau ga sah buat sayang sama orang itu.. which is gw juga ga setuju dengan hal itu..

emang gw ga boleh sayang sama temen gw?

ada beberapa tulisan yang gw lupa entah dimana gw pernah baca tulisan2 itu, dan tulisan2 itu seolah2 mo bilang ke gw begini :
"ga mungkin seorang cowo dan seorang cewe yang sama2 single menjalin persahabatan tanpa ada rasa ingin memiliki"
alias
"kalo lo sama2 jomblo, ga mungkin bersahabat normal deh!"

gw ga tau apa lo semua yang baca tulisan ini setuju atau nggak ama apa yang dibilang disitu, but for sure, gw sekarang lagi bingung juga buat pernyataan itu.. gw ga berani bilang ga setuju, juga ga bisa bilang setuju..
gw masih bingung..

hmm..
menurut gw, seorang cowo boleh aja ngasih rasa sayang dia ke orang laen yang bukan pacar dia.. tapi, si cowo itu kudu harus mesti dan wajib tau batasan2 yang berlaku..
yah, ga ada hukum tertulis ataupun manual book yang bener2 di jual di pasaran yang ngatur tentang batasan2 antara 2 orang jomblo.. dan kalopun ada yang jual, gw berani jamin dalam 2 hari pasti udah abis diborong jejomblowan dan jejomblowati yang ada di luaran sana..

pernah seorang temen nyeplos ngomong gini ke gw, "ada ga ya yang ngasih jasa pacar sesaat?"
"maksud lo?"
"iya, kalo pas gw pengen ya bisa nyewa gitu.. buat pacaran doang tapinya.. buat nemenin jalan2 ke mall aja, sama buat ngSMS ama telepon.."
"sama aja ama perek yang ga diapa2in dong?!"
"iya juga ya?"

yah, kadang manusia emang ngerasa biasa aja tanpa ada seseorang yang terus2an merhatiin dia.. tapi, kadang juga manusia itu juga ngerasa pengen diperhatiin, ngerasa pengen merhatiin, dan ngerasa pengen ditemenin.. ga cowo, ga cewe..
dan menurut gw, itu bisa aja jadi alesan beberapa dari lo yang baca ini buat pengen punya pacar..

lah, kan temen juga bisa kasih perhatian?

beda! beda banget!
pasti itu jawaban yang keluar dari mulut lo semua kalo ngedenger pertanyaan kaya yang di atas..

yep.. perhatian yang dikasih seorang temen sudah pasti beda sama perhatian yang dikasih sama pacar lo.. dan gw ga berani dan ga ada alesan buat ngebantah itu..
seorang temen ga bakal ngSMS lo buat nanyain apa lo udah makan apa belom, mimpi apa tadi malem, udah mandi apa belom, dan pertanyaan2 lain yang menurut seorang temen ga gitu penting buat ditanyain..
tapi seorang pacar mungkin bakal nanyain itu terus2an, berulang2, sampe lo harus nyiapin template sendiri di HP lo buat ngejawab pertanyaan2nya..
yep, itu ciri2 seorang pacar..

hmm..
pacaran sebenernya sudah jadi hal biasa buat gw.. tapi pacaran yang bertujuan, itu masih jadi hal yang luar biasa buat gw..
dan mungkin juga buat lo semua yang lagi baca blog gw ini sekarang..

pacaran yang ga bertujuan bisa aja dimulai sesaat setelah lo kenal sama seseorang dan selesai sesaat setelah lo tau jeleknya orang itu..
tapi buat pacaran yang punya tujuan, lo harus berani ambil langkah hati2, berani di test jarak waktu, dan berani nerima semua konsekuensi yang bakal lo hadapi.. dan tentunya ga bisa selesai begitu aja setelah lo tau busuknya pasangan lo..

masih banyak waktu buat gw mikir tentang apa yang udah gw tulis ini..
dan masih banyak juga orang2 yang ga mau mikir panjang sebelom mereka mulai sebuah hubunyan yang mereka bilang pacaran..

semua terserah kita..

2 comments:

tessa said...

pacaran,,,
something yg mendingan ga ush lo jalanin kalo ga ada masa depan,,
*at least thats what I am thinking now*

sakit bow rasanya kalo udh sayang,,
cma ujung2nya ga bsa bareng juga,,,=(

seekor bekicot muda said...

behh..
pengalaman pribadi nih tes?
hahaha..