Thursday 10 February 2011

what will you do?


"lo bakal ngapain?"

pertanyaan itu muncul di tengah2 percakapan gw ama rumet gw beberapa malem yang lalu.. waktu gw lagi asik maen Pro Evolution Soccer dan rumet gw maen Fallout di komputer kita masing2..
agak random emang.. tapi mau ga mau, pertanyaan itu yang akhirnya nyadarin gw lagi..

well, biasanya pertanyaan itu kan dipake buat mempersiapkan diri kita atas sesuatu yang bakalan terjadi..
tapi ga waktu itu.. malem itu, pertanyaan itu justru ngebikin gw nginget2 lagi tentang masa lalu..
yep.. tentang gimana hidup gw sebelum gw kenal sama yang namanya internet..

"kalo besok internet kaga ada lagi, lo bakal ngapain?"

humm..
sudah saatnya kita perjelas lagi tentang apa gunanya internet buat idup kita.. udah saatnya kita introspeksi, sudah seberapa dalam kita jatuh cinta sama yang namanya internet.. dan sudah saatnya kita mulai mikir apakah kita masih bisa hidup tanpa internet..

"cob, misalnya nih, besok internet kaga ada lagi, as in beneran udah ga ada lagi yang namanya internet, lo bakal ngapain?" "yah, menghidupi kehidupan gw selayaknya sebelum ada internet lah.. kalo dulu gw bisa idup tanpa dia, kenapa sekarang ga bisa?"

gw ga tau gimana dengan kalian, tapi yang jelas, buat gw, kalo ternyata besok internet udah kaga ada lagi, itu berarti hidup gw bisa jadi lebih berarti, lebih fun, dan lebih seru dari sekarang.. well, walopun mungkin emang bakal sedikit lebih susah karena udah terlanjur terbiasa bergantung sama si internet, tapi itu ga bakal bikin gw bener2 ga bisa ngapa2in.. internet cuma salah satu media buat gw.. ga lebih, ga kurang..

dulu, sebelum gw tau yang namanya internet, temen2 gw adalah orang2 yang ada di sekitar gw dan gw cuma bisa ngobrol sama orang2 yang gw ketemu kapanpun dan dimanapun.. jadinya gw otomatis menghargai yang namanya pertemuan.. karena belum tentu gw bakal dapet kesempatan yang sama buat bisa ketemu lagi..

sekarang, yang namanya pertemuan udah ga sebegitu berharganya lagi.. apa yang ga sempet dibilang waktu ketemu, masih bisa diucapin lewat facebook.. sekarang, diem2an waktu ketemu bukan berarti musuhan.. mereka cuma lebih milih buat pacaran lewat chattingan..

aneh memang..
"tapi kesian ama mereka yang udah terlanjur bergantung ama internet.."
"maksudnya?"
"iyah.. orang2 yang sekarang malah udah ga tau lagi caranya hidup di dunia asli.. mereka yang udah ga bisa ngobrol kalo ga lewat internet.."
"iya sih"
"lama2 kita jadi alien beneran nih.. mulut makin kecil, jari2 buat ngetik makin gede.."
"hahaha"

friends.. gw bukannya mau sok ga butuh internet.. dan gw juga bukannya mau sok ngajarin gimana seharusnya kita pake internet..
gw cuma mau ngingetin lagi kalo internet itu sebenernya cuma media buat mempermudah kita berinteraksi dengan dunia luar.. media buat kita belajar dan ngerti banyak hal yang mungkin ga bisa kita dapet dari lingkungan sekitar kita doang..
internet seharusnya jadi suplemen tambahan atas apa yang kita ketemu tiap hari.. bukan malah sebaliknya..

so.. itu aja yang pengen gw sharingin hari ini..
sekedar buat renungan kita bersama.. =)

No comments: