Saturday 26 February 2011

I love you???


gw ga bisa bobo.. pikiran ini daritadi muter2 di otak gw..
sejak di dalem MRT sampe sekarang.. well, walopun sempet ilang, keputus sekitar sejam selama telpon2an, tapi tetep aja itu pikiran balik lagi dan balik lagi.. sampe waktu gw mandi, dan sampe sekarang juga..
gw masih tetep kepikiran..

"How big is your love?"

pertanyaan itu yang daritadi muter2 di otak gw.. menuh2in isi kepala gw..
dan barusan ini aja gw ketemu jawabannya..

"It's just as big as the sacrifices you're giving.."

yep..
seberapa besar cinta lo terhadap sesuatu atau seseorang cuma bisa diliat dari seberapa besar pengorbanan yang bisa dan mau lo korbanin demi sesuatu atau seseorang itu..
dan sebaliknya juga, sebesar apa pengorbanan yang lo korbanin itu bisa nunjukin seberapa besar cinta lo terhadap sesuatu atau seseorang..

owh..
sebelum kita lanjut, gw mau kasih tau satu hal dulu..
gw nulis tulisan ini bukan supaya kita bisa menilai seberapa besar cinta orang ke diri kita, ke diri orang lain atau ke apapun itu..
gw nulis ini buat jadi bahan introspeksi diri kita sendiri.. supaya kita tau dan bener2 mean it waktu kita bilang "I LOVE YOU" ke orang lain..


okeh.. lanjut..!!

di atas tadi gw tulis pengorbanan.. dan yang namanya pengorbanan itu adalah pengorbanan..
ada korban yang dikorbankan.. dan yang namanya korban, dikorbankan, dan pengorbanan, pasti ada sesuatu yang "dibunuh".. atau "dimatikan"..
dan rasanya pasti sakit..

pengorbanan bukan cuma pemberian..
well, yah, bener.. berkorban berarti memberi..
tapi... memberi belum tentu berkorban..

berkorban = memberi saat kita ga pengen memberi

gini..
kalo selama ini kita masih bisa ngasih sesuatu sama seseorang tanpa ngerasa sakit atau kita masih ngerasa santai2 aja waktu kita ngasih itu, itu berarti kita masih belum sampe tahap berkorban..
kita masih baru sampe tingkat memberi..

baru kalo kita ngerasa sakit atau berat waktu kita memberi sesuatu buat seseorang, itulah saatnya kita berkorban..
dan saat itulah cinta itu diuji..
sampai seberapa besar pengorbanan yang kita kasih, sebesar itulah cinta kita itu..

tapi jangan salah..
besarnya pengorbanan itu bukan cuma tentang seberapa besar bentuk fisik atau harga materi pemberian kita itu..
besarnya pengorbanan itu dilihat dari berapa berharganya benda itu untuk kita..
semakin berharga benda yang kita korbankan, semakin berat kita untuk kita mengorbankannya..
dan saat kita bisa dan mau mengorbankan itu, kita sudah membuktikan cinta kita itu..

nah..
ada yang bilang, "kalo kita cinta, pasti kita memberi dengan sukacita.."
ada yang setuju, ada yang ga setuju sama pernyataan itu..
dan gw adalah salah satu orang yang ga sepenuhnya setuju sama pernyataan itu..

buat gw, memberi dengan sukacita itu gampang.. ga perlu cinta, cukup suka aja kita udah bisa ngelakuin hal itu..
tapi, memberi saat kita ga ngerasa sukacita, dan kita "membunuh" ego kita dengan memaksakan diri kita sendiri untuk ikhlas memberi, walaupun kita sebenernya butuh dan ga mau memberi, disaat itulah kita baru bener2 bisa bilang kalau kita cinta..
baru nantinya sukacita akan datang dengan sendirinya, setelah kita berkorban atas dasar cinta..

yep, cinta pasti butuh korban..

humm...
gw belajar lagi malem ini..
gw introspeksi lagi malem ini..
gw mencoba meyakinkan diri gw lagi malem ini..

sebelum selesai, gw mau ngingetin sekali lagi..
tulisan ini bukan buat orang lain.. tapi buat diri kita masing2..
tulisan ini gw bikin supaya sekarang kita semua bisa nanya lagi ke diri kita sendiri:

apakah kita bener2 sadar waktu kita bilang "I LOVE YOU" ke orang lain?
dan apakah kita udah bener2 tau seberapa besar cinta kita ke orang itu?


adios!

No comments: