Thursday 24 February 2011

GITU AJA KOK KESINGGUNG?!


yak! gw bosen..
kantor yang baru ga seru.. kerjaan gw banyakan nganggurnya..
ini either gw yang emang males2an atau emang gw kaga ada kerjaan?? gw juga ga tau.. -.-"

so, daripada gw buang2 waktu percuma, mending gw ngobrol tentang self esteem..
KEPERCAYAAN DIRI..
atau ke-PEDE-an..

kenapa gw ngomongin hal ini?
karena ternyata di sekitar gw, gw masih sering ngeliat orang2 dengan low self esteem..
mereka yang kurang kenal sama dirinya sendiri.. atau mereka yang mungkin ga bisa nerima dirinya sendiri..
yep.. self esteem berhubungan erat dengan self acceptance..

kalo lo coba cari di Google, sudah ada banyak banget artikel yang ngebahas tentang self esteem ama self acceptance ini.. (monggo di click disini)
dan kali ini, gw coba kasih pandangan gw sendiri tentang apa pentingnya self esteem dan self acceptance buat kita..

pernah ngeliat orang yang gampang marah? atau mungkin, kenal sama orang yang gampang marah?
gw pernah, dan gw punya beberapa kenalan yang gampang marah..
well, mungkin bukan gampang marah kali yah, tapi gampang kesinggung..

karena gw demen merhatiin sifat dan sikap orang, gw jadi punya kesimpulan tersendiri sama orang2 yang mudah kesinggung gitu..
orang2 yang mudah kesinggung itu biasanya punya low self esteem..
mereka biasanya ga gitu percaya sama diri mereka sendiri..
dan mereka amat sangat sensitif sama yang namanya kritik atau sindiran..

well, buat beberapa kasus, orang2 yang punya high self esteem juga bisa jadi gampang marah atau kesinggung..
itu biasanya karena mereka ga terima kalo dibilang salah.. mereka terlalu bangga sama diri mereka sendiri..
tapi, secara pengamatan gw, persentasenya masih jauh lebih kecil dibanding sama orang2 yang punya low self esteem..

nah.. kenapa bisa gw punya kesimpulan kalo orang2 dengan low self esteem biasanya gampang marah dan kesinggung?
berikut analisis gw..

orang2 yang punya low self esteem biasanya punya low self acceptance juga.. alias mereka juga sebenernya ga bisa nerima diri mereka sendiri..
orang2 dengan low self esteem cenderung males ngapa2in, termasuk ngomong.. karena mereka takut salah.. karena mereka takut ga bisa diterima oleh orang lain..
well, ga usah diterima sama orang lain, bahkan mereka juga ga yakin kalo mereka bisa nerima diri mereka sendiri..


simplenya gini, mereka gampang kesinggung karena sebelum mereka disinggung, di alam bawah sadarnya mereka sudah menyinggung diri mereka sendiri..


sebelum dibilang salah sama orang lain, mereka sudah bilang salah ke diri mereka sendiri..
karena itulah pas ada orang lain yang "spot" on kesalahan atau kekurangan mereka, mereka jadi marah sama diri mereka sendiri..

trus, bukan cuma gampang marah atau kesinggung, orang2 dengan low self esteem bahkan lebih rawan buat ngelakuin tindakan2 aneh yang diluar pikiran manusia normal..
dan tindakan aneh mereka itu akhirnya malah ngebikin orang lain ngeliat mereka aneh, dan akhirnya bikin self esteem mereka jadi tambah low.. alias, mereka jadi makin despo..

humm...
gw nulis gini, bukan berarti gw mau ngejelek2in orang2 yang gampang marah atau gampang kesinggung..
gw cuma mau ngebagi hasil pengamatan gw dari orang2 di sekitar gw..
dan gw juga pengen buat kita semua belajar dari blog gw kali ini..

tentunya setiap orang ga mau dicap jelek oleh orang lain yang ada di sekitarnya..
dan setiap orang pasti pengen punya banyak temen dan dihargai oleh banyak orang..
kecuali kalo lo emang bener2 udah ga bisa idup dengan orang lain, yah, silahkan buat punya pandangan sendiri mengenai hal ini..

nah, kalo emang kita mau dikenal sebagai orang yang baik, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal diri kita sendiri sebagai orang yang baik..
ada baiknya kalo kita berfikir positif tentang diri kita sendiri..

friend, buat punya high self esteem dan buat bisa accept diri kita sendiri itu sebenernya gampang.. ga sulit..
tapi... jelas butuh waktu lama dan butuh usaha yang kontinu..
buat bisa ningkatin ke-PEDE-an itu ga bisa dilakuin dalam waktu semalam.. karena emang hal ini jauh lebih sulit daripada bikin skripsi yang seharusnya dikerjain dalam waktu setahun..

kita kudu bisa terima keadaan diri kita sendiri.. semua yang kita punya dan apa adanya kita sekarang, itu semua sudah yang terbaik buat kita.. dan kita perlu sadari itu..
kita perlu tau kalo siapapun kita, gimanapun fisik kita, kita tetep punya hak dan kewajiban yang sama layaknya orang lain yang masih bernafas..
kita punya hak untuk bicara, untuk memberikan pendapat dan untuk diterima..
dan kita punya kewajiban yang sama, buat belajar mengerti diri sendiri dan orang lain..


untuk bisa menghargai dan dihargai orang lain, kita perlu menghargai diri kita terlebih dahulu..
dan untuk bisa mengharga diri kita sendiri, kita perlu mengenal lebih dalam tentang siapa kita sebenarnya..
yep! kita sudah diciptakan sempurna!

"Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka."
[Kejadian 1:27]


"apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya? Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat."
[Mazmur 8:4-5]

so, realizing that you're so precious, realizing that you were created perfectly, realizing that you are His beloved one, you shouldn't be ashamed no more.. you should be proud of being yourself..
you are amazing just the way you are.. you are amazing for He made you that way..



be proud, be happy, and love yourself! =)

No comments: