Friday, 31 December 2010

edo dan agamanya

sekilas

"kasih tau papa loh!"
"jangan! sini masuk"
"ngapain ngerokok?!"
"cobain aja! enak tauk!"

...

edo baru berumur 7 taon.. belom tau kalo yang namanya idup itu ternyata complicated..
bah, boro2 tau kalo idup itu complicated, arti kata complicated aja dia kaga tau..

umur 7 taon, dia bukan balita lagi.. jadi dia sudah harus ikutan sekolah minggu..
lebih tepatnya lagi, dipaksa.. dipaksa dateng ke sekolah minggu..
dan jelas dia ga suka sama yang namanya sekolah minggu..
wong sekolah dari hari senen ampe sabtu aja udah ga suka, eh, ini hari minggu disuruh sekolah juga..

"kapan gw bisa nonton doraemon? si unyil? dash yankuro? ksatria baja hitam? trus, kapan gw bisa nonton power rangers? candy-candy? remi? he-man? gimana kabarnya sama wedding peach? sailor moon? saint saiya? magic knight rayearth?", katanya..

yep.. emang si edo udah kebanyakan nongkrong di depan tipi.. jadi, jangan salahin dia kalo pernah nonton semua film kartun yang pernah ada..
bahkan kartun dari kampung si alay pun dia tonton..

alhasil, setiap hari minggu dia cuma tinggal di rumah karena males keluar kemana2..
buat dia, mending nongkrong seharian di depan tipi, berhayal kalo suatu saat nanti dia bisa jadi salah satu dari 5 orang keren berpakaian warna warni yang berusaha menyelamatkan dunia dengan robot2nya yang harus ngelawan rita repulsa dan antek2nya..

dan itu pun berakibat fatal buat perkembangan mental si edo.. alias, dia jadi bego..
setiap kali di tanyain gurunya di sekolah, "agama kamu apa?", dia bakal jawab, "yang berdoanya tutup mata itu agama apa bu?"
dia bahkan ga tau dia agama apa..

edo yang masih bau kencur, ga mau dibikin pusing sama yang namanya agama dan adat istiadat..
yang dia tau, dunia di luar itu luas, bumi itu bundar, dan matahari terbit dari depan rumah trus tenggelam di belakang..
dia masih belom tau apa2 tentang asam manis dunia.. asam manis asin nano-nano dia sudah tau..

sekolah di sekolah katolik pun ga bikin dia tau apa2.. dia tetap bingung..
dia ikutan temen2nya misa setiap hari jumat cuma karena biasanya setiap habis misa, temen2nya maen sega bareng2..
dan tetap, dia ga tau buat apa dia misa.. bahkan ke siapa dia berdoa..

bulan puasa datang, edo juga ga mau kalah..
dia ikutan puasa..
"emang cuma orang2 doang yang bisa ga makan seharian? gw juga bisa!", pikiran begonya mulai liar..
"gw mau ikutan puasa kalo di luar rumah.. kalo di dalem rumah, gw bebas makan apa aja! bhuahahahaha!", edo sudah mulai agak gila..

lebaran datang, lagi2 dia ga mau kalah..
temen2 beli baju baru, dia harus dapet baju baru..
yep.. dari kecil, si edo udah tau kalo idup itu ga adil.. dan kalo ketidak adilan itu menguntungkan dia, dia cuma bisa senyum.. mesum..

edo emang masih 7 tahun, tapi dia belom cukup gede buat bisa ngerti bahwa yang namanya agama itu bukan cuma kebiasaan atau trend yang berlaku sesaat..
oh.. atau malah dia sudah tau bahwa yang namanya agama itu sebenarnya cuma salah satu bentuk adat dan identitas yang sebenarnya ga jauh beda sama suku atau ras?
ga ada yang tau apa yang ada di otak anak kecil ingusan bau kencur itu.. yang jelas, buat dia agama ga gitu penting..



BERSAMBUNG..

2 comments:

DRATransporter said...

Shabatku ingin skali kan bahagia dunia akhirat?Inilah rahasianya,"Ingatlh,ssungguhnya wali2 ALLAH itu,tdk takut apa yg akan trjadi & tdk brsedih apa yg sdh trjadi,itu smua krn KSUNGGUHAN IMAN & KESERIUSAN TAAT mrk kpd ALLAH,u itulh ALLAH gembirakn mrk dg KEBAHAGIAAN DI DUNIA & AKHIRAT.Itu pasti u mrk.& itulh kemenangan besar u mrk"(QS10-62).So,jgn dusta,malas ibadah & ma'siyat lagi & jgn pernah sakiti siapapun lagi!

seekor bekicot muda said...

hi DRATransporter,
makasih udah komen.. =)
emang bener, biar kita bahagia di dunia, jangan dusta, jangan males ibadah, jangan buat maksiat, jangan sakiti siapapun.. gw setuju banget! tapi, buat yang akhirat, gw ada pandangan gw sendiri.. hehe..
anyway, tengkyu dah mampir.. =)