Wednesday 15 December 2010

antara waktu dan cinta


here I am, writing again..

tadi, pas di jalan mo ke rumah temen gw, gw kepikiran sama topik ini.. topik yang mungkin dirasain sama semua orang tapi jarang ada yang ngebahas..
"waktu hanya akan berjalan cepat kalau kita sudah pernah lewat.."

yep..
gw lagi jatoh cinta.. gw lagi kena penyakit yang namanya cinta..
dan biasanya, orang yang lagi jatoh cinta itu jadi lebih sensitif sama segala hal..
termasuk sama yang namanya waktu..

dulu, waktu gw masih pertama kali ngerasain yang namanya jatoh cinta, gw berusaha belajar banyak dari buku, majalah, bahkan televisi tentang gimana caranya jatoh cinta yang enak, seru, dan layak untuk dikenang..
jadilah gw korban media..
atau kalo kata anak2 jaman sekarang, korban sinetron..

apa sih penyakit yang paling parah yang diderita oleh korban sinetron??
penyakit yang paling parah adalah, mereka lupa kalo apa yang ada di dalam sinetron ga sepenuhnya bisa diterapkan di kehidupan nyata..
mereka hilang di dunia sinetron mereka..

sinetron, atau film pada umumnya, adalah perwujudan dari mimpi atau khayalan manusia yang sulit atau malah ga mungkin terjadi..
makanya apa yang ada di dalam film itu selalu bisa bikin kita tercengang, selalu bisa bikin kita bilang "wow"..
sekali lagi, itu karena apa yang ada di dalam film adalah hayalan yang sulit atau malah ga mungkin terjadi di kehidupan nyata..

nah..

kita, anak muda, sudah terlalu banyak dicekoki sama yang namanya romantisme televisi..
kita sudah terlalu banyak ngeliat romantisme2 yang di ekspose di televisi yang sebenarnya bisa dibilang "too good to be true"..
kita sudah terlalu sering diberi mimpi2 idealis tentang apa itu cinta yang romantis..

well.. ga salah kalo kita nonton film2 romantis..
yang salah adalah kalau kita akhirnya bikin standard romantisme berdasarkan apa yang kita tonton dari film2 atau sinetron2 itu..

dan sekarang, apa hubungannya sama waktu??

kita, atau gw, sering lupa kalo di film itu, waktu yang bertahun2 pun bisa dipack di bikin muat dalam waktu 2 jam..
dan sadar ga sadar, itu ngebuat kita, atau gw, jadi beranggapan bahwa apa yang gw lakuin itu bisa berefek dalam waktu dekat.. atau dengan kata lain, INSTANT..
dan itu juga yang ngebikin kita, atau gw, jadi punya ekspektasi bahwa cinta bisa dibangun dalam waktu yang singkat..

hummph..

apa yang ada di sinetron itu sebenarnya mirip sama apa yang bakal kita liat setelah kita ngelewati semua proses yang ada di sinetron itu..
dan seharusnya bukan sebaliknya..
apa yang ada di sinetron itu bukan berarti apa yang akan kita hadapi di depan, waktu kita melalui setiap proses yang ada di dalamnya..

apa yang ada di sinetron itu seharusnya cuma berfungsi buat mengingatkan kita tentang apa aja yang ada di masa lalu kita..
dan seharusnya bukan sebaliknya..
apa yang ada di sinetron itu bukan menjadi acuan kita tentang bagaimana untuk menjalani cinta..

waktu 2 jam yang ada di dalam sinetron itu seharusnya baru bisa kita nikmati setelah kita melewati hari2, minggu, bulan, bahkan tahun2 bersama cinta..
dan bukan sebaliknya..


"waktu hanya akan berjalan cepat kalau kita sudah pernah lewat.."

adios.. =)

No comments: