Tuesday 17 February 2009

Masalah? Ga usah bingung!


selama gw magang (yoi! gw sekarang lagi magang!) sejak bulan januari lalu, gw dah belajar banyak hal..
dan kali ini gw bakal bagiin 1 hal yang menurut gw cukup pantes buat dibagiin..

~lalala~
let start
~lalala~

pernah ga, kalian berada di satu keadaan dimana kalian tau kalo ada masalah atau ada sesuatu yang salah, tapi kalian ga tau letak kesalahan dan sumber masalah itu apa?
kalo pernah, berarti gw bukan satu2nya orang aneh di dunia ini yang ngalamin begituan..

gw magang di Bio-Imaging-Institute, salah satu anaknya A*Star..
dan disitu gw ga ngurusin apapun yang ada hubungannya ama biologi..
cuma bikin program supaya bisa ngeliat pembuluh darah lebih detail lagi..

nah, gw disuruh bikin programnya itu pake Matlab, sedangkan gw seumur2 belom pernah pake itu program.. jadilah gw belajar sendiri dari awal..
dan selama gw belajar dan ngerjain program2 itu, gw sering banget nemuin masalah..
yang paling sering adalah, program yang gw tulis ga bisa jalan..
dan gw bete banget kalo udah kaya gitu..

tapii... yang paling ngebetein lagi adalah kalo gw ga tau dimana letak kesalahan gw sampe program itu bisa ga jalan gitu..
gw tau kalo ada yang salah, tapi gw ga tau apa yang salah..

well, dalam idup juga sering banget kejadian kaya gitu..
dan jujur, mungkin buat gw dan beberapa dari kalian bakal ngerasa bete banget kalo yang begitu2 sampe beneran terjadi..
tau kalo ada yang salah, tapi ga tau apa yang salah..

kita jadi ga tau harus mulai dari mana, dan harus ngebenerin apa, dan harus selesai dimana..
semuanya harus ditrace (diselidiki) dari awal..
dan itu berarti harus ngulang dari depan lagi..
benci!


tapi, mau ga mau, kita harus ngelakuin itu juga..
terkadang kesalahan2 yang terjadi itu bukan kesalahan yang kita sengaja..
dan buat bisa nyelesaiin masalah itu, kita harus sabar.. harus bisa ngeliat runtutan kejadiannya satu2..
dengan kaya gitu, moga2 aja masalahnya jadi kelar..


setuju?


-in and out-

No comments: