Wednesday, 3 June 2009

mantra lagi =P


harusnya gw sekarang lagi bikin slide buat presentasi gw besok..
tapi entah kenapa gw males banget..
internship gw bakal kelar hari jumat ini..
yep, hari jumat ini bakal jadi hari terakhir gw kerja sebagai murid intern di SBIC-BIL..
tapi..
kenapa harus ada presentasi??
huhuhuhu..

haiz..
ya sudah lah ya..
mending ngeblog aja sekarang..
hahaha..

okeh..

di postingan gw sebelum2nya, gw pernah kasih mantra gw disini..
yep, mantra buat bantu kita positif thinking..
masih inget apa mantranya?
yep, mantranya adalah "sapa tau aja..."

dan di postingan2 gw sebelum2nya juga gw sering banget ngajakin kita buat selalu bersyukur..
bersyukur buat apapun yang kita hadapi..
bersyukur buat apapun yang udah kita dapet dan apa yang kita punya..
bersyukur dimanapun, kapanpun dan gimanapun keadaan kita..
karena dengan bersyukur, kita bisa jadi bahagia.. =)

dan kali ini, gw mo bagiin satu mantra lagi..
mantra yang bisa ngajarin kita buat bersyukur..
dan sama ama mantra "sapa tau aja..." yang pernah gw tulis, mantra ini harus sering2 dipake, diucapin dan dipraktekin..

oh iya, ada satu perbedaan kecil antara mantra yang bakal gw kasih ini sama mantra "sapa tau aja..." itu..
bedanya adalah, walaupun mantra ini sedikit lebih pendek, tapi kali ini kalian perlu sedikit mikir buat ngelanjutinnya..
sedikit aja..
kalo "sapa tau aja..." ga perlu mikir, yang ini perlu sedikit mikir..
ga usah panjang2, ga usah lama2.. cukup setengah detik, kalian dah bisa ngelanjutinnya..

okeh..

udah siap buat nerima mantranya?

tarik nafas dulu, hembuskan pelan2..

itung sampe 3 yah...

siaaapp...

1
.
.
2
.
.
3

mantranya adalah "masih untung..."

yeah!

gw bangga sebagai orang indonesia, khususnya lagi orang batak yang lahir di palembang, 3 taon SMA di magelang dengan temen2 dari seluruh pelosok nusantara (ada orang sunda, orang manado, makasar, papua, padang, madura, dll) dan sekarang masih berkuliah di singapura..
kenapa? karena gw dapet banyak pengalaman yang mungkin ga bisa gw dapet kalo gw ga nomaden kaya gitu..
dan gw juga jadi tau banyak budaya2 baru yang dulu mungkin gw belom tau..

nah..
salah satu budaya yang gw temui hampir sama dari semua suku di indonesia adalah, ternyata orang indonesia itu termasuk orang yang relatif lebih gampang bersyukur kalo dibandingin dengan orang2 dari negara lain..
yeah! satu hal yang membanggakan dari indonesia..

humm..
dari kecil gw dah dibiasain denger kata2 mantra "masih untung..." itu..
kalo gw ngambek gara2 cuma dikasih 1 permen, mama bilang, "masih untung dikasih.."
kalo gw ngambek gara2 cuma dapet rangking 2, papa bilang, "masih untung rangking 2.."
kalo gw jatoh dari sepeda dan luka2 di kaki, mama bilang, "masih untung cuma jatoh dari sepeda.."
kalo gw bilang gw benci sama adek gw, papa juga bilang, "masih untung kamu punya adek.."
dan masih banyak "masih untung..." yang lainnya..

iya..
budaya2 yang ada disekitar gw ngajarin gw buat selalu bersyukur atas apa yang gw punya..

tapi...
seiring dengan bertambahnya umur gw, pikiran2 gw, dan bertambah banyaknya pengalaman gw, gw jadi makin susah buat ngucapin mantra itu..
khususnya lagi, setelah gw di singapore sini..
gw ngerasa dah jarang banget ngedenger atau malah ngucapin sendiri mantra itu..
mantra "masih untung..." yang legendaris itu..

dan kali ini, gw mo ngajakin lo yang baca juga buat belajar bareng gw ngucapin mantra "masih untung..." itu sesering mungkin..

yok..
kita liat gimana aja contoh penggunaan mantra ini..

kalo mata kita kelilipan, coba buat tetep bersyukur dengan ngucapin "masih untung gw cuma kelilipan.. masih bisa ngeliat walopun sekarang agak perih dikit.. seenggaknya kalo dah ga kelilipan lagi, gw bisa ngeliat indahnya dunia dengan warna2nya dan cakepnya si doi.."

kalo kita sakit demam dan ga bisa keluar rumah, coba buat tetep bersyukur dengan ngucapin "masih untung cuma demam.. seenggaknya masih bisa idup.. masi bisa makan, masi bisa SMSan, masi bisa teleponan, masi bisa nonton di rumah, dan yang paling penting, gw ga perlu pergi kerja hari ini.. hahaha.."

kalo ada cowo atau cewe jelek yang naksir ama lo, coba buat tetep bersyukur dengan ngucapin "masih untung ada yang naksir.. daripada ga sama sekali? apalagi kalo sampe di benci orang.. behh.. naujubilee daaahh..!!"

kalo pas di tengah jalan tiba2 turun ujan, coba buat tetep bersyukur dengan ngucapin "masih untung cuma ujan air, bukan ujan batu.."

kalo lo beli makanan yang ternyata ga enak dan ga sesuai dengan harapan lo, coba buat tetep bersyukur dengan ngucapin "masih untung gw bisa makan.. di etiopia sana banyak orang2 kelaparan.. dan masih untung juga gw taunya makanan ini ga enak sekarang.. jadi gw ga bakal ketipu lagi ntar2an.."

nahh...
dari 5 contoh yang udah gw kasih ke lo tentang gimana caranya pake mantra "masih untung..." itu, sekarang tinggal lo coba terapin di kehidupan lo sendiri..
coba praktekin mulai hari ini dan praktekin ke segala hal yang bikin lo ngerasa bete atau ga enak..
gw jamin, setelah lo ngomong mantra "masih untung..." itu, kebetean lo bakal sedikit berkurang..

dan sekarang, gw lagi bete karena gw harus presentasi besok sedangkan temen2 gw banyak yang ga perlu presentasi..
so, gw harus pake mantra itu, "masih untung gw cuma disuru presentasi.. daripada disuru pertanggung jawaban atas jumlah jam yang udah gw korupsiin? hihihihi.."

adios, amigos!
=)

2 comments:

sitadewi said...

like this bang.. =)

seekor bekicot muda said...

haha.. bagus deh kalo suka..
mudah2an bisa dipraktekin.. haha