Friday 11 January 2013

postingan gundah



buat yang ga tau arti kata gundah, sini gue ajarin..
gundah = gulana = gelisah = galau

so, gue berani jamin, banyak lo yang ngebaca ini gara2 lo sendiri lagi gundah..
atau, karena lo demen liat gue gundah..
dan emang bener.. gue lagi gundah..

banyak hal yang bikin gue gundah.. bukan cuma karena gue masih jomblo padahal bentar lagi gue berumur seperempat abad, tapi juga karena kegundahan2 lain yang ada di sekitar gue..

gue gundah karena gue belum bisa walaupun gue pengen balik ke Indonesia..
gue gundah karena gue belum bisa walaupun gue pengen berbuat banyak buat generasi gue..
gue gundah karena gue ngeliat banyak temen gue yang sering gundah atas hal2 yang bisa dibilang ga jelas..
gue gundah karena gue belum bisa walaupun gue pengen menghilangkan kegundahan2 itu..

...

bokap gue pernah bilang, "kalo kita bingung, berarti kita lagi butuh orang lain.."
dan apa yang gue tangkep, dalam bahasa gaulnya, "kalo lo lagi gundah, berarti lo lagi butuh temen.."

...

nah.. ini yang gue liat dari orang2 jaman sekarang..
bahwa kebanyakan kita malah sering terhanyut dalam kegundahan kita dengan cara menyendiri..
dan ga jarang, bukan cuma terhanyut, beberapa dari kita yang gundah ini bisa saja malah tenggelam dan akhirnya mati karena kegundahannya..
yep.. mati.. ga bernafas.. mati..

well, ini kasus paling ekstrim sih.. banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya cuma karena kegundahan yang dia ga tau gimana cara ngobatinnya..
ada yang akhirnya bunuh diri karena gundah abis diputusin pacar..
ada yang akhirnya bunuh diri karena gundah abis dipecat dari kerjaan..
ada juga yang akhirnya bunuh diri karena gundah ga tau tujuan hidupnya apa..

...

apa yang salah dengan gundah? ga ada..

yang salah adalah kalo kegundahan lo itu ngebuat lo jadi ga bersemangat idup lagi..
yang salah adalah kalo kegundahan lo itu bikin lo jadi ga bisa bersyukur..
yang salah adalah kalo kegundahan lo itu bikin lo jadi bego..

stop menikmati kegundahan lo itu.. karena kegundahan bukan hal yang enak..
dan stop terhanyut dalam kegundahan lo itu.. mulailah buat berenang, bergerak ke atas permukaan..
buka pintu kamar lo sekarang dan keluar!
lihat dunia!

...

kita ga bisa menghindari kegundahan.. karena kegundahan itu adalah hasil dari kekecewaan.. dan kekecewaan itu adalah hasil dari gagalnya sebuah harapan terpenuhi.. dan harapan itu adalah penggerak hidup manusia..

so, kita bakal terus gundah selama kita masih berharap..
tapi bukan berarti kita harus berhenti berharap untuk menghindari gundah..
sebaliknya, teruslah berharap bahkan disaat gundah itu datang..

kegundahan bakal bikin mata kita buta sesaat.. dimana kita ga bisa ngeliat keindahan2 lain yang sebenernya ada di sekitar kita..
kegundahan bakal bikin kita ngerasa kesepian.. dimana kita mikir seolah2 ini adalah akhir dari segalanya..
dan kegundahan bakal bikin kita ngerasa sia2.. walaupun sebenernya masih banyak yang bisa kita lakukan..

...

so, kaya yang dibilang bokap gue, buat lo yang lagi gundah, gue cuma mau bilang satu hal: lo butuh temen..

lo butuh temen buat ngringanin kegundahan lo itu..
lo butuh temen buat ngehibur lo..
lo butuh temen buat ngebuka mata lo yang lagi buta..
lo butuh temen buat ngingetin betapa berharganya lo di mata dia..
dan yang paling penting, lo butuh temen buat ngangkat lo biar ga tenggelam dalam lautan kegundahan lo itu..

semoga lo ga gundah lagi yah teman..

=)

No comments: