Thursday 4 February 2010

postingan khusus dewasa


okeh.. ini udah jam 2.15 pagi.. dan gw masih belom tidur..
benernya gw dah ngantuk banget, tapiii.. berhubung gw dah janji sama diri gw sendiri buat nulis blog hari ini, jadilah gw nulis blog dulu sebelom bobo..

beberapa hari yang lalu, tepatnya hari sabtu yang lalu, ada acara di NTU..
acaranya anak2 Indo yang ada di NTU.. acaranya PINTU..
namanya adalah Indonesian Cultural Night..
isinya adalah performing arts dari anak2 Indo NTU..
ada tarian, ada drama, ada band, ada puisi juga.. macem2 dah pokoknya..
dan di acara itu, kebetulan gw dapet kehormatan jadi pelatih dramanya..

naahh..
inspirasi blog gw kali ini datengnya adalah pas lagi latian, 2 hari sebelum hari-H..
hari kamis malem, di LT19A NTU..

alice: "kok gw jadi centil gitu sih kesannya?"
gw: "emang lo harusnya gimana?"
alice: "harusnya kan dewasa gitu.."
gw: "gapapa.. dewasa itu bukan masalah centil atau nggak.. dewasa itu keliatan dari cara lu ngadepin masalah.."
ben: "weiss.. bener juga yah.."

abis ngomong gitu, gw baru mikir..
yep..
gw sering banget ngomong ga pake mikir, dan setelah ngomong gw baru mikir..
kaya beberapa hari yang lalu, lagi di bus, baru naek bus, gw langsung ngoceh aja, "you are not what you say about yourself, you are what people says about you.."
dan gw baru mikir..

anyway, back to topic..

cewe: "cowo itu dewasa banget yah.. cool gitu.. keren.."
gw: *dalem ati* "dewasa ga sama ama cool, ga sama ama keren, bego!"

ga tau deh.. apa ini cuma menurut pendapat gw, atau ada orang lain yang sepikiran ama gw..
soalnya gw ngerasa, kedewasaan seseorang itu ga bisa diliat dari tampang orang itu..
kedewasaan itu bukan sesuatu yang bisa diliat dari beberapa kali pertemuan doang, atau malah baru ngeliat doang..
kedewasaan seseorang itu baru bisa keliatan kalo kita udah kenal lama ama orang itu..

dan ga cuma itu aja..
kedewasaan seseorang itu baru bisa keliatan kalo dia udah dihadapkan ke satu masalah..
bukan pas dia lagi santai2 aja ga punya masalah..
karena yang namanya kedewasaan itu jauh lebih dari sekedar tampang..

buat gw, dewasa adalah gimana cara gw ngeliat dan ngadepin masalah..
dewasa adalah proses dan bukan keadaan akhir..
buat gw, sampe gw matipun gw ga bakal mencapai keadaan dimana gw sepenuhnya dewasa..
tapi gw bakal terus menjadi bertambah dewasa setiap harinya, sejak gw lahir sampai gw mati..

dewasa tuh ga ada hubungannya sama tampang atau gaya jalan atau malah gaya ngomong..
apalagi kalo dewasa disangkut2in sama tatapan mata, bener2 ga ada hubungannya..
itu tuh sama aja ama pribahasa lama, 'jaka sembung bawa gitar, ga nyambung jreng!'

apakah orang yang jumpalitan kesana kemari dan gampang ketawa itu berarti orang itu ga dewasa?
trus, apakah orang yang diem2 doang, yang berdiri dengan tatapan mata yang tajam sampe2 kalo dikelitikin pun ga ketawa sama sekali, itu berarti dia dewasa?
gw bilangin sekali lagi, itu semua ga ada hubungannya!!

gw udah pernah tulis sebelumnya, perihal kopi..
disitu gw tulis, "dan kita, sebagai manusia, siapa kita sebenarnya bisa terlihat kalo kita sudah dalam tekanan.."
termasuk kedewasaan, benda satu itu cuma bakal keliatan kalo kita sudah dalam tekanan..

orang yang dewasa seharusnya bisa menghadapi tekanan dengan tenang..
dia seharusnya bisa tetap senyum waktu kenyataan ga sesuai dengan harapan..
dia bisa tetap bersyukur saat orang bilang "sialan!"
orang yang dewasa adalah orang yang bisa 'stay positive when shit happens'..

itu menurut gw..
itu contoh2 utama gimana gw ngeliat kedewasaan seseorang..
itu cara gw buat tau, apakah orang ini udah cukup dewasa, atau masih anak kecil..
dan itu juga cara gw buat ngeliat dan nilai diri gw sendiri..

guys, ada yang bilang, "don't judge a book by its cover"..
kalimat itu juga berlaku buat masalah kedewasaan ini..
kedewasaan itu ga ada hubungannya sama tingkah laku waktu keadaan lagi baik2 aja..
kedewasaan seseorang baru bisa keliatan kalo lo udah kenal orang itu dan pernah ngeliat orang itu kena masalah..
karena kedewasaan itu jauh lebih dalam dari sekedar tampang..

humm...
benernya masih banyak sih yang bisa dibahas dari topik ini..
karena kedewasaan itu sendiri adalah hal yang abstrak..
tapi kayanya sekarang gw udahin dulu aja disini..
yang penting at least bagian yang ini bisa gw sampein dan bisa buka sedikit pandangan lo yang baca..

so guys, stay blessed to be a blessing yah.. =)

3 comments:

Unknown said...

satu opini yah cob.

Dulu waktu kita masih anak2, gimana kita menilai org dewasa di sekitar kita, misalnya orang tua? Kalo menurutku, dulu aku ngeliat ortu sbagai org2 yg bisa diandalkan, tmpt buat bergantung, org yg tau banyak, bisa ngajarin banyak hal, bisa ngelindungin, di saat susah bisa bersikap positip, dan tau apa yg harus dilakukan di saat2 kita atau keluarga lagi susah.

Itu definisi orang dewasa. Setidaknya nurutku. Sekarang? makin kita gede, makin bnyk hal yg keliatan ttg org2 dewasa sekitar kita kan/ Waktu SD kita mikir guru2 itu tau segala hal dan mesti diturutin krn mereka tau harus bagaimana. Waktu SMP mungkin kita terlalu buta buat ngeliat sekeliling, tp posisi ortu sbg 'org dewasa' ttp ga tergantiin trutama dlm menghadapi mslh keluarga. Sampai SMA apalagi kuliah, tiba2 bnyk dr kita yg bisa meliat kelemahan dr org2 yg dulu kita anggap dewasa.

Tiba2 aja kita sadar mereka juga ga selalu tau apa yg mesti dilakukan. Kalo kadang2 mereka juga bisa kehilangan harapan meskipun di depan anak kecil yg ga ngerti apa2 mereka bisa 'berbohong'. Sekarang, menurut kita org tua, guru, dosen ato siapapun blum tentu bener kan. Mgkn ad bbrp yg mnurut kita pikirannya sempit, mudah terpengaruh dalam tekanan, dsb2. Dan mungkin di saat2 paling parah, kita bisa meliat gmn org2 "dewasa" screwing up.

Saat kita uda bisa meliat hal itu, yg mana yg bener? Kita waktu SD salah menlai mereka dewasa, ato kita yg uda dewasa krn uda meliat hal itu?

Kutipan dr film The Matrix, Know Thyself. Kurasa dewasa ya begitu. Ngenalin diri sndiri, what you can and cant do (or want and dont want, need and dont need, sama aja sih). Jadinya km bisa ngontrol hidup km dan memberi arahan bagi org2 yg doesnt seem to know what they are doing.

Tentu, komplikasi akan terjadi ketika kita berhadapan dgn org lain yg juga dlm tahap pendewasaan.So, it's never straight forward. Tp di masa2 sulit,baik km sndiri ato masa sulit bersama org lain, when you know what to do, that, I think is the measure of a man. eh mksdnya measure of maturity. X)

just two cents from me :D

Unknown said...

great! great point you got there!
best comment ever! hahaha

ratuslot said...
This comment has been removed by the author.