Friday 25 September 2009

minum kopi, besok mati


pernah minum kopi?

tau gimana cara bikin kopi yang enak?

kalo kata pendeta gw di gereja, ada 2 hal yang bikin kopi itu enak buat diminum..
yang pertama dan yang paling penting adalah jenis kopinya..
dan yang kedua, yang ga kalah penting adalah gimana caranya kopi itu di-extract.. dari biji, menjadi kopi yang siap diminum..

tau ga, kalo kopi yang kita minum itu sebenernya adalah hasil dari biji kopi yang di press sedemikian kerasnya, dengan suhu dan tekanan yang tinggi, sampe dia ngeluarin minyak berwarna hitam yang akhirnya kita minum..
kalo ga tau, sekarang gw kasi tau..

pernah ngebayangin gimana rasanya jadi sebiji kopi ga?
awalnya dia sebiji utuh, ga nunjukin cita rasa sebenarnya, sampe akhirnya dia harus di press sedemikian rupa supaya minyaknya yang adalah sari2nya itu keluar dari dalam biji kopi itu..
yang jelas, menurut gw, kalo si biji kopi bisa ngomong, dia bakal teriak, "SAKIITT!!!"

nah, barusan gw baca dari postingan temen gw di facebook..
notesnya itu tentang gimana kita bisa lebih pinter lagi memanfaatkan waktu kita..
dan di dalam notes itu ada pertanyaan ini, "gimana kalo besok gw mati? gimana kalo hari ini adalah hari terakhir gw hidup?"

well, jawaban orang pasti beda2..
termasuk lo yang baca, termasuk temen gw yang nulis notes itu, dan termasuk gw sendiri yang sekarang lagi nulis blog gw ini..

tapi..
somehow, gw nemuin hal yang sama dari tulisan temen gw itu sama cerita tentang kopi yang pernah diceritain sama pendeta gw itu..
ga tau gimana, tiba2 aja muncul di otak gw..
dan gw bakal bahas itu kali ini.. =)

sebelum masuk lebih dalem, gw mo cerita..

gw demen maen bola.. sampe2 kalo disuruh milih antara cewe sama maen bola, mungkin gw bakal milih maen bola..
(tiba2 ada suara dari jauh, "pantes aja lu jomblo cob!" =P)
nah, gw kalo dah maen bola, bakal bener2 jadi diri gw sendiri..
ga pake topeng, ga pake tipu2an..
kecuali kalo lagi diving di kotak penalti.. =P

tau sendiri, kalo orang lagi olahraga, adrenalin itu bakal terpompa sangat kencang..
apalagi olahraganya sepakbola..
kompetitif dan keras..
mau ga mau gw harus keluarin semua tenaga dan usaha gw..

nah, di saat kaya gitu, saat gw capek, saat semua tenaga gw harus keluar, disaat yang sama gw maen sebagai diri gw sendiri, ga pake topeng, ga pake palsu2an..
akhirnya, kalo terjadi sesuatu, keluarlah apa yang selama ini ga pernah keluar dari seorang coby..
so, kalo lo mo kenal gw sebener2nya, coba perhatiin gw selama maen bola.. gw bakal jadi coby 100%..

okeh..

back to topic..

gw mengibaratkan coby yang sedang bermain bola itu sebagai kopi yang lagi di press dengan suhu dan tekanan yang tinggi..
semua sifat2 aslinya bakal keluar..
apa yang selama ini ga keliatan dari luarnya, bisa keluar kalo sudah di press..
dan kita, sebagai manusia, siapa kita sebenarnya bisa terlihat kalo kita sudah dalam tekanan..
yep, tekanan yang besar.. termasuk menghadapi kematian..

nah, inilah hubungannya kopi dengan notes temen gw itu..
sama2 ngomongin sifat dasar manusia..
bahwa manusia bakal keluar aselinya kalo sudah terpojok atau tertekan..

gw kasih komen di post temen gw itu, "kalo emang hari ini jadi hari terakhir gw, mungkin hari ini gw ga bakalan masuk kuliah.. masih banyak hal yang lebih penting dari kuliah buat diselesaikan sebelom gw mati.."

sadar ga sadar, kalo kalian disuruh tulis list 10 hal yang akan kalian lakukan hari ini kalo besok kalian mati, gw berani jamin, kemungkinan besar kalian ga bakal tulis "belajar buat kuis besok.."
kenapa?
karena kalian tau kalo kalian besok bakal mati!
masih banyak hal2 lain yang jauh lebih penting daripada kuis!


dan kalo kalian baca list 10 hal punya kalian itu, kalian baru bakal sadar, siapa diri kalian sebenarnya..
hal2 apa aja yang bener2 penting menurut kalian itu menentukan apa yang jadi prioritas kalian dalam hidup ini..
dan buat gw, dibawah ini mungkin adalah prioritas gw dalam hidup..

banyak hal2 yang selama ini mungkin ga pernah kepikiran di otak kita, yang kata orang, "we take it for granted.."
sangkin kita terlalu fokus sama kegiatan rutinitas kita sehari2 dan hal2 yang sifatnya cuma sementara, kita jadi lupa sama hal2 yang mungkin bisa mengubahkan hidup orang lain dan hidup kita sendiri untuk selamanya..

guys, let's take a break..
coba pikirin sebentar, selain kita sibuk buat mikirin diri kita sendiri, ada ga hal2 kecil yang mungkin kita bisa lakukan buat orang lain sekarang?
yang ga bakal bisa dilakuin orang lain kalo kita udah mati..
yang kalo kita lakukan, ada hidup orang lain yang bisa jadi lebih indah..
seandainya kita mati besok..

apa kita udah say thank you hari ini ke orang lain yang udah mewarnai hari ini?
apa kita udah say sorry sama orang lain yang mungkin kita sengaja atau ga sengaja sakiti?
apa kita udah cukup menunjukkan rasa sayang kita ke orang2 yang kita sayang hari ini?
bayangin kalo besok kita mati..
itu bukan cuma masalah kerjaan apa yang belom selesai kita kerjain hari ini..
tapi yang lebih penting, perbuatan apa yang belom kita lakukan hari ini yang bisa megubahkan hidup orang lain?

karena kalo kita udah mati, yang tertinggal cuma kenangan akan perbuatan2 kita..
bukan apa yang kita miliki..


sekedar buat renungan sebelum tidur dan mimpi yang indah..

stay blessed.. =)

No comments: