Friday, 16 January 2009

nickname

"CUK! ngapain lo disini?"

iye, lo ga salah baca, itu tulisannya emang CUK!, pake huruf besar, pake tanda seru pula..

"DOUG! sini bentar deh"

lagi2 lo ga salah baca.. D-O-U-G + !..


nah, itu bukan nama orang beneran.. tapi cuma panggilan.. nickname kalo bahasa linggisnya..

di dunia ini, hubungan antar manusia itu ga sama antara yang satu dengan yang laen..
nah, hubungan itu bisa diliat dan diketahui level kedekatannya dengan ngeliat cara satu orang berkomunikasi dengan orang lain..
dan salah satunya adalah dengan nama panggilan alias nickname itu..

dulu sebenernya dah pernah gw bahas tentang nickname gw, dari jaman kecil ampe sekarang..
dan kali ini gw mo bahas tentang gunanya nickname dalam hidup kita..

gw punya 2 orang temen yang namanya Andre dan 1 orang namanya Andreas.. dan mereka bertiga tadinya sama2 dipanggil dengan sebutan ANDRE..
seiring waktu berlalu, kita jadi bingung karena tiap kalo mo manggil salah satu dari mereka, kita juga harus pake acara nunjuk muke segala..

gw : "ndre!"
andre1 + andre2 + andre 3 : "gw?"
gw : "elu! (nunjuk andre2)"

dan bayangkan betapa troublesomenya kalo nanti ternyata nambah lagi 8 andre yang laen..
bisa bikin tim bola ANDRE FC gw..!
wakakaka..

so, buat nyelesaiin masalah itu, gw ama temen2 yang laen jadi bikin nickname buat masing2 mereka..
ada ANDRE BOTOL karena dia BO-TOL alias BOdoh dan TOLol, ada ANDDUT / PAPA BEAR karena dia gendut kaya beruang, dan ada juga ANTI karena dia TInggi..
so, selesailah sudah masalah nickname kita..

nah, balik lagi ngebahas tentang efeknya nickname buat hubungan pertemanan..

gw sering banget ketemu orang2 yang baru gw kenal..
dan tentunya temen2 gw yang laen, termasuk lo juga, yang punya nickname2 spesial pasti pernah ketemu orang yang baru dikenal..
dan tentunya juga ga secepat mereka boker, orang2 baru kenal itu bisa langsung manggil kita dengan nama panggilan spesial kita..
mereka butuh waktu beberapa hari/minggu/bulan buat bisa manggil kita dengan nickname kita secara nyaman..

kasih contoh, temen gw namanya Terrence, punya panggilan DOUGBEAR..
buat beberapa orang yang baru kenal, selama beberapa hari/minggu/bulan mereka bakal manggil temen gw itu dengan sebutan Terrence, nama aselinya..
tapii.. buat temen2 yang bisa dibilang deket, sudah biasa manggil dia dengan sebutan Dougbear..
dan buat yang lebih deket lagi, mereka punya panggilan spesial lain buat dia..
dan lewat panggilan itulah kita bisa liat kira2 kedekatan si Terrence dengan orang lain itu segimana..
dan itu juga berlaku buat gw, elo, dan temen2 yang laen..

nah, nickname itu biasanya ga biasa..
nickname itu biasanya berdasarkan sesuatu yang bener2 udah attach sama orang itu..
kaya kasus 3 orang temen gw ANDRE tadi, 33nya dapet nickname sesuai dengan sifat2 jasmani dan rohaninya..
ada juga yang dapet nickname dari kata2 yang sering keluar dari mulutnya, kaya temen gw : CUMI!
dan masih banyak alesan buat dapet nickname yang laen..

nickname bisa bikin kita ngerasa lebih deket ama orang laen.. =)

2 comments:

melur said...

kalo nickname nya bagus dan berkesan akrab sih iya, tapi kalo nickname nya ga bagus apalagi sampe ke hewan yg kotor sih ga deh :(
apalagi kan dalam agama sebenernya kita diperintahkan untuk memanggil seseorang dengan sebutan (panggilan) yang baik
*just my opinion*cheers! :)

seekor bekicot muda said...

@melur,
humm..
kalo panggilannya itu bisa diterima sama orangnya sih gapapa menurut gw..
cuma, mungkin agak ga enak aja kalo didenger ama orang yang ga kenal kita..
gitu.. hahahaha