Friday 25 April 2008

BARU!

pengen curhat, tapi ga tau mo curhat apa..
huhuhuhu..
cerita aja deh..
tapi ga tau juga mo cerita apa..

hmm..
gini..

ada kabar baik, baru dari minggu lalu, sekitar tanggal 7 april 2008, di NTU kedatangan bangunan baru..
kantin yang secara resmi baru dibuka tanggal 7 itu..

orang2 langsung berduyun2 ke kantin itu..

apa aja yang disediain di kantin itu?

ada 4 fast food :
1. Mc Donald's
2. Subway
3. Canadian Pizza
4. Old Chang Kee

ada Sakae Sushi juga, dan ada 2 restoran lagi (satu namanya Pallete, satu lagi gw belom tau namanya, soalnya belom pernah masuk)
dan ada juga food court baru.. yang namanya Broad Way.. yang tentunya isinya ga jauh2 beda sama foodcourt2 laen di singapore.. ada masakan india, indo, western, chinese, jepang, ada noodle juga, ada stall minuman juga.. macem2 deh..

nah, selama dari kurang lebih tanggal 10 gw jadi selalu belajar di daerah kantin itu.. secara kalo gw belajar, gw jadi bakal sering laper, dan supaya gampang buat ngedapetin supply buat perut ini, jadilah gw belajar di kantin aja..

dan selama gw belajar itu, dari pagi, siang, sore dan malem, gw nemuin fenomena2 baru dan seru di NTU.. dan mungkin berlaku juga di seluruh singapore..

daaann.. inilah fenomena itu :

1. Kami mencari yang baru..

kalo ada yang baru, semua orang bakal kesitu.. dengan kata lain, orang sini paling ga tahan ngeliat sesuatu yang baru.. kiasu, ga mau kalah.. ga mau dicap ndeso gara2 belom coba yang baru itu.. ga mau dicap kampung gara2 ga tau kantin yang baru itu gimana..
terbukti, pas 4 fast food itu buka barengan, semua orang langsung berduyun2 buat cobain semuanya.. padahal, dimana2 rasanya Mc Donald's, Subway, Canadian Pizza, Old Chang Kee itu sama aja..

dan ini berlaku juga buat resto Pallete yang buka ga lama setelah keempat fast food itu.. semua orang langsung cobain.. lagi2 dengan alasan yang sama.. ga mau dibilang ndeso atau kuper gara2 belom pernah makan di Pallet.. dengan kata lain, kiasu!
dan.. parahnya lagi.. setelah beberapa hari keempat fast food itu berjaya, dan tentunya setelah dapet saingan dari Pallete, datang lagi saingan baru..

Broad Way, yang baru buka dari tanggal 17 april, tiba2 merebut pasar persaingan.. orang2 langsung berduyun2 pindah ke Broad Way, meninggalkan fast food yang terletak persis satu lantai di bawah Broad Way..
persaingan memang kejam..


2. Semakin sehat, semakin baik..


fenomena yang terjadi di antara keempat fast food yang letaknya benar2 bersebelahan.. kondisi dan situasi yang bener2 mendukung untuk bisa ngeliat, fast food mana yang berhasil, fast food mana yang gagal.. juga pas banget buat bisa ngeliat selera mayoritas masyarakat NTU.. dan pas banget juga buat bikin perkiraan, fast food mana yang bakal bangkrut duluan dan ngabur duluan dari NTU..

Mc Donald's si pemegang juara bertahan, karena sebelumnya cuma dia satu2nya fast food yang buka di NTU, tetep mempertahankan popularitasnya.. buat sarapan pagi, orang2 lebih suka makan breakfast set di Mc Donald's daripada ketiga pesaingnya: Subway, Canadian Pizza, Old Chang Kee..

cuma, popularitas Mc Donald's tetap kalah kalo dibandingin sama Subway.. si pendatang baru ini langsung berhasil merebut pasar Mc Donald's.. di hari pertamanya buka, antrian peminat Subway berhasil mencapai panjang kurang lebih 20 sampai 25 meter.. cukup mengagumkan.. dan gw jadi bikin asumsi awal, kalo Subway lebih disukai karena dia baru..

tapi, kejadian itu ga berlaku buat Old Chang Kee dan Canadian Pizza yang buka di hari2 berikutnya..

untuk Old Chang Kee, dia berhasil meraih pasar yang cukup ok.. dengan debit manusia 2 orang per menit, cukup mengesankan untuk sekelas Old Chang Kee di NTU..

untuk Canadian Pizza, lebih menyedihkan.. dengan debit manusia 2 orang per 20 menit, alias 1 orang per 10 menit (itu pun udah jarang terjadi), Canadian Pizza gw prediksiin jadi salah satu pesaing yang ga bisa bersaing di NTU..
kenapa? jawaban gw masuk di makanan yang dia tawarkan.. untuk PIZZA, harganya enak banget.. satu pan pizza yang bisa bikin kenyang 3 sampe 4 orang, harganya 13 dolar.. jauh lebih murah banget dibandingin ama pizza2 laen di singapore sini..
tapi, buat makanan2 laennya.. bener2 ga worth.. dan gw ga perlu state harga dan kualitasnya disini secara ungkapan ga worth itu sendiri kita semua sudah pada tau..

jadi, asumsi pertama gw tadi bisa dibilang gagal.. dan akhirnya datang asumsi kedua yang mungkin sampe saat ini masi bisa dibilang valid, yaitu.. Subway disukai orang karena dia lebih sehat..


okeh, segitu dulu deh yang gw bagi tentang fenomena di NTU..
ntar, kapan2, kalo ada fenomena baru dan aneh di NTU lagi, bakal gw apdet.. hehehe..

ttyl! =)

1 comment:

Reza de Bhro said...

Mantap pengamatannya....

Ente nongkrongin kantin seharian ya juragan?