Monday, 10 December 2007

bapak anak

buah jatoh ga jauh dari pohonnya..
gimana seorang bapak pada waktu mudanya, bisa dilihat dari gimana anaknya sekarang..

di indonesia, tradisinya adalah kalo seorang anak itu biasanya bakal masuk playgroup atau TK di usia kurang lebih 4 tahun.. dan itu berarti anak itu akan menghabiskan 4 tahun pertamanya sepenuhnya di rumah.. bersama kedua orang tuanya, (kalo ada) sodara, dan (kalo ada juga) pembantu / baby sitter..
dan setelah usia 4 tahun itu, dimana pada usia seperti itu biasanya mereka sudah mulai sekolah dan belajar, waktu yang mereka habiskan di rumah masih lebih dari 60% nya..
dan sampai akhirnya mereka nanti terpisah sepenuhnya dari orang tua, dimana rata2 anak2 indonesia mengalami hal itu pada usia 18 tahun, mereka sudah belajar terlalu banyak hal dari orang tua mereka..

baru beberapa minggu yang lalu, gw nemuin, atau lebih tepatnya lagi nyadarin, hal ini..

gw : "where is my sweety?"
temen 1 : "tuh, sama maminya.."
gw : "felin.. come to me"
felin : "no!"
gw : "why no?"
felin : "just no"
maminya : "felin, how if papi angry? show koko coby"
barulah si felin, anak cewe berusia 4 tahun itu niruin gaya kalo papinya lagi marah..
lucu banget deh pokoknya..

nah, dari lucunya anak kecil kaya felin yang bisa niruin gaya papinya kalo marah, gw jadi berasumsi kalo sebenernya semua anak2 yang ada di dunia pasti bisa niruin gaya papinya kalo lagi marah..
dan ga salah kalo bukan cuma gaya marahnya aja yang bisa di tiru, gaya ngomong, gaya jalan, cara makan, bahkan kebiasaan2 kecil yang ga disadari si papi pun bisa di tiru sama anak mereka..

an action tells more than 1000 words can explain..

sering juga gw denger beberapa orang tua ngomong gini sama rekan sesama orang tua mereka..

ortu 1 : "anak lo mirip banget sama lo"
ortu 2 : "iya dong, sapa dulu bapaknya"
ortu 1 : "iya, dari gaya ngomongnya sama persis.. gaya jalannya juga.. sama banget"

jangan2 anda yang baca adalah salah satunya..

tau kasper schmeichel?
dia anaknya peter schmeichel..
siapa mereka?
si anak adalah seorang kiper pinjaman dari club manchester city.. dan si bapak adalah mantan kiper legendaris manchester united..
si anak bukan cuma mewarisi bakat jadi kiper, tapi juga mewarisi semua sifat2 bapaknya..
dan bukan sebuah kejutan kalo pada akhirnya nanti, si anak juga bisa jadi salah satu kiper legendaris manchester united, meneruskan prestasi bapaknya..

gw punya cerita sendiri tentang influence bokap gw..

bokap gw dulunya bener2 pencandu rokok.. ga bisa ga ngerokok walopun cuma sejam.. kecuali waktu bobo'..
sehari bisa ngabisin 2 sampe 3 bungkus rokok waktu lagi jaman dia bener2 candunya..
and thanks God dia sekarang udah ga ngerokok lagi..
dan gara2 dulu dia ngerokok, gw yang sekarang ampir umur 20 ini jadi nyicip yang namanya rokok dari umur 6 taon.. dan lebih parahnya lagi, adek gw dari umur 4 taon.. tepatnya, adek gw yang malah "ngajarin" gw ngerokok..

ceritanya gini, jadi waktu gw umur 6 taon itu n adek gw umur 4 taon, kita deket banget.. apa2 pokoknya bareng.. ampe semua barang yang gw punya dia pun harus punya..
nah, sore2 gitu, gw lagi nyariin adek gw itu.. dan sekedar informasi, adek gw itu cewe..
gw cariin dia sambil manggil2 gitu.. tapi ga ada jawaban..
gw coba cari di kolong tempat tidur, maklum jaman dulu ranjang masih tinggi2, jadi kolongnya masi bisa nampung 3 orang buat tidur di dalemnya.. dan gw nemuin dia di situ sambil ngisep rokok..
gw spontan kaget.. gw tanya dia kenapa dia ngerokok.. eh dia malah ngejawab, "sst.. diem aja.. enak kok.. pantes aja si papa sering ngerokok.."
alhasil, jadilah gw coba tuh rokok..
dan alhasil lebih parah lagi, sejak saat itu gw jadi sering ngerokok diem2.. sampe klimaksnya pas gw kelas 5 sd, ampir tiap ari gw ngerokok.. minimal sebatang sehari.. akibatnya, sekarang gw ga bisa olah raga lama2.. paru2 gw ga kuat..
untungnya aja, gw cepet tobat.. naek kelas 6 sd gw udah ga ngerokok sama sekali.. thx God sekali lagi..

nah, lewat postingan gw kali ini, gw mo ngajak temen2 yang udah bisa dibilang gede dan dalam waktu deket bakal jadi orang tua, ayo kita mulai dari sekarang, kasi contoh yang baek sama anak2 kecil yang ada di sekitar kita..
mulai dari cara kita memperlakukan mereka, sampe setiap perkataan kita.. karena buat anak2 kecil itu, meniru jauh lebih gampang daripada melakukan apa yang orang suruh..
ayo kita sama2 bikin masa depan anak2 itu jadi masa depan yang indah.. kesalahan2 yang udah kita buat dan kita punya dalam diri kita sendiri, jangan ditularin ke anak2 itu.. apa yang jelek dari diri kita, jangan sampe jadi bagian yang jelek juga di diri anak2 kecil itu..

jadilah contoh, karena contoh bukan teori..

4 better Indonesia.. ^^

1 comment:

Reza de Bhro said...

Ente nulis sendiri tuh....

Jadilah contoh yang baek. Ente udah jadi contoh yang baek blom cob?