Sunday 2 December 2007

sudut pandang

semua tergantung dari sudut pandang..

ini bukan judul pelajaran matematika.. ga ada hubungannya sama sekali sama sin, cos, tan, atau phytagoras..
bukan juga judul tema atau topik di bahasa indonesia..
ini cuma obrolan ringan yang coba gw angkat.. yaah.. sekitar tanggapan gw aja.. hehehehe..

berawal dari beberapa bulan lalu.. mungkin sekitar sebulan sebelum exam period mulai deh.. berarti sekitar 2 bulan lalu..

gw sama -lagi2- makhluk A lagi maen WE di kamar -lagi2- makhluk B..
ga tau kenapa selama maen WE gitu justru banyak obrolan2 yang bisa dibilang cukup hot buat di obrolin..

jadi, si makhluk A ini ceritanya lagi dapet peluang buat nyetak gol ke gawang tim gw.. trus, dia pencet kotak.. powernya pas, tapi arahnya agak sedikit melenceng dari gawang..

makhluk A : "wah, gw kirain gol tadi.. keliatannya kayak gol gitu.."
gw : "iy, gw kira juga gol.. dari samping sih kameranya.. hahaha.."
makhluk A : "iye.. tergantung sudut pandang.."
gw : "iya juga yak"
makhluk A : "semua hal juga gitu kali ya.. tergantung dari sudut pandang kita.."
gw : "iya.. baik atau buruknya suatu hal itu tergantung kita ngeliat dari mana.."

pertandingan masi terus berlanjut, obrolan dihentikan sementara, takut mengganggu konsentrasi..

menggaris-bawahi kalimat gw yang terakhir, bahwa segala hal itu, baik buruknya, semua tergantung dari gimana cara kita ngeliatnya..
yah, kalo kita fokus pandangan ke bagian jeleknya, mo sebesar apa pun bagusnya atau untungnya, tetep aja ga bakal keliatan, ketutupan sama bagian jeleknya yang kita fokus tadi..
sama ama kaca pembesar..
kalo kita fokusin itu kaca buat liat satu tulisan, tulisan2 yang di sebelah2nya bakal blur, ato mungkin bakal ada yang ga keliatan..

kalo kata temen gw yang laen, dia punya prinsip gini :
Don't ever say that "God pliss help me,i have a big problem!",but you suppose 2 say "Hey problems,you know what,i have a big God"
-applicable buat semua agama-

so, sudut pandang kita mempengaruhi cara kita ngadepin sesuatu..

gw sekarang lagi belajar buat bisa ngeliat sesuatu dari sudut pandang tertentu..
yaitu, gw lagi coba ngeliat selalu dari sisi positifnya suatu masalah..
memang susah.. pasti susah.. karena kalo ga susah, semua orang bakal bisa mraktekinnya, dan ga bakal terjadi masalah yang lebih besar.. lebih lanjutnya lagi, kalo semua orang bisa ngelakuinnya, ga bakal ada yang bunuh diri atopun frustrasi sama masalah yang lagi dihadapi..

gw lagi coba buat selalu ngeliat ke depannya.. dan coba percaya aja, kalo di depan ntar pasti ada sesuatu yang baek yang bakal gw dapet.. ga peduli seberat apa atau sesusah apa masalah yang gw dapet..
kadang gw ampe nangis sendiri.. kadang juga gw ampe frustasi..
*ga kebayang kan gimana seorang yang cengengesan kaya gw bisa nangis?*
tapi by the time sesuatu yang baek yang gw expect buat dateng itu beneran dateng, gw bakal bener2 bahagia.. bener2 happy.. yah pokoknya puas deh..

so, intinya dari postingan kali ini sih simple aja..
kalo mau yang baik yang dateng, fokus ke bagian yang baiknya..
kalo mau yang jelek yang dateng, fokusin aja ke bagian jeleknya..
that's it..

satu lagi, sebelum off.. gw pernah ngobrol2 sama temen gw yang laen..
dia : "masih exam ya?"
gw : "masih"
dia : "kok exam ga keliatan stress sih?"
gw : "apa untungnya kalo gw keliatan stress?"
dia : "..."
gw : "toh keliatan stress ga bakal ngerubah nilai gw kan?"
dia : "iya sih"
gw : "lagian kalo gw keliatan stress, gw bakal keliatan jelek banget.. senyum aja udah jelek, apalagi stress.."
dia : "hmm.. good point"
*seneng lo yang baca?! seneng?!*

1 comment:

Sugesti "mbemz" Nuraini Putranti said...

nice post... thx... usefull bangeeeettt... insyaAllah... ^_^