Wednesday 2 November 2011

not your time, but your life


ngomongin tentang waktu yok..

gue sering banget baca quote2 yang ngebikin gue jadi lebih ngehargain waktu.. dan kebanyakan isinya itu mirip2 aja.. ga jauh2 beda sama kalimat ini:

"Time is the most valuable thing a man can spend"

gue awalnya ngeliat kalimat itu keren.. tadinya gue pikir kalimat itu bener banget..
sampe akhirnya pas tadi sore, pulang dari kantor, gue malah kepikiran hal yang lain.. yang sebenarnya jauh lebih bener dari yang tadinya gue pikir bener..

TIME IS NOT A THING!

siapa yang bilang waktu itu sesuatu? siapa yang bilang waktu itu benda?
waktu itu cuma medium.. waktu itu cuma dimensi..
waktu itu sejenis dengan panjang, lebar, tinggi..
waktu itu cuma berfungsi untuk ngebantu kita ngukur, sudah berapa lama kita menghabiskan hidup kita..
dan itu berarti bukan waktu yang akan habis, tapi jatah hidup kita yang akan habis dalam dimensi waktu..


we can't do anything to modify time..
we can't add, we can't subtract it..
we can't multiply, we can't divide it..
we can't take, we can't give it..
practically, we can't do anything towards it..

so, kalo orang bilang, "gue udah kasih waktu ke dia", itu bukan berarti waktu yang dikasih.. yang dikasih adalah kesempatan selama jangka waktu tertentu..
trus, kalo ada orang yang bilang juga, "susah yah bagi waktunya?", bukan waktunya yang susah dibagi.. well, waktu emang ga bakal bisa dibagi.. tapi, susah bagi waktu itu berarti lo susah buat ngebagi hidup lo, perhatian lo, dan diri lo sendiri terhadap banyak hal, sampe2 lo ngerasa kalo selama waktu berjalan lo ga bisa memenuhi semua ekspektasi yang sudah lo taro sebelumnya..

humm..

sebenernya gue yakin kalo lo semua udah tau tentang yang gue tulis di atas sana.. bahwa kata2 'membagi waktu', 'memberi waktu', 'kehabisan waktu', dkk itu cuma bermakna konotatif dari kenyataan yang sebenernya apa yang lo bagi, lo beri, dan lo habisin itu adalah hidup lo sendiri..
yep.. yang bisa lo bagi, beri, dan habiskan itu adalah hidup lo sendiri; dan dalam dimensi waktu..

so now, secara gue juga barusan nyadar lagi, barusan diingetin lagi tentang kenyataan ini, gue mau ngajak kita semua buat lebih ngehargai hidup kita sendiri..
gue ga ngajak kita buat sama2 ngehargain waktu.. karena mau dihargain atau nggak, waktu akan terus berjalan dan bumi akan terus berputar..
dan semoga, setelah kita tau hal ini, kita bisa memanfaatkan hidup kita dengan lebih baik selama kita masih hidup..

jangan berusaha buat menghitung dan menghemat2 waktu, tapi berusahalah buat membagi hidupmu sebanyak2nya selama kita masih diijinkan untuk berjalan dalam dimensi waktu..
for it's not the time that you've wasted, it's your own life..


adios.. =)

No comments: