Wednesday 16 November 2011

just 5 minutes away from happiness


"if you know that today was your last day living, what would you do?"

gue pernah bawa topik itu buat dibahas sama anak2 Imagers NTU.. dimana waktu itu gue juga bilang bahwa prioritas hidup atau apa hal yang terpenting buat seorang manusia itu cuma bakal keliatan waktu dia tau bahwa idupnya ga bakal lama..
dan kali ini gue mau bahas lagi disini setelah beberapa hari yang lalu gue nonton satu video di facebook temen gue..
so, sebelum gue ngomong lebih lanjut dan lo ngebaca tulisan gue seterusnya, ada baeknya lo nonton dulu video yang cuma 5 menit ini..



okeh.. udah ditonton kan?

so, beberapa hari terakhir ini gue nganggur, alias kaga kerja.. dan intinya, sekarang gue jadi lebih sering di rumah, merenung, sambil cari2 kerjaan..
dan di saat gue merenung2 itu, gue juga ngeplan macem2 hal yang bisa gue lakuin selama gue financially independent.. =P

nah, disaat gue mikir, merenung, dan merencanakan semua hal yang bisa dan bakal gue lakuin itu, saat itulah gue justru kepikiran tentang mati..
gue kepikiran tentang hidup sebelum mati..

seringkali kita sebegitu semangatnya buat ngeplan, ngeplan dan ngeplan.. dan gue sendiri juga salah satu orang yang lebih suka planning daripada executing..
dan parahnya, kita kadang sampe lupa bahwa idup ini sebegitu rapuhnya.. kita ga tau apa yang bakal terjadi 5 menit lagi.. kita bahkan ga tau apa yang bakal kita temui waktu kita baru keluar dari pintu rumah kita..
and yet, we plan tomorrows like we own our life.. we often think like we know everything that lies beyond..

di video itu, yang gue dapet dari si Ric Elias adalah bahwa waktu kematian itu seolah2 menjemput dia, dia bukannya takut..
instead, dia malah sedih.. sedih karena ternyata dia belum menjadi manusia yang bisa bener2 happy..
dia masih menaruh kebahagiannya di masa depan..
dan saat dia di dalem pesawat yang belum tau bakal selamat atau nggak, dia ngerasa bahwa dia ga bakal bisa bahagia lagi..
yep.. this could be his last day..

"waktu lo antara idup dan mati, lo bakal ngeliat semua slideshow masa lalu lo yang diputer cepet banget.. flashback!" - [rumet gue]
dan menurut gue, di saat kaya gitu, lo bakal regret segala hal yang ga pernah lo lakuin yang lo tau seandainya dulu lo lakuin, lo bisa jadi lebih bahagia..
dan menurut gue, di saat kaya gitu, lo ga bakal mikirin kegiatan atau tugas2 rutin lo lagi..
lo justru bakal mikirin mereka dan hal2 yang selama ini taken for granted; mereka dan hal2 yang selama ini lo lupain karena lo terlalu sibuk sama kerjaan lo sendiri..


friends, disini gue bukannya ngelarang kita buat ngeplan.. gue juga nggak anti sama yang namanya planning..
yang gue anti adalah kalo selama kita planning dan mempersiapkan masa depan, kita jadi lupa buat menikmati hidup kita yang sekarang..
yang gue nggak mau adalah kalo kita bisa mikir bahwa idup kita bakal tahan lama, sampe2 kita lupa buat jadi bahagia hari ini..

"if you know that today was your last day living,
what would you do?
you wouldn't plan for tomorrow, would you?"


be happy today, for this could be your last day living..

=)

No comments: