Tuesday 22 November 2011

GARUDA MUDA, TERBANGLAH TINGGI!


barusan selesai nonton final sea games sepakbola antara Indonesia v Malaysia..
akhirnya Malaysia menang setelah 120 menit lewat dengan skor 1-1 dan dilanjutkan dengan adu penalti..
salah satu pertandingan yang paling bikin gue deg2an seumur idup gue.. huff..

gue nonton dari menit pertama sampe bener2 detik terakhir..
dan gue ngeliat betapa capeknya pemain2 indonesia, dan gue juga ngeliat betapa kerasnya perjuangan para garuda muda di lapangan tadi..
gue ngeliat gimana si Titus Bonai tetap semangat walopun gue tau itu kaki udah biru2 gara2 hantaman2 di tulang kering..
gue juga ngeliat gimana si Patrich Wanggai masih tetep nyoba buat tenang dengan nafasnya yang tinggal satu dua satu dua satu dua..
dan gue juga ngeliat gimana si Egi Melgiansyah mimpin temen2 setim buat tetep bisa semangat..
gue ngeliat gimana mental mereka sebenernya udah cukup untuk menjadi juara..

selama gue nonton tadi, gue ditemenin sama temen gue, si dimas..
dia tanya, "lo udah pernah nonton di GBK live belom cob?"
"belom.. pengen nih.. emang gimana? seru banget yah?"
"banget! berisik banget! lo ga bakal bisa denger apa2.. teriak juga percuma.."

dan gue mulai ngebayang2in..

bukan ngebayang2in gimana rasanya nonton bareng di GBK secara langsung, tapi justru ngebayangin gimana kalo gue yang maen bola di lapangan GBK itu..
gue pasti ngaco, ngawur dan ngamuk2 sendiri..
gue ga bisa komunikasi, dan gue bakal ngerasain gimana atmosfirnya itu begitu kencengnya yang pasti bisa bikin gue ga konsen..
GUE BAKAL STRESS!!

dan bukan cuma faktor main di hadapan 100000 pasang mata itu aja yang bikin gue tambah ga bisa maen dengan bener..
ada juga faktor lapangan yang udah over-used yang bisa ngebikin bola jadi mantul2 ga karuan..
belum lagi faktor stamina dimana baru 2 hari yang lalu para pemain yang sama main abis2an buat ngalahin vietnam dengan skor 2-0..
dan itu semua digabungin, jadi satu faktor besar penentu permainan indonesia di lapangan tadi..

but then......

gue masih aja terkagum2 sama permainan para garuda muda tadi..
mereka masih bisa bikin gue teriak2, loncat2, dan deg2an setengah mati waktu mereka nyerang dan ngancem gawang yang dijaga sama pemain2 malaysia..
mereka masih bisa bermain secantik itu dengan semua faktor penghambat yang udah gue jabarin di atas tadi..
mereka masih bisa bikin gue bangga..
karena itu, gue mau kasih rasa hormat setinggi2nya buat semua pemain U23 Indonesia.. =)

nah, dari situ semua, gue belajar sesuatu..

sebenernya, para pemain kita itu pantes kok buat jadi juara..
mereka layak buat dapet medali emas sea-games sepakbola..
hanya saja, kita sebagai suporternya yang mungkin belum pantes buat jadi juara..
hanya saja, keadaan kita yang mungkin bakal jadi lebih buruk kalo kita jadi juara..

sudah dari beberapa hari lalu, gembar gembor tentang kesaktian dan kehebatan timnas U23 Indonesia tersebar di seluruh dunia..
bahkan Ryan Babel si mantan pemain Liverpool sampe mendukung kita lewat twitternya..
dan itu juga yang ngebikin kita, suporter garuda muda, jadi besar kepala bahkan sebelum pertandingan dimulai..
dan itu juga yang ngebikin kita, suporter garuda muda, menaroh ekspektasi yang sebesar gunung ke pundak para pahlawan itu..
dan itu juga yang akhirnya ngebikin kita kecewa, sedih, atau bahkan marah atas kekalahan tadi..

atau malah mungkin habis ini bakal ada yang cari2 kambing hitam..
entah itu wasit yang bakal disalahin..
entah itu PSSI yang bakal disalahin..
entah itu si Rahmad Darmawan yang bakal disalahin..
atau malah si Titus Bonai yang sibuk ngegoyang2in gawang malaysia setiap kali ada bola mati..

dan menurut gue, justru mental seperti itulah yang sebenernya perlu kita kikis pelan2 sampai habis..
kita perlu jadi suporter yang sportif, yang mendukung dengan ikhlas supaya kita pantes jadi juara..

sebelum kita bisa nerima kekalahan, kita belum pantes nerima kemenangan..


huff..

semoga kalahnya Indonesia ini bisa bikin kita lebih ngehargai usaha dan pertandingan itu sendiri daripada status menang kalahnya..
dan dengan demikian, kita juga bisa lebih siap dan rendah hati waktu kemenangan itu jatuh di tangan kita..
akhirnya.. selamat, Garuda Muda! kalian pantas jadi juara!

=)

No comments: