Monday 3 October 2011

"Boleh ga sih makan duren waktu lagi galau?"


jadi, ceritanya hari minggu kemaren ini gue keluar rumah dari jam 8.30 pagi dan baru sampe rumah lagi jam 11.10 malem..
total 14 jam 40 menit gue berkeliaran di luar rumah..
tapi gue bener2 menikmati hari kemaren.. karena gue bisa memaksimalkan hari minggu gue dengan fellowship yang emang gue butuhin.. ihhiy! =D

kemaren itu ada satu pendeta dateng dari Surabaya, khotbah di gereja..
dia dikenal dengan panggilan Ko Agus.. dan ternyata dia adalah salah satu blogger juga..
so, please feel free to check his awesome blog here.. =D

nah, seperti kebiasaan gue dan temen2 gue setiap kali ada orang yang jarang2 dateng ke Singapore, kita juga ngajakin Ko Agus ini buat jalan2 dan menikmati makanan2 yang menurut kita enak..
khususnya buat menikmati Durian Mousse yang emang ga ada di Indonesia..
yak! benar! yang di atas itu poto Durian Mousse yang terkenal itu!

dan sekarang, gue ga bakal ngebahas lebih lanjut tentang durian ataupun ngapain aja gue kemaren..
gue cuma mau ngebahas tentang pertanyaan yang seringkali muncul dalam benak setiap orang..

"Sebenernya, boleh ga sih 'blah-blah-blah'?"

well, entah sudah berapa ratus kali kita nanyain pertanyaan2 yang sejenis itu setiap kali kita mau ngelakuin sesuatu..
bahkan mungkin sekarang ini lo juga lagi bingung buat ngejawab atau nyari jawaban apakah lo boleh atau nggak buat ngelakuin ini itu yang bikin lo bingung..
kalo emang iya, gue berharap semoga abis baca blog ini lo bisa ngejawab pertanyaan lo itu sendiri..

ada beberapa hal yang gue sadari dari setiap pertanyaan berjenis "Boleh nggak?" ini..
dan gue mau kita semua buat ngerti dulu hal2 ini, baru kita bisa jawab pertanyaan itu supaya kita juga bisa bertindak dengan tepat..
so, ayo kita belajar sama2.. elo, gue, kita nyoba buat ngerti ini sama2.. =)

yang pertama adalah peraturan yang ada..
biasanya kita nanyain "Boleh nggak?" itu karena ga ada peraturan yang jelas2 bilang boleh atau nggaknya kita ngelakuin hal yang pengen kita lakuin.. dan kalo emang udah jelas2 ada aturan yang tertulis, kita ga bakalan nanya lagi..
KITA BERTANYA KARENA KITA GA TAU.

yang kedua adalah dasar atau backgroundnya..
biasanya kita menanyakan hal itu adalah karena rasa takut.. entah itu takut salah atau takut ga diterima..
KITA PERLU MENCARI PEMBENARAN DAN PEMBELAAN SEBELUM KITA MELAKUKAN SESUATU.

yang ketiga yang gue perhatiin dari pertanyaan itu adalah konsekuensinya..
biasanya setiap kali kita bertanya "Boleh nggak?" kita udah tau kalo salah satu konsekuensi dari jawaban atas pertanyaan itu ada yang bersifat negatif..
KITA BERUSAHA MEMPOSITIFKAN YANG NEGATIF.

yang keempat yang gue perhatiin adalah jawabannya..
jawaban yang kita inginkan dari pertanyaan itu biasanya berhubungan dengan relationship kita sama orang lain.. sadar ga sadar, pertanyaan kita itu seringkali karena kita mau punya relationship yang baik sama orang lain..
KITA INGIN ORANG LAIN MENERIMA PERBUATAN KITA ITU.

gue sering dapet pertanyaan ini dari temen2 gue, "boleh ga sih orang kristen merokok?", atau, "boleh ga sih orang kristen minum alkohol?"
dan jawaban gue selalu sama, "terserah lo..", karena emang gue ga punya hak buat bilang boleh atau nggaknya..
bahkan alkitab aja ga ada tulisan yang bener2 ngelarang kita ngerokok atau minum alkohol..

"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun. [1 Korintus 10:23]

di 1 Korintus 10 itu Paulus ngajarin orang2 Korintus buat selalu inget orang lain sebelum mereka ngelakuin segala sesuatu..
apakah tindakan mereka itu menguntungkan orang lain atau cuma menguntungkan diri sendiri?
apakah tindakan mereka itu menunjukkan kalo mereka mengasihi orang lain atau diri mereka sendiri?
dan apakah tindakan mereka itu bisa nyenengin hati Tuhan?


friends, seringkali tindakan2 yang bikin kita ragu itu melibatkan perasaan orang lain dan bahkan perasaan Tuhan..
dan saat seperti itulah rasa sayang kita dipertanyakan..
apakah kita lebih sayang sama diri kita sendiri atau sama orang lain atau Tuhan?
dan kita bisa ngeliat rasa sayang itu dari jawaban kita sendiri atas pertanyaan "Boleh nggak?" kita itu..

waktu kita lagi di area abu-abu, waktu kita bingung antara boleh atau nggak ngelakuin sesuatu, coba cek hati nurani kita sendiri..
coba tanyain juga pertanyaan2 ini, "apakah hal itu berguna?", "apakah hal itu membangun?", dan "apakah tindakan itu nunjukin rasa sayang kita?"
kita harus bisa jawab pertanyaan2 itu dulu sebelum jawab pertanyaan "Boleh nggak?" itu..

kalo emang kita sayang sama sesorang yang kita kenal, kita pasti udah tau apa yang dia suka dan apa yang dia ga suka.. dan kita juga pasti ga mau bikin orang yang kita sayang itu sedih atau kecewa..

humm.. segitu aja deh dari gue..
gue berharap lo sekarang udah bisa nentuin jawaban lo sendiri atas kebingungan lo..
semoga aja apa yang bakalan lo lakuin abis ini bener2 bisa jadi berkat buat orang lain, dan bukan malah bikin idup orang lain atau idup lo jadi kacau bin balau..

adios! =D

No comments: