Thursday 25 August 2011

think positive!


mama: "kalian itu jangan suka negatip kingking lah sama orang.."
adek: "apa ma? kingking?"
papa: "hahaha.. tingking maa.. bukan kingking.."
gue: "iya maaa.. tingking.. bukan kingking.. hahaha"
mama: "ya, apapun itu lah.."

...

dari kecil gue udah diajarin bokap nyokap gue buat selalu mikir yang positif dan sebisa mungkin ga mikir yang negatif..
positive thinking or kingking or whatever it is, itu jauh lebih baik daripada kita mikirin hal2 yang negatif yang sebenernya ga perlu kita pikirin..

takut dan curiga, itu 2 hal negatif yang selama ini kita ga sadar sering banget ngeganggu hidup kita..
sadar ga sadar, rasa takut dan rasa curiga itu sudah sering mengganggu kehidupan kita dan akhirnya membuat hidup kita stagnant dan ga bergerak kemana2..

well, bukannya gue bilang gue ga pernah takut atau kita ga boleh ngerasa takut..
cuma, ada baiknya kalo setiap ketakutan kita itu dilawan.. jangan malah dihindari, apalagi diturutin..
takut itu cuma berguna untuk ngingetin kita kalo kita masih manusia dan ada hal2 tertentu yang harus kita waspadai.. cukup, ga lebih dari situ..

sedangkan rasa curiga, itu sama sekali ga ada gunanya..
rasa curiga itu cuma nambah2in pikiran yang sebenernya ga ada, yang akhirnya malah ngebikin kita berprilaku negatif ke orang lain atau hal tertentu yang ngebikin kita curiga itu..
yep.. curiga itu berarti lo mikirin hal jelek yang belum tentu terjadi yang malah ngebuat lo bertindak seolah2 hal jelek itu udah terjadi..
ngerti maksud gue kan?


seringkali, 2 jenis pikiran negatif itu tadi ngebuat kita jadi ga bisa berbuat baik sama orang lain..
seringkali, cuma gara2 takut atau curiga, kita ngehalangin diri kita sendiri buat jadi berkat bagi orang lain yang ada di sekitar kita..
dan seringkali ketakutan dan kecurigaan itu yang jadi penghalang buat digenapinya rencana Tuhan dalam dan lewat hidup kita..


bokap gue pernah "ditipu" orang.. dan dari kejadian itu, gue jadi bener2 belajar tentang apa itu artinya memberi, positive thinking, dan menjadi berkat..

mama: "pa, ngapain waktu itu kamu kasih duitnya?"
papa: "ya karena waktu itu dia bilang dia butuh.."
mama: "emang kamu kenal dia?"
papa: "ya nggak.. tapi dia bilang dia kenal aku.."
mama: "terus, kemana orangnya sekarang?"
papa: "ga tau.. udah ilang kabar.."
mama: "tuh kan!?! kamu ditipu orang!! itu duit banyak pula! lain kali mikir dulu! jangan gampang kasih duit ke orang yang ga dikenal!"
papa: "yah, urusan dia nipu atau nggak kan urusan dia sama Tuhan.. urusan aku sama Tuhan cuma tentang aku mau ngebantu, aku mau kasih atau nggak.. udah.. kalo dia berdosa atau nggak, ya bukan urusan aku.."
mama: "huhh.."

well, waktu itu nyokap gue stress.. dia mikirin kalo dia udah ditipu orang, dia mikir kalo duitnya itu dipake buat hal yang macem2, dia mikir kalo bokap gue ditipu dan kehilangan duit sia-sia..
PADAHAL BELUM TENTU BEGITU..

sedangkan bokap gue santai2 aja.. dia bahkan ga ambil pusing sama duit itu lagi.. dia cuma mikir positif kalo dia sudah ngelakuin bagiannya, dia sudah nyoba buat ngebantu orang yang mungkin dia ga kenal..
DAN EMANG ITU KENYATAANNYA..

POSITIVE THINKING ENABLES US TO DO POSITIVE THINGS HAPPILY

gue sendiri masih sering takut atau curiga sebelum gue ngelakuin hal yang sudah jelas2 baik..
gue masih suka mikir, "gimana kalo ntar dia ga mau? gimana kalo ntar dia kesinggung? gimana kalo ntar gue dimanfaatin? gimana kalo ntar dia mikir yang lain? gimana kalo ntar begini? gimana kalo ntar begitu?"
dan pertanyaan 'gimana-kalo-ntar' itu ga ada habisnya kalo gue selalu mikirin yang negatif..
trus, ujung2nya, gue ga bakal jadi ngelakuin hal baik itu..

contoh simplenya aja, waktu gue mau beliin kado ulang tahun buat orang, gue malah mikir "gimana kalo ntar malah dibuang?"
padahal orang itu belum tentu ga suka sama kadonya itu..
yaaahh.. ujung2nya sih emang gue beliin.. tapi itu sudah melalui peperangan batin antara gue sama diri gue sendiri..
gue harus ngingetin dan ngeyakinin diri gue sendiri kalo apa yang udah gue kasih ke orang itu bukan lagi punya gue..
dan gue ga ada hak lagi buat mikir atau malah ngatur mau diapain barang itu sama si pemiliknya yang sekarang..
dan itu bukanlah hal yang mudah..

humm..

emang ga gampang buat bisa ngalahin rasa takut dan curiga itu.. karena emang kita sudah terlahir di dunia yang punya banyak alesan buat bikin kita berpikiran negatif tentang apapun itu..
tapi, bukan berarti kita ga bisa untuk tetap berpikiran positif dalam keadaan apapun..
karena, lagi2, kita punya kontrol 100% atas otak dan perasaan kita.. so, ga ada alesan buat kita ga bisa maksa diri kita sendiri buat berpikir positif..

for better future.. =)

No comments: