Tuesday 23 August 2011

Kita sedang dijajah.



masih dalam mood hari kemerdekaan, gue mau ngajak kita semua buat sedikit mikir..
dan postingan ini mungkin lebih pantes kalo gue tujuin ke temen2 gue yang sama2 ga ada di Indonesia..
yep.. postingan ini buat kita semua, para perantau yang masih cinta Indonesia..

humm..

here it goes..

entah ini cuma perasaan gue sendiri atau emang semua orang lain ngerasain hal yang sama, kalo gue baru bener2 ngerasa betapa pentingnya Indonesia, betapa berharganya Indonesia, dan betapa bangganya gue jadi orang Indonesia justru setelah gue keluar dari Indonesia itu sendiri..

mungkin emang bener kata orang, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau..
dan pada kenyataannya, saat kita berada di rumah tetangga itu, yang kita mau adalah pulang kembali ke rumah, dari mana kita berasal..
masalah rumputnya hijau atau tidak, rumah itu tetap rumah kita..

gue jadi lebih ngerasa bertanggung jawab atas bangsa gue justru setelah gue ga tinggal di tanah air gue..
well, bisa dibilang, gue jadi lebih cinta Indonesia setelah gue kehilangan Indonesia..
haha.. ternyata begini rasanya mencintai apa yang hilang.. =P
*kiddin'!* =P

but then, sampe beberapa hari yang lalu waktu gue ngobrol2 sama si onye, dia muncul dengan satu pertanyaan yang bikin gue mikir..
"kalo Indonesia dijajah lagi, mau ga lo pulang buat perang?"

so yah, pertanyaan itu sekarang gue ajuin ke lo semua yang lagi baca ini..
pikirin, jawab dalam hati..

gue sendiri, waktu ngedenger pertanyaan itu, gue langsung ragu..
"will I go back? will I fight for my country?"
saat gue bilang, "gue cinta Indonesia", apa gue bener2 cinta sama Indonesia?

ngomong emang jauh lebih gampang daripada ngelakuin apa yang kita omongin..
so, itu berarti, kita perlu bertanya ulang sama diri kita sendiri, apakah kita bener2 cinta Indonesia dan mau berperang untuk membela kesatuan negara kita itu kalo tiba2 kita dijajah lagi?
jangan cuma bisa ngomong tanpa ada kenyataannya..

huff..

ngomong2 tentang dijajah, sadar ga sadar sebenernya negara kita ini sedang dijajah..
Indonesia sekarang lagi dijajah sama oknum2 yang sebenarnya bukan secara langsung berasal dari negara lain, namun justru dari dalam diri Indonesia itu sendiri..
yep, kita dijajah sama hawa2 pemecah belah.. kita dijajah oleh niat2 jahat orang2 gila yang sudah ga memegang teguh Pancasila lagi..
kita dijajah sama setan egois yang hanya memikirkan kepentingan perut mereka sendiri..


dan sekarang saatnya kita jawab pertanyaan itu tadi..
maukah kita berperang melawan penjajah-penjajah itu?
apa kita malah ikut2an mereka untuk memecah belah dan menghapuskan Pancasila sebagai dasar negara kita?

friends, jangan dikira dengan kita memberontak, dengan kita ikut tawuran, dengan kita ikut demonstrasi sana sini, itu berarti kita berjuang untuk Indonesia..
no! itu salah besar..
kita malah memecah belah Indonesia..

kalo kita emang mau menjaga kesatuan Indonesia, kalo kita emang bener2 cinta Indonesia, justru kita harus mendukung pemerintah kita..
kita harus tetep bisa menjaga keharmonisan lingkungan dimana kita tinggal..
seenggaknya, dimulai dari diri kita sendiri, kita belajar buat menghargai orang2 lain yang tinggal di sekitar kita dengan segala perbedaan dan keragaman yang ada..

terlalu muluk kalo kita mengharapkan perubahan besar terjadi atas Indonesia kalo kita sendiri ga bisa menjaga kesatuan negara kita itu dari lingkup yang paling kecil yang kita hidupi..
terlalu munafik kalo kita berusaha untuk mengubah satu bangsa kalo diri kita sendiri masih menganggap perbedaan itu sebagai sesuatu yang menjadi penghalang persatuan..
dan terlalu bodoh kalau kita masih menganggap bahwa negara ini cuma menjadi tanggung jawab beberapa orang yang ada di atas sana..


kesatuan negara kita adalah tanggung jawab setiap kita..
peperangan yang saat ini terjadi bukan lagi peperangan melawan bedil dan peluru, melainkan peperangan mental yang sedang merusak pikiran jernih anak2 bangsa..
peperangan yang sebenarnya sekarang terjadi di dalam kehidupan kita bermasyarakat..


well, mungkin tulisan ini emang ga sebegitu menggugah seperti pidato pak Sukarno dulu..
bahkan yang ngebaca tulisan ini mungkin cuma segelintir orang yang ga seberapa kalo dibandingin sama ratusan juta penduduk Indonesia..
tapi gue yakin.. kalo kita yang tau tentang hal ini mau sama2 membawa perubahan dari lingkup terkecil dimana kita hidup dengan orang lain yang ada di sekitar kita, itu berarti kita sudah menjadi pahlawan2 tak dikenal yang terus berjuang demi persatuan dan kesatuan Indonesia..

cinta kita kepada Indonesia cuma bisa diliat dari cinta kita kepada orang2 Indonesia yang ada di sekitar kita..

demi jaya Indonesia! =)

No comments: