Tuesday 29 March 2011

saat gw takut berdoa


barusan ini gw dinner sama temen gw yang awalnya cuma karena dia ulang tahun dan belum nraktir gw..
tapi jadinya kita malah ngobrolin beberapa hal yang bikin kita mikir lagi..
yep.. obrolan gw sama temen gw itu bikin gw mikir lagi tentang apapun yang lagi gw jalani sekarang..

salah satu topik yang kita bahas tadi adalah tentang doa..
tentang kenapa masih ada atau malah masih banyak orang yang takut berdoa..
tentang apa alasan kenapa orang ga berani berdoa, dan ga berani bertanya sama Dia Yang Maha Tahu itu..

humm..
sebenernya gw dah lama pengen nulis ini..
tapi yah, karena emang bandel dan sebelum ini gw belum bener2 yakin kalo gw harus nulis, jadilah baru sekarang gw tulis..

beberapa alesan yang gw tau kenapa ada orang (termasuk gw) takut berdoa biasanya adalah:
1. karena ngerasa ga bisa berdoa (which is sebenernya lebih tepat kalo dibilang ga biasa berdoa)..
2. karena ngerasa malu atau ga enakan sama Tuhan..
3. karena takut sama Tuhan..

tapi, kali ini gw ga mau ngebahas tentang salah satu dari 3 hal itu..
yang mau gw bahas disini adalah satu alesan lain yang akhir2 ini ada di kehidupan doa gw sendiri..
yep.. gw lagi takut berdoa karena gw ga berani terima jawaban doa itu..

agak aneh emang.. tapi itulah kenyataannya..
saat orang lain mencari2 Tuhan untuk minta jawaban atas doa2nya, gw malah ga berani ngadep Tuhan karena gw takut sama jawaban yang bakal gw terima..
gw takut kalo jawabannya itu ga sesuai dengan keinginan gw..

dari kecil gw udah diajarin doa Bapa kami.. dan di dalam doa Bapa kami itu ada isinya, "jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di surga.."
dan itu berarti sudah sepantasnya dan memang sudah seharusnya kalau kita berdoa, apapun jawabannya itu semua terserah sama Beliau yang punya alam semesta ini..

tapi ga begitu dengan kenyataannya yang gw hadapi sekarang..
gw juga masih sering berdoa dengan berpegang sama ego dan keinginan gw sendiri.. which is mungkin berlawanan sama apa yang Dia mau buat hidup gw..
dan gw mau belajar buat bisa bener2 bilang, "terjadilah sesuai kehendak-Mu, Tuhan.."

ga ada yang salah sama berdoa meminta apa yang kita mau..
ga ada yang salah sama berdoa meminta apapun yang menurut kita baik..
yang salah adalah kalau kita jadi memaksa, dan akhirnya bilang, "kehendakku yang jadi, bukan kehendak-Mu.."

Tuhan memang bilang, "...apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya..." [Yoh 14:13]
dan itu berarti apapun, apa saja, whatever it is, if we ask in His name, kalau kita minta di dalam nama-Nya, Dia pasti berikan, Dia pasti lakukan..
syaratnya cuma satu, harus di dalam nama-Nya.. yang artinya, harus sesuai kehendak-Nya..

gw belajar sesuatu dari sini..
gampang buat bilang "aku mau taat sama Tuhan.."
tapi ga gampang buat bilang "apapun itu, terjadilah sesuai kehendak-Mu, Tuhan.."

dan Tuhan tau itu..

Tuhan tau kalo kita ini manusia yang punya ego dan keinginan masing2..
karena kita emang diciptakan dengan free will, dengan kehendak, dan dengan kemampuan untuk memutuskan sesuatu..
tapi kita juga diciptakan untuk bersahabat dengan-Nya, supaya kita bisa ngerti apa yang Dia mau atas hidup kita..

dan gw mau itu..

hummph..
gw tau ini bakal susah..
gw tau ini ga mudah..
tapi gw mau belajar taat..
gw mau belajar berserah..

selamat malam dunia.. selamat tidur.. selamat bermimpi indah..

=)

No comments: