Friday 25 March 2011

too late? not really..

pagi ini gw agak ngaco.. konslet mungkin..

bangun tidur telat 10 menit.. akhirnya gw buru2 naek MRT walaupun masih blur..
di dalem MRT dari Jurong East ke arah Marina Bay gw tidur.. alhasil, gw kebablasan tidur.. akhirnya kebangun dan turun di tempat yang salah.. 3 menit waktu lagi terbuang..
turun di MRT Yio Chu Kang, jalan ke busstop.. baru di jembatan penyebrangan mau ke busstop, bus yang mau gw naikin barusan aja lewat.. terpaksa nunggu bus yang satu lagi.. 20 menit terbuang..

ga sampe disitu aja..
setelah naik bus, karena masih ngantuk dan bete gara2 ketinggalan bus sebelumnya, gw ketiduran lagi..
buka mata, tiba2 gw udah ada di highway yang berarti gw udah ngelewatin 5 busstop dari yang seharusnya gw berenti.. 8 menit berlalu di alam mimpi..
turun2, pas lagi nyebrang jembatan penyebrangan buat naik bus yang arah jalan balik, gw ngeliat busnya barusan lewat.. lagi2 gw dipaksa nunggu.. 15 menit lagi masuk dalam tabungan waktu telat..
akhirnya gw naek bus yang berikutnya, dan terbuang lagi waktu 9 menit dalam perjalanan yang ga seharusnya ada..

so, mari kita itung berapa lama waktu yang terbuang sia2 karena gw telat bangun 10 menit tadi pagi..
10 + 3 + 20 + 8 + 15 + 9 = 65 menit..
yep.. bener! gw telat sejam lebih.. cuma gara2 telat bangun 10 menit.. -.-"

well, itulah singapur..
kalo lo lagi beruntung, perjalanan tuh bisa bener2 cepet.. dan kalo lagi apes, telat lo itu bisa bener2 bikin sakit ati..
gw padahal cuma telat bangun 10 menit.. which is kalo di indo, itu berarti gw cuma bakal telat sampe kantor 10 menit..
nggak demikian halnya dengan singapur.. telat bangun 10 menit bisa jadi telat sampe tujuan satu jam..
AMAZING.

anyway, gw ga mau ngeluh2 pagi ini, karena ternyata gw belajar sesuatu dari keterlambatan gw itu..

gw belajar bahwa kadang dalam hidup juga sering terjadi kecelakaan2 beruntun.. atau kesialan2 beruntun.. atau malah kesalahan yang membawa kita ke kesalahan yang lain..
akan ada saatnya dimana jalan yang kita lalui, yang awalnya benar, akhirnya malah membawa kita ke tempat yang lain yang ga kita inginkan karena kurang berhati2 atau kurang serius selama kita menjalaninya..

kesalahan2 yang kita buat juga bisa bikin kita melenceng dari jalan yang seharusnya kita lewati.. dan satu kesalahan bisa ngebawa kesalahan2 lain yang malah bikin kita makin jauh dari tujuan kita yang sebenarnya..


trus, kita harus ngapain kalo akhirnya kita sadar kalo kita salah?
turun. dan putar balik haluanmu. kembali ke jalan yang seharusnya kau lewati.

mungkin kita bakalan terlambat sampe ke tujuan kita itu.. tapi, ga ada yang namanya terlalu terlambat..
selama masih ada waktu buat balik lagi ke tujuan awal kita, selama itulah kita masih bisa kembali..
apapun resikonya, apapun harganya, lebih baik kembali ke jalan yang benar daripada meneruskan berjalan di jalan yang salah..

so, kalo emang ada diantara kamu yang mungkin sekarang udah mulai sadar kalo ternyata jalan yang kamu lewati sekarang ini bukan ke arah yang benar, dan ga bisa ngebawa kamu ke tempat yang seharusnya kamu tuju, tulisan ini buat kamu..
segera turun dari bus itu, naik bus ke arah sebaliknya..
cari jalan lain yang bisa ngebawa kalian ke tujuan kalian..

It's never too late to get on the right track!

adios! =D

No comments: