Monday 5 April 2010

ask, seek, knock


dah lama pengen bagiin ini sebenernya.. tapi moodnya dateng pegi mulu..
nah, mumpung sekarang moodnya lagi enak, ada baeknya gw tulis sekarang..

"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya." [Matius 7:7-11]

ayat ini sering dipake orang buat jadi dasar iman mereka meminta sesuatu sama Tuhan..
tapi, kadang ayat ini disalah artiin..
well, gw juga benernya sering salah ngartiin ayat2 laen.. karena gw manusia dan gw ga bakal bisa bener2 ngerti apa maksud Tuhan lewat alkitab..
so, ada baeknya gw bagiin apa yang gw dapet dari Matius 7:7-11 ini..

gw tadi bilang, Matius 7:7-11 ini sering disalah artiin..
salah arti gimana maksudnya?
maksudnya gini..

sering banget kita minta sesuatu sama Tuhan dan ngarep Tuhan bakal kasih bener2 sesuai dengan apa yang kita minta..
dan saat kita ga dapet yang kita minta, kita bilang Tuhan ga jawab doa kita.. parahnya, kita bilang Dia ga denger doa kita..
dan disitulah kita salah ngartiin Matius 7:7-11 itu..

Tuhan adalah Tuhan yang selalu dengar doa kita.. dan Dia selalu jawab doa kita.. dengan cara-Nya sendiri tentunya..
Daud kasih tau kita hal itu di Mazmur..
"Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan." [Mazmur 66:19]

okeh, balik lagi ke yang gw bilang sebelumnya.. kita sering salah artiin Matius 7:7-11 itu..
dan sekarang gw bakal bahas pelan2 ayat itu..

kalo kita perhatiin bae2, dari awal ayat 7 sampe ayat 11 itu, Tuhan ga pernah bilang kalo dia bakal kasih sesuai dengan yang kita minta..
sekarang, kita potong dikit2..

1. "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu;" -> minta apa? diberi apa?

2. "carilah, maka kamu akan mendapat;" -> cari apa? mendapat apa?

3. "ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu." -> kecuali ini, jelas2 Tuhan bilang kalo lo ketok pintu, pintu bakal dibukain.. tapi lagi2, pintu itu ngomong tentang jalan, dan bukan apa yang kamu minta..

4. "Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan." -> kesimpulan dari yang sebelumnya..

5. "Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan?" -> Tuhan ga bakal kasih batu kalo anaknya minta roti, dan dia ga bakal kasi ular kalo anaknya minta ikan.. tapii.. Dia juga ga bilang bakal kasih roti kalo anaknya minta roti, dan bakal kasih ikan kalo anaknya minta ikan.. (okeh, kasi tau gw kalo gw salah tentang yang ini..)

6. "Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya." -> nah, disini yang bikin kita berbahagia sebagai anak-Nya.. walopun Tuhan bisa jadi ga ngasih kita roti waktu kita minta roti, dan ga kasih kita ikan waktu kita minta ikan, Dia udah keburu janji kalo Dia bakal kasih yang baik buat kita anak2-Nya yang udah minta sama Dia.. dan Dia bakal tepati janjinya itu..

so, inti dari Matius 7:7-11 itu, yang gw dapet adalah, Tuhan bakal kasih kita semua yang baik.. dan belum tentu sesuai dengan apa yang kita minta..
well, kadang kita emang bandel.. minta sesuatu dan harus dapet sesuatu yang kita mau itu..
humm.. kaya anak kecil gitu deh..
dan Tuhan ga pengen kita terus2an kaya anak kecil yang merengek2 minta sesuatu dan kita harus dapet sesuatu itu..
kita harus belajar ngerti, apapun yang Tuhan kasih itu adalah yang terbaik..

kita suka maksain kehendak kita sama Tuhan.. dan itu amat sangat ga sopan..
kaya yang udah pernah gw tulis sebelumnya, kita suka ngatur Tuhan.. Tuhan harus gini lah, Tuhan harus gitu lah, pokoknya sesuai kehendak gw..
well, yang Tuhan siapa?? hahaha..

dan lagi, yang namanya iman itu adalah percaya sepenuhnya sama Tuhan.. bukan cuma percaya setengah2..
dan itu berarti, dalam hal permintaan, doa, dan masalah terkabul atau nggaknya doa itu, itu semua harus kita percayain sepenuhnya sama Tuhan..
kalo kita ga bisa terima apa yang Tuhan kasih, padahal dah jelas2 itu yang baik menurut Dia, gimana bisa kita dibilang beriman sama Dia?

adios, amigos.. =)

No comments: