Sunday 11 April 2010

talking about faith; ngobrol2 tentang iman..


tadi siang, balik gereja, gw makan sama anak2 sekolah minggu di gereja gw..
ada 1 anak, namanya Geraldine, bandelnya minta ampun.. ga bisa diem, gerak2 loncat2 mulu..
untungnya cakep.. =P
nah, lagi makan siang gitu, dia dipesenin makanan sama mamanya.. dia makan steak..
steaknya dateng, dia udah mulai tusuk2 fries yang ada di piringnya pake garpu, siap2 buat dimakan.. belom doa..
trus, gw bilang, "doa dulu mei" -- (mei = dek)
trus dia ijin makan duluan sama gw, ama cecenya, sama orang2 yang ada disana.. abis gitu dia doa..

dia doa bentar banget.. dia doa ga pake lama.. dalam itungan detik, dia dah selesai doa..
gw penasaran ama isi doanya si Geraldine yang bentar banget itu..
gw tanya, "kamu doanya gimana?"
"Tuhan, tolong pimpin aku, aku mau makan, berkati makanan ini. Amin."
dan disitu gw bener2 penuh sukacita..

yep!
gw dah lama ga denger doa yang kaya gitu..
dan bahkan gw sendiri dah lama ga doa kaya gitu..
doa yang bener2 sincere, doa yang bener2 to the point.. doa yang menurut gw adalah doa dari seorang anak ke Bapanya yang di surga..

okeh.. buat beberapa orang, mungkin mereka malah ketawa ngedenger doa kaya gitu.. tapi buat gw, gw malah ngerasa beda..
si Geraldine ini malah ngajarin gw tentang siapa Tuhan itu buat kita..
emang bener, Tuhan buat tiap2 orang itu beda.. atau dengan kata lain, tiap orang punya padangannya sendiri2 tentang Tuhannya..
buat beberapa orang, mungkin Tuhan adalah sosok yang menyeramkan..
tapi buat beberapa orang yang lain, Tuhan bisa jadi sosok yang asik, seru, gaul, lucu, fun, dan amat sangat baik sekali..
well, ga ada yang salah dengan macem2 pandangan itu, karena pada dasarnya iman itu adalah masalah pribadi kita dengan Tuhan..

Religion is one thing, but relationship with God is another thing..

setiap orang punya imannya sendiri2, tapi bukan berarti tiap orang punya agamanya sendiri2..
tiap orang punya pandangan yang beda2 terhadap Tuhan.. tapi bukan tiap orang punya Tuhan yang beda..
gimana cara kita mandang Tuhan tergantung dari berapa dekat kita sama Tuhan..
dan buat gw, kekristenan itu bukan tentang gimana aturan agama kristen, tapi tentang gimana gw bisa kenal dekat sama Tuhan yang udah bikin gw dan nebus dosa2 gw..

for me, christianity is all about relationship with God..
dan kaya relationship kita sama manusia, sikap dan tindakan kita sama partner relationship itu amat sangat ditentukan oleh berapa dekatnya kita sama partner kita itu..

okeh, gw kasih contoh deh..

temen2 gw manggil gw coby.. buat yang udah cukup deket, kadang cuma cob..
buat yang kenal gw dari kecil, mungkin manggil gw vego.. dan buat yang bener2 tau gw dari orok, ada beberapa orang yang manggil gw edo.. bahkan ada juga yang kenal gw pas sma, manggil gw dengan sebutan gultom..
yep.. panggilan gw beda2 tergantung seberapa deket orang itu sama gw..

temen gw ada yang harus nelepon gw dulu kalo mo ketemu, ada juga yang dengan seenaknya nyuruh gw ke rumahnya, dan ada juga yang lebih parah lagi,seenak jidatnya masuk kamar gw, berantakin kamar gw, dan makan atau minum apa aja yang ada di kamar gw..
yep, perlakuan mereka ke gw tergantung dari seberapa deketnya mereka sama gw..

gitu juga dengan Tuhan..
karena menurut gw kekristenan itu adalah tentang hubungan kita sama Tuhan, jadi setiap orang punya cara mereka sendiri2 buat interaksi dengan Tuhan.. tergantung dari seberapa dekatnya mereka dengan Tuhan..
dan gw, dan kita semua, ga bisa ngejudge orang lain tentang caranya beribadah ke Tuhan..
karena lagi2, yang namanya iman itu masalah pribadi kita..

baca Roma 14 deh.. (okeh, yang males buka alkitab, atau males cari2 di internet, bisa click aja disini buat alkitab bahasa indo, atau disini buat English NIV..)

satu pasal itu, semuanya ngebahas tentang iman.. bahwa iman itu adalah masalah pribadi.. dan ga ada seorangpun yang berhak menghakimi orang lain atas iman orang tersebut..
dan tiap2 orang baiklah menjaga imannya tetap untuk dirinya sendiri..
dan selama dia melakukan imannya itu, dia sudah memuliakan Allah..

nah, gw ga tau gimana dengan kalian selama ini.. yang jelas, gw pernah berbuat kesalahan..
gw pernah ngejudge orang atas imannya, dan gw juga pernah nyoba buat maksain iman gw ke orang lain..
dan itu salah..
sekali lagi gw bilang, menurut gw itu salah..

gw ga seharusnya maksain iman gw ke orang lain..
gw ga seharusnya bilang orang lain ga beriman cuma karena cara dia beribadah beda dengan gw..
entah agama orang itu sama atau beda sama gw, gw ga boleh menghakimi orang itu..
bahkan gw ga bisa bilang satu orang atau satu golongan masuk surga dan orang atau golongan lain ga masuk surga..
gw ga punya hak sama sekali..
karena yang berhak nentuin siapa yang masuk surga dan siapa yang nggak, itu cuma Tuhan yang berhak..

so, buat apa gw ngeributin agama lo ini, agama gw itu.. cara ibadah lo gini, cara ibadah gw gitu.. atau malah lebih extrimnya, gw boleh makan ini dan lo boleh makan itu..
semuanya itu ga guna..
karena pada dasarnya, yang namanya iman adalah urusan pribadi kita dengan Tuhan..

trus, bakal ada pertanyaan gini, "apa gunanya agama dong? itu kan berarti tiap orang ga butuh agama?!"

agama atau yang bahasa inggrisnya religion itu banyak aturannya..
dan sudah naturenya manusia minta diatur..
manusia ga bisa dikasih kebebasan yang sebebas2nya.. karena kita liar..
manusia perlu sesuatu untuk ngatur dirinya supaya bisa lebih tertib..

bener kalo dibilang iman itu urusan pribadi kita dengan Tuhan, tapii.. kita tetep butuh aturan2 agama, norma2 agama buat ngatur kebebasan kita untuk berhubungan pribadi dengan Tuhan.. dengan kata lain, kebebasan kita beriman itu masih tetep perlu diatur sama yang namanya norma2 agama..
karena kalo ga diatur, iman kita yang bebas itu bakal jadi sama aja dan ga ada bedanya sama nafsu..
dan mungkin bisa jadi lebih parah.. itu malah salah..

well, bahasan gw kali ini agak berat.. dan gw sendiri takut kalo ini bakal jadi bumerang buat beberapa orang..
but then, ada baeknya kalo abis baca ini, kita berdoa.. minta hikmat dari Dia, supaya apapun yang barusan lo baca ini ga bikin iman lo jadi goyang..
so, kalo emang kalian yang baca punya pendapat yang beda, feel free buat komen..
dan kalo emang menurut kalian tulisan gw kali ini ada yang salah, feel free buat ngebenerin..

stay blessed to be a blessing guys.. =)

No comments: