Monday 15 March 2010

enough is enough


uooohh!! segaarrr... baru mandiii.. yeah! hahaha..

yep2.. seperti biasa, gw sering nulis blog kalo gw baru selesai mandi atau boker..
kenapa? karena inspirasi itu datang disaat2 seperti itu.. yeah!

humm..
gw baru aja balik dari jalan2 ama temen2 gw.. dan topik gw kali ini tiba2 muncul di otak gw waktu tadi lagi nungguin bus 199 di boonlay..
waktu itu cuma ada 1 kata yang muncul di otak gw: CUKUP..
dan kata itu ga muncul2 lagi selama dalem bus karena gw sendiri ternyata tidur selama di perjalanan itu..
baru setelah gw turun dari bus, kata itu muncul lagi di otak gw: CUKUP..
makanya pas mandi, gw ngerenungin kata itu dan mikir2 apa arti kata itu buat gw..

beberapa hari yang lalu, gw ngeliat temen gw nulis kalimat di bawah ini di status facebooknya..
"Give me neither poverty nor riches, but give me only my daily bread. Otherwise, I may have too much and disown you and say, 'Who is the LORD ?' Or I may become poor and steal, and so dishonor the name of my God."
itu salah satu ayat favorite gw.. diambil dari Amsal 30:8-9.. bahasa indonya di bawah ini..
"Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku. Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku."

yep..
ayat itu berkata tentang CUKUP..

gw ngerasa, kalo selama ini, selama gw jadi manusia, gw sering ngerasa kurang, kurang, kurang dan kurang..
jarang banget gw puas sama apa yang gw punya..
jarang banget gw bisa ngerasa cukup atas apa yang gw dapet..
dan gw ga tau gimana lo yang baca.. mungkin lo juga sama ama gw.. mungkin juga lo ternyata lebih gampang ngerasa puas daripada gw..
cuma lo yang tau..

well, kata orang manusia emang ga pernah ngerasa cukup..
dan kata orang, emang seharusnya kita ga boleh ngerasa cukup.. supaya kita bisa maju..
humm..
itu kata mereka, bukan kata gw..

menurut gw, ada kalanya gw harus ngerasa cukup atas semua yang udah gw punya..
ada kalanya gw mengucap syukur atas semua yang udah Dia kasih..
entah itu duit, waktu, kesehatan, keluarga, persahabatan dan lain2nya..
gw harus bisa ngucapin makasih ke Dia setiap saat dan bukan terus2an meminta setiap saat..

okeh..
confession dari gw..
barusan ini juga gw ngerasa ga puas.. gw ngerasa kurang cukup..
atas semua yang udah gw dapet, gw masih ngerasa kurang, kurang dan kurang..
gw masih ga bisa mengucap syukur atas hari ini..
itu yang gw rasain waktu nunggu bus 199 di boonlay tadi..
dan Tuhan cuma negur gw lewat 1 kata itu tadi..
CUKUP..

Dia ga pake cara macem2, Dia juga ga pake orang lain buat ngomong itu ke gw..
kata itu muncul di otak gw, ngingetin gw buat bisa bersyukur buat hari ini..
walaupun emang banyak hal yang bisa jadi alesan gw buat bete, bukan berarti gw harus bete.. (liat postingan gw sebelumnya)
dan gw harus milih buat tetep bersyukur atas semua yang udah terjadi sepanjang hari ini..
gw harus berterima kasih sama Tuhan atas setiap detik, setiap langkah gw sepanjang hari ini..
karena sadar ga sadar, semuanya yang terjadi hari ini atas kehendak Dia..

sekarang, pertanyaannya adalah: "kenapa gw harus bersyukur?"
karena dengan bersyukur itu berarti gw ngijinin Tuhan buat kerja lebih lagi lewat dan dalam hidup gw..
"Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku. Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku."

di ayat itu ditulis, "Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku."
itu alesan kenapa gw harus bersyukur..
itu alesan kenapa gw harus bisa bilang, "ini cukup bagiku.."

gw sering jealous atas apa yang ga gw dapet.. termasuk barusan ini juga.. gw jealous..
gw cemburu tanpa gw sadari apa aja yang udah gw terima..
dan itu udah pernah gw tulis di postingan gw yang ini..
dan gw tau, yang namanya cemburu itu salah.. apalagi cemburu yang ga beralasan..

humm..
gw ga tau gw nulis apaan ini sebenernya..
mungkin ini cuma tulisan random buat lo yang baca..
but then, ini yang ada di otak gw kali ini..
ini yang selama beberapa jam terakhir ini muter2 di pikiran gw..
dan semoga postingan gw yang random ini bisa jadi berkat buat lo yang baca..

adios, amigos.. =)

No comments: