Friday 19 March 2010

habis gelap terbitlah terang.. trus?


hahahaha
emang belom tanggal 21 April sih.. jadi mungkin belom saaatnya gw ngomongin ini..
but anyway, buat ngobrolin tentang sesuatu ga harus nunggu tanggal yang bersangkutan kan?
hahahaha

habis gelap terbitlah terang..

kata2 itu terkenal karena dikumandangkan (atau didendangkan?) oleh R.A. Kartini..
yep, dia adalah salah satu wanita terkenal di Indonesia..
diangkat sebagai pahlawan karena memperjuangkan hak2 wanita..
dibilang ibu emansipasi wanita..

tapii..
kali ini gw ga bakal ngomongin dia sama sekali..
kali ini gw bakal ngomongin hal yang sedikit nyimpang..
ehm, nyimpang jauh sih mungkin..
wekekeke

kepikiran di otak gw, setelah denger kata2 "habis gelap terbitlah terang.." adalah....
"habis terang, gelap datang lagi.."

seringkali kata2nya ibu kartini itu kita jadiin penghiburan kalo kita lagi ada masalah..
atau kalo kita lagi dalam keadaan 'gelap'..
seringkali kita menghibur diri kita sendiri buat percaya kalo setelah segala kesulitan yang kita alami, bakal ada secercah cahaya yang udah menanti kita..
dan itu benar..

tapii...
seringkali kita lupa..
saat kita lagi ada di 'terang', kita sering lupa kalo yang namanya gelap itu bakal dateng lagi..
dan dia bisa dateng kapanpun itu.. saat kita siap, saat kita ga siap..
gelap sudah menanti di depan sana..

kita sebagai manusia, sering ga sadar sama yang namanya roda kehidupan..
okeh, yang ga ngerti roda kehidupan, ini gw jelasin dikit..
kata orang2 -yang ngaku- bijak, hidup ini kaya roda, semuanya berputar..
kadang kita di atas, kadang kita juga dibawah, diinjak2, bersentuhan sama kotoran2..
dan akan selalu berputar berganti2an..

nah.. yang gw perhatiin disini adalah, kita sebagai manusia ini sering ga siap..
well, kalo kata kasarnya, kita sering sombong..
duh, ga usah pake kita deh.. gw sendiri ngerasa gitu..

gw sering sombong kalo gw udah di 'terang'.. sampe akhirnya pas gelap itu dateng, gw ga siap..
dan karena gw ga siap, gw bisa terjebak lama di kegelapan itu..
menunggu terang yang laen buat dateng, entah berapa lama terang itu bakal dateng..
dan itu ga enak..

gw ga tau seberapa sering lo yang baca ini ngalamin hal yang sama ama gw..
gw ga tau apakah lo yang baca emang selalu siap dengan keadaan apapun yang bisa muncul di hidup lo atau nggak..
gw ga tau seberapa beraninya lo yang baca buat ngadepin setiap kegelapan yang ada dan nunggu di depan sana..
dan gw ga tau udah berapa banyak putaran gelap-terang-gelap-terang yang udah lo lewatin..
but then, satu hal yang pengen gw bagi kali ini adalah tentang kesiapan..

emang bener "habis gelap terbitlah terang.."
tapi.. jangan lupa juga kalimat yang kedua, "habis terang, gelap datang lagi.."
karena itu juga penting..
tentang gimana kesiapan kita, tentang gimana mental kita, itu yang ngebentuk kita sebagai manusia..

humm..
gw ga ada niat menggurui disini.. karena gw sendiri juga masih belajar gimana buat siap sama semua kegelapan yang udah ada di depan sana..
gw cuma pengen ngajak lo yang baca, buat sama2 siap..
dan ngingetin kalo di depan sana, selama kita masih hidup, masih banyak putaran gelap-terang-gelap-terang yang harus kita lewatin..

HABIS GELAP TERBITLAH TERANG.. HABIS ITU, GELAP DATANG LAGI..

adios, amigos.. =)

No comments: