Monday 31 March 2008

kakak sayang adek..

00.37 a.m.
tengah malem, dari minggu ke senen..

tiba2 aja gw kepikiran tentang apa yang gw obrolin ama temen gw belom lama ini..
tentang hal kecil yang mungkin buat beberapa orang (baca: banyak orang) ga begitu penting..
dan tentunya, lagi2 karena salah satu sifat gw yang suka ngebesar2in masalah yang biasanya kecil, jadilah sekarang gw tulis di blog gw..

yow!
kita mulai aja sekarang..

yang mo gw tulis di sini adalah tentang sodara (baca: saudara).. buat lebih jelasnya lagi, sodara kandung..

napa? kok tiba2 gw ngebahas ini? apa gw lagi kangen sama sodara (baca: adek) gw?
hmm..
ga kok.. gw ga lagi kangen berat sama adek gw.. yah, kangen sih ada..
cuma ya ada satu hal yang bisa gw bilang aneh aja.. fenomena aneh yang sudah biasa dalam satu keluarga.. maksudnya, setiap keluarga..

masalahnya apa? buruan dong! dari tadi muter2 aja! ngebelit2!

sabar, sabar.. nih baru mo gw tulis masalahnya..

masalahnya adalah..

yang gw perhatiin, dari beberapa temen gw dan dari orang2 di sekitar gw, kejadian kalo seorang kakak suka ga tau dimana adeknya, atau adeknya lagi ngapain, adalah suatu kejadian yang cukup aneh buat gw..

lho?! biasa aja kalee..

hmm.. ga biasa buat gw..
kenapa?
karena dari kecil gw kebiasa disuruh ma bonyok gw buat selalu merhatiin di mana adek gw, ke mana adek gw, lagi ngapain adek gw, dan segala macemnya yang bisa dibilang kerjaan baby sitter..
dulu sih gw suka bete kalo disuruh2 gitu.. tapi, sekarang gw baru tau manfaatnya.. gw jadi deket banget ma adek gw.. walopun kita juga sering banget pukul2an, tabok2an, tendang2an, gigit2an, jambak2an, dll yang bisa dikatagorikan brutal..
tapi itu ga lama kok biasanya.. dalam waktu kurang dari 1x24 jam biasanya kita udah baekan lagi..
dan efek dari kerjaan baby sitter gw dulu itu juga berefek banget dengan komunikasi gw sama adek gw, ntah tentang apa pun itu..
oh iya, fyi, adek gw itu cewe..

lah, hubungannya sama orang laen?

gini.. yang gw perhatiin sih dan lebih lagi temen gw nyadarin gw akan hal ini.. biasanya.. kalo kakak beradek itu sejenis (baca: cowo-cowo atau cewe-cewe) mereka ga deket2 banget..
mereka jarang saling peduli.. dan mereka cenderung lebih cuek satu sama laen..

ah, becanda kamu! mana ada jengkol di belanda!

hoho.. itu sih apa yang gw perhatiin.. jadi itu cuma based on my experiences and my observations.. terserah buat lo yang ngebaca mo percaya apa nggak.. hehehe..

wah wah.. sesat loe!

hohoho.. sekali lagi, gw bukannya ngajarin atau ngasih tau yang sesat2.. tapi apa yang jadi pikiran gw.. hehehe..

kok bisa gw dapet kesimpulan begitu??

waduh.. susah kalo mo dijelasin panjang lebar.. tapi buat singkatnya.. gw udah merhatiin dan melakukan beberapa test yang mungkin ga disadari oleh beberapa responden gw.. dan hasilnya, sampe sekarang masih positif, masih mendukung ke pendapat gw itu..

contoh pertanyaan yang gw kasih dan jawaban yang mereka balikin :

gw : "eh, adek lo dimana?"
orang1 : "wah, ga tau tuh"

gw : "eh, besok katanya adek lo mo ke sana ya?"
orang2 : "heh? iya ya?"

gw : "kakak lo kemaren jalan2 ke mall yang itu ya?"
orang3 : "hahaha.. ga tau juga ya.."

dan masih banyak lagi.. yah, pertanyaan2 simple sih..

hmm.. tapi, sebelum obrolan ini jadi lebih lanjut n malah menuai kontroversi, lebih baik sebelumnya gw minta maaf dulu deh.. kalo2 aja ada yang kesungging (baca: kesinggung) gara2 tulisan gw ini..
beneran deh.. gw ga niat apa2 kok.. cuma mo bagi2 pikiran gw aja.. yah, kalo diterima ya asiik, kalo ga ya..... gapapa deh.. hehehe..

trus trus.. lanjut..

otak gw yang lagi2 jarang2 mikir ini pun jadi mikir akhirnya..
apa sih yang ngebuat fenomena ini ada?
fenomena dimana kalo si kakak dan si adek yang berjenis kelamin sama kemungkinan besar bakal saling cuek satu sama lain sedangkan kalo jenis kelaminnya beda bakal lebih akrab?

dan hasil dari pemikiran2 gw di kamar mandi sebelum gw ngetik ini tadi adalah sbb:

1. mereka takut dibanding2in..
soalnya, biasanya kan orang tua suka banget tuh ngebanding2in anak2 mereka satu sama laen.. katanya sih biar anak2nya termotifasi.. tapi yaahh.. who nose, idung sapa?
2. mereka takut kelemahan mereka ketauan..
soalnya, biasanya kan di rumah kalo udah kelahi gitu mereka saling ngejahatin tuh.. nah, biasanya mereka selalu pake kelemahan lawannya, biar lawannya ga bisa ngebales.. hmm.. bukannya semua manusia juga gitu ya? hahaha..
3. mereka takut saingan..
waduh.. masalah cowo apa masalah cewe nih? hahaha.. tetep aja deh.. saingan dalam hal apa aja.. hahaha..

yak, yang gw tulis disini sih cuma 3 alesan aja.. yang kira2 relevan dan masih bisa diterima akal sehat.. walopun mungkin 33nya juga rada maksa.. tapi gapapa lah.. daripada ga ada alesan.. hahaha..

wokeh.. waktu sekarang sudah nunjukin angka 01.11.. dan saatnya gw cabut dari depan kompie, bergerak sekitar 3 langkah kebelakang dan menjatuhkan tubuh lemas lemah tak berdosa ini ke atas gumpalan busa-per-kapas yang sudah manggil2 gw sedari tadi..

out for now friends!

No comments: