Tuesday 7 January 2014

postingan pendek. ngalah.

barusan ada temen gue curhat karena lagi ada masalah ama pacarnya.. dan untuk alasan keamanan dan kenyamanan bersama, gue udah minta ijin buat nulis percakapan gue ama dia tadi ke blog ini dengan sedikit penyamaran..
Temen (T): "bete gue! dia ga pernah ngedengerin kalo gue ngomong.."
Gue (G): "ya mo gimana lagi.. pada ga ada yang mau ngalah sih.."
T: "gue udah sering ya ngalah! dia tuh yang ga pernah ngalah.."
G: "yaudah, ngalah lagi aja.. susah amat.."
T: "ampe kapan gue ngalah mulu?"
G: "ampe baekan.. ntar kalo berantem lagi, ya ngalah lagi.."

ga jauh dari sini, beberapa minggu lalu, gue balik kampung dan adek sepupu gue yang dari papua yang masih kelas 2 SD berantem sama kakaknya yang udah SMA..
Sepupu Kecil (K): "dia tuh yang salah! disuruh nyetrika nggak mau!"
Sepupu Besar (B): "apaan?! emang gue siapanya?!"
Gue (G): "ya udah.. kakak ngalah lah.. setrikain aja itu baju adeknya.."
K: "tuh! denger tuh!"
B: "ogah! dia cowo! kenapa gue yang ngalah?!"
G: "kan lo lebih gede.. masa yang kecil yang ngalah?"

ada orang bijak yang pernah bilang, "mengalahlah untuk menang!"
ada juga yang kurang bijak mengatakan, "mengalah dulu, ntar tusuk dari belakang!"
dua-duanya sama-sama mengalah.. dua-duanya diakhiri dengan bunyi '-ang'.. tapi mereka berbeda..

waktu kecil gue sering berantem ama adek gue, dan setiap kali udah pukul2an, bokap gue langsung nabok gue duluan..
gue protes! karena bukan selalu gue yang salah.. lebih sering adek gue yang salah duluan..
tapi kenapa gue yang ditabok duluan?
bokap gue cuma bilang, "karena kamu abangnya.."

gue ga ngerti alesan itu sampe akhirnya gue bertumbuh jadi sedikit lebih dewasa..
setelah SMA barulah gue ngerti bahwa yang namanya abang itu dituntut untuk menjadi lebih dewasa daripada adiknya..
dan yang namanya orang dewasa seharusnya lebih bijak dalam menghadapi perselisihan..

salah satu quote orang bijak yang paling gue suka adalah "kamu mengalah bukan karena kamu salah.. kamu mengalah karena kamu lebih memilih untuk mempertahankan sebuah hubungan baik daripada sekedar pembenaran.."
kalo lo belum pernah atau ga bisa nemu quote itu dimana2, anggep aja quote itu barusan gue karang.. =P

tetangga gue di kampung pernah ribut sama tetangga yang lain.. dan ada tetangga satu lagi yang berusaha mendamaikan mereka.. sedangkan tetangga-tetangga yang lainnya sibuk main dengan rumah tangga dan ular tangganya masing-masing..
nah, salah satu kalimat tetangga gue yang mendamaikan tetangga-tetangga gue yang ga main ular tangga dan berantem bukan karena tangga itu pernah bilang, "yang waras ngalah!"
dan sampe sekarang gue mikir bahwa tetangga gue ternyata semuanya gila.. karena waktu itu ga ada yang mau ngalah..

so, buat kita semua, marilah kita berlomba-lomba untuk mengalah.. karena mengalah itu bukan hanya menandakan tingkat kedewasaan kita, tapi juga menunjukkan bahwa kita masih waras..
jangan senang dulu kalo ada orang yang mau mengalah untuk kita, karena itu berarti kita sudah dianggap seperti orang gila oleh dia yang sudah mengalah..

seperti kata SEVENTEEN, "mengapa selalu aku yang mengalah?" *loh!*

=)

1 comment:

bay said...

klo quote gw, "mengalah bukan berarti kalah"