Monday 4 July 2011

you can be funny


gue akhir2 ini jadi suka ngedengerin atau nonton stand up comedian ngelawak..
dan gue sedikit tertarik buat jadi salah satu dari mereka..
gue mau nyoba ngelucu.. hihi..

tapi, sebelum gue nyoba ngelucu, gue justru lebih dulu tertarik buat nyari tau sama apa yang ngebikin mereka itu jadi lucu.. gue penasaran kenapa ada orang yang lucu, dan ada juga yang gagal waktu nyoba ngelucu..
so, gue jadi cenderung menganalisa setiap penampilan stand up comedian yang gue liat, entah itu live atau cuma di video..

dan sekarang gue mau ngebagiin apa yang gue dapet dari hasil analisa gue selama ini..

1. Materi
sebenernya, dari sisi materi, buat ngelucu itu kita ga perlu susah2 cari bahannya..
karena sebenernya segala hal yang ada di sekitar kita itu berbakat buat dibikin jadi lucu..
tergantung gimana cara kita ngeliatnya.. lucu tidaknya suatu hal atau cerita adalah tergantung dari sudut pandang kita terhadap hal itu..
so, intinya, ga susah buat ngedapetin cerita lucu..

contohnya aja, ada anak kecil yang lagi nangis2 di salah satu tempat perbelanjaan.. dari kejadian itu aja, kita bisa dapet banyak sudut pandang..
dari sudut pandang si anak, mungkin dia punya alesan tersendiri kenapa dia nangis.. dan kita bisa bikin joke
atau humor dari sini..
dari sudut pandang orang tua si anak, mungkin dia ngelakuin apa yang ngebikin anaknya nangis.. dan kita juga tetep bisa bikin joke atau humor dari sini..
bahkan, dari sudut pandang orang yang cuma sekedar lewat, banyak hal yang mungkin muncul waktu dia ngeliat si anak kecil itu nangis2 di lantai.. dan pasti, kita bisa bikin joke atau humor dari situ..
sekarang, tinggal gimana kita kreatifnya aja ngarang cerita dan nambahin hal2 yang menurut kita lucu..

at least, sampe saat ini, kita sudah punya satu atau beberapa cerita lucu dari satu kejadian yang biasa2 aja..

2. Jokes
ada kalanya, joke yang kita pake itu sedikit garing atau malah basi.. dan kalo udah kaya gitu, biasanya respon penonton bener2 bikin kita down dan ga mau nyoba ngelucu lagi..
itulah kenapa, kita perlu research tentang joke apa aja yang lagi in di lingkungan tempat kita ngelucu..
kita perlu tau tentang hal2 apa aja yang biasanya bikin orang2 yang bakal ngedengerin kita itu ketawa..
dan kalo udah ketemu, coba masukin joke2 itu ke materi yang sudah kita dapet di step pertama tadi.. selip2in tapi jangan maksa..

at least, sekarang kita udah punya cerita lucu yang bisa diterima oleh orang banyak..

3. PeDe-ness
kepercayaan diri adalah hal yang paling penting disini..
bukan materinya, bukan jokesnya, bukan juga hal2 yang bakal gue sampein di bawah ini nantinya..
justru inilah yang ngebedain antara orang2 yang lucu sama yang garing..

kenapa kepercayaan diri?
karena kalo lo aja ga percaya bahwa joke yang lo bawain itu bisa bikin orang ketawa, gimana mungkin orang lain percaya kalo joke lo itu bisa bikin mereka ketawa?
atau dengan kata lain, kalo emang lo udah takut joke lo itu bakalan garing, maka jadi garinglah joke lo itu..

PeDe-ness ini juga berbicara tentang gimana lo masuk ke stage, dan gimana tatapan mata lo selama beberapa detik pertama..
sadar ga sadar, percaya ga percaya, penonton bisa ngeliat apakah lo siap atau takut waktu lo mau ngelucu itu..

so, bisa dibilang 3 detik pertama waktu penonton ngeliat lo, mereka sudah bisa nentuin bakalan gimana reaksi mereka waktu lo ngejoke ntar..
kalo mau bukti, buktiin sendiri.. =)

4. Intonasi dan Dinamika
dalam ngejoke, ada banyak hal yang perlu dikasih perhatian tambahan, salah duanya adalah intonasi dan dinamika kita dalam membawakan lawakan itu..
kalo nada kita flat dari awal sampe akhir, kemungkinan besar penonton ga bakal ketawa, karena mereka sendiri ga tau di bagian mana mereka harus ketawa..

nah, buat ngemasterin bagian ini, ga ada cara lain selain latian, latian dan latian..

5. Tertawa
bukan joke namanya kalo ga bisa bikin orang lain ketawa.. dan kadang, buat ngebikin orang lain ketawa itu, kita harus bisa ketawa duluan..
dengan kita ketawa, secara tidak langsung, itu berarti kita ngajak orang lain ketawa sama2 kita..
dan kalo diperhatiin, justru joke2 yang lucu biasanya ngebikin ketawa yang ngedenger dan yang ngelawak sekaligus..
so, jangan takut buat ketawa selama kita lagi ngejoke..

tapi.. jangan sampe juga kita keasikan ketawa sendiri waktu ngejoke.. karena kalo kaya gitu, yang ada juga penonton malah bingung, ga nangkep dimana lucunya lawakan kita itu..
tertawalah disaat orang lain harus tertawa, dan seriuslah disaat orang lain sedang memperhatikan..
dengan begitu, baru seorang pelawak bisa dibilang berhasil..

6. Bahasa Tubuh
komunikasi itu adalah 10% kata2 yang digunakan, 30% cara kita mengucapkan, dan 60% gerak gerik kita selama menyampaikan perkataan itu..
so, buat bisa ngelucu yang efektif, kita juga harus pake tubuh kita sebagai media penyampaian pesan..
jangan ragu buat menggerakkan beberapa bagian anggota tubuh waktu kita ngelucu.. bahkan kalo perlu seluruh tubuh bergerak, ya gerakin aja..

gue jarang ngeliat ada orang yang bisa ngelucu kalo badannya kaku dan ga ngedukung lawakannya..
kecuali kalo orang itu ngelawak tentang sesuatu yang bener2 kaku dan mengharuskan dia ga bergerak sama sekali..
dan kadang, gerakan doang sudah cukup buat ngebikin orang lain ketawa.. lagi2, karena gerakan sudah mencakup 60% dari keseluruhan bentuk komunikasi kita dengan orang lain..

so, kalo emang lo masih malu atau males buat gerak, gue bisa bilang, lo bakalan susah buat ngelawak..

so yah, ada 6 hal itu dulu yang menurut gue super duper penting yang harus dimiliki oleh seorang pelawak..
atau seenggaknya, itu yang gue amati dari standing comedians yang selama ini udah gue tonton..
mereka biasanya sudah menguasai ke-6 hal yang gue tulis di atas.. sehingga, hal sekecil apapun bisa dijadikan

sesuatu yang lucu oleh mereka..
silahkan dicoba, silahkan diterapkan sendiri2.. hehe

be creative, be funny!

adios! =D

No comments: