Tuesday 5 July 2011

the coolest dad


gue ga suka Singapore!
gue ga mau berkeluarga di negara laknat ini!
GUE MAU PULANG KE INDONESIA!

gue bukannya kesambet setan atau kesamber petir atau gimana..
tapi, gue bener2 sudah eneg sama adat, budaya, sama gaya hidup orang-orang di negara kecil ini..
gue ga bisa ngeliat anak gue bertumbuh dengan baik kalo dia hidup dan tinggal di lingkungan singapore ini..

gini..

di singapore ini, gue sudah teramat terlalu sering ketemu anak2 yang kurang ajar sama orang tuanya..
dan gue juga sudah terlalu sering ngeliat gimana orang tua disini agak aneh dalam menunjukkan rasa "sayang"nya ke anak2 mereka..
dan itu amat sangat ga cocok sama prinsip gue..

humm..

balik ke masalah yang paling mendasar deh.. yaitu pertanyaan yang sering ditanyakan para orang tua..
"kenapa kok anak gue malah lebih suka cerita sama temen2nya daripada sama gue?"

jawabannya gampang pak, bu, om, tante..
"karena memang begitulah anak-anak.." atau, lebih generalnya, "karena memang begitulah manusia.."

gue bukan ahli psikologi atau sosiologi, tapi gue tertarik buat ngerti kenapa begini kenapa begitunya manusia..
dan menurut pengamatan gue selama ini dan pengertian yang gue dapet dari apa yang gue amati itu adalah, bahwa memang sewajarnya manusia akan lebih mau terbuka sama orang yang menurutnya cocok, mirip, sepikiran, sehobi, atau senasib dengan dia..
intinya, semakin banyak kesamaan antara 2 orang, semakin mereka mau terbuka satu sama lain..

dan itu yang dinamakan teman..

anak-anak punya konsep yang paling simpel tentang hal ini..
buat mereka, kalau mereka punya hobi yang sama, kalau mereka punya pendapat yang sama, mereka adalah teman..
dan buat seorang anak kecil, teman adalah tempat pertama untuk bercerita bahkan tentang hal yang kecil sekalipun..

seorang anak memang butuh figur seorang bapak yang bisa melindungi dia dan memberikan rasa aman kepadanya.. dan itu memang sudah naturenya sebagai anak yang diturunkan oleh nenek2 moyang kita dari jaman batu dulu..
yep.. rasa aman memang dibutuhkan kalau keadaan disekitarnya kurang aman..

sedangkan di jaman sekarang, saat keamanan itu bukanlah lagi hal yang paling penting buat si anak, mereka justru lebih butuh teman..
apalagi di singapore yang diclaim sebagai salah satu negara dengan tingkat keamanan yang tinggi ini, dimana seorang anak berumur 7 tahun pun bisa berjalan2 sendirian berkeliling negara tanpa harus takut diculik atau hilang sendiri..
sekarang, anak lebih butuh teman..

masalahnya sekarang adalah bahwa justru di negara yang aman ini kebanyakan orang tua tidak lagi peduli dengan kebutuhan anaknya..
yep.. gue berani bilang kalo kebanyakan mereka memang tidak peduli..
buktinya bisa diliat dari seberapa banyak program pemerintah singapore yang berusaha mengharuskan para orang tua itu untuk menghabiskan waktu yang lebih banyak dengan anak2nya di hari sabtu dan minggu..
dan itupun banyak orang tua yang tidak mau ikut..

kenapa bisa begitu?
gampang..
karena memang gaya hidup disini sudah amat sangat menyita waktu, tenaga dan pikiran para orang tua itu sehingga waktu mereka bertemu dengan anak2 mereka, mereka sudah terlalu capek untuk bermain dan mencoba berteman dengan anak2 mereka sendiri..
bahkan disaat weekend, para orang tua itu lebih memilih untuk tidur dan beristirahat di rumah daripada menemani anak2 mereka bermain atau sekedar jalan-jalan bersama..
yep.. mereka ga tau dan ga mau tau tentang kebutuhan anak-anak mereka..

huff..

waktu gue masih kecil, bokap gue masih ngeluangin waktunya buat jalan2 sama gue sepulangnya dia dari kerjaannya..
bahkan bisa dibilang setiap hari minggu kita pasti jalan2 ke mall bareng atau ke rumah sodara2 yang lain walopun beliau kerja dari hari senin sampe sabtu..

waktu gue mulai gede, mulai ngerti suka2an sama cewe, bokap gue juga yang ngajakin gue ngobrol tentang tipe2 cewe yang gimana yang cocok dan yang baik buat gue..
well, emang sih awalnya gue agak risih, karena gue pikir beliau pasti masih kolot atau malah bakal maksa gue buat milih yang begini yang begitu..
tapi nggak.. justru bokap gue mau ngedengerin semua pedapat gue yang baru tau "cinta" itu, dan dia justru nyeritain ke gue gimana waktu dia pedekate ama nyokap gue dulu..

waktu gue sudah kuliah pun, bokap gue masih tetep jadi temen baek gue..
beliau tau kalo gue demen maen bola, dan dia ngajak gue maen bola sama temen2 kantornya waktu gue lagi liburan..
yep.. beliau memang udah ga muda lagi, udah ga bisa lari2 selincah 30 tahun yang lalu..
tapi gue tau, bokap gue ngajak gue maen bola itu bukan karena dia mau maen bola atau dia masih jago maen bola.. tapi karena dia mau ngabisin waktunya sama-sama gue di lapangan bola..
dia tetep mau jadi temen terbaek gue..

*sob*

gue mau jadi kaya beliau..
gue mau jadi bokap yang bisa jadi temen baek anak gue..
gue mau bisa nemenin anak gue dalam setiap hobi dan kegiatannya.. entah itu olahraga, maen musik, atau malah bela diri..
gue mau jadi orang pertama yang dia cari waktu dia ada cerita, waktu dia ada masalah..

gue mau anak gue punya lingkungan yang mendukung buat dia ngerasain hal itu..
gue ga mau dia nyontoh gimana temen2 sekolahnya bertindak kurang ajar sama orang tua mereka..
gue mau dia punya lingkungan yang kurang lebih sama dengan apa yang dia terima dari gue nantinya..
dan gue mau dia sayang sama gue lebih dari dia sayang temen2nya..
karena gue mau dia bertumbuh dan kenal bapaknya sebagai temennya yang bisa diajak ngapain aja..

gue mau jadi bokap yang paling keren di seluruh dunia!!

=)

No comments: