Wednesday 11 May 2011

(lagi-lagi) tentang pemimpin kita


gw barusan ngobrol2 sama pacar gw.. *sombong* =P
dan ini yang gw obrolin..

entah sejak berapa tahun yang lalu trend ini muncul di Indonesia.. trend dimana orang Indonesia selalu ngerasa kecewa sama pemimpin yang mereka pilih sendiri..
mereka kecewa dengan kinerja pemimpin yang menurut mereka ga bisa memenuhi semua permintaan dan harapan mereka..
mereka kecewa karena performa pemimpin2 itu ga sesuai dengan apa yang ada di benak mereka saat mereka memilih..

dan sekarang, gw mau ngajak kita semua mikir..

di facebook gw, gw tulis status yang isinya begini:
"Gaji pokok Presiden Indonesia adalah Rp 62.497.800,-. Tugasnya adalah memimpin 245.613.043 penduduk Indonesia. Menurut kalkulator, 245.613.043 / 62.497.800 = 3,92994702. Itu berarti, untuk setiap 4 orang Indonesia yang perlu di pimpin, Pak Presiden cuma terima bayaran Rp 1,-. Masih pantaskah kita marah-marah?"

kenyataan itu baru gw sadari waktu gw ngobrol2 sama si onye.. gw baru sadar kalo ternyata gaji pokok Pak Presiden itu ga segede yang gw bayangin..
ternyata gajinya pak presiden cuma 5 kalinya gaji gue..
sedangkan tanggung jawabnya, gw bahkan ga bisa ngitung berapa kali lipatnya tanggung jawab gw di kantor..

kenapa selama ini kita cuma bisa komplen, bilang pemimpin kita ga beres, tapi kita ga pernah nyoba buat ngertiin keadaannya dia sebagai pemimpin..
kita bilang, "mereka digaji pake duit rakyat!", tapi kita sendiri ga tau berapa besar kita ngebayar dia..
setiap orang rakyat Indonesia cuma berkontribusi Rp 0,25 ke gaji Presiden..

humm.. okeh, gw emang belum masukin anggaran2 tambahan, pendapatan2 tambahan, tunjangan2 tambahan yang diterima oleh presiden kita..
tapi, kalopun gw masukin, gaji sebesar Rp 245.613.043,- (yang berarti, per orang rakyat Indonesia berkontribusi Rp 1 terhadap gaji Pak Pres) itu masih pantes buat seorang Presiden..

dulu, gw pernah nulis tentang apa aja yang perlu dipikirin oleh seorang presiden.. (click di sini)
dan dari situ gw juga ngajak kita semua buat lebih ngehargai pemimpin kita..
well, bukan cuma ngehargai, tapi juga tunduk..
dan kalo bisa, membantu..

kerjaan mereka ga gampang.. mereka harus mikirin kita semua, mereka harus bertanggung jawab sama kesejahteraan kita semua..
dan menurut gue, cuma orang bego yang mau dibayar segitu kecilnya buat ngurusin segitu gedenya jumlah penduduk yang mungkin malah ga mau diurus..
naif sekali kalo gw bilang gw mau ngurusin bangsa ini dengan gaji yang lebih kecil dari itu..
dan gw yakin, lo yang baca justru bakal minta gaji pokok yang jauh lebih gede daripada itu kalo lo tau kerjaan lo adalah ngurusin orang2 yang ga mau diurusin..

friends, emang bener, kadang2 kebijakan2 pemimpin kita itu agak ga masuk akal..
bahkan kadang2 mereka bikin kita ketawa sama semua keputusan mereka..
tapi mereka tetep pemimpin kita..
mereka rela pusing2 mikirin nasib kita dengan bayaran sekecil itu..
dan yang bisa kita lakuin cuma nurut dan ngebantu dengan apapun yang bisa kita lakuin..

Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik. Sebab inilah kehendak Allah, yaitu supaya dengan berbuat baik kamu membungkamkan kepicikan orang-orang yang bodoh. Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja! Hai kamu, hamba-hamba, tunduklah dengan penuh ketakutan kepada tuanmu, bukan saja kepada yang baik dan peramah, tetapi juga kepada yang bengis.
[1 Petrus 2:13-18]

No comments: