Wednesday 6 April 2011

ask: Why am I doing this?


bukan, bukan tentang cinta..
kali ini gw coba tulis lagi pengalaman gw yang bisa dijadiin pelajaran..
dan pelajaran kali ini adalah tentang MOTIVASI..

tadi malem, jam 10an gitu, gw olahraga.. lari lebih tepatnya..
walaupun ga jauh, tapi tetep aja, berhasil bikin gw ngosh2an, pengen muntah, dan sekarang jadi lebih seger.. =)
maklum, terakhir kali gw olahraga kalo ga salah udah 2 bulan yang lalu.. =P

ngapain gw lari malem2 gitu? stress kah?
kaga..
gw punya tujuan tertentu..
gw pengen memulai ngejaga stamina lagi, gw pengen idup lebih sehat dari beberapa bulan sebelum ini..
at least, gw pengen supaya jantung gw ini tetep kebiasa dibikin kerja lumayan keras..
maklum, di kantor kerjaan cuma makan, duduk, ketik2 dokumen, berdiri, duduk, makan, minum..
kasihan si jantung..

nah, lagi lari tadi malem, gw sempet mikir mau berenti di tengah jalan..
karena ngerasa capek tentunya..
tapi gw terusin aja tetep lari..
dan sampe di ujung jalan rute awal gw lari, gw malah nambahin beberapa ratus meter lagi buat tarikan terakhir sebelum bener2 berhenti dan istirahat..

so, selagi gw pengen berenti lari itu, otak gw malah ikutan lari2, mikir..
kenapa gw harus lari? kenapa gw harus berhenti? dan kenapa akhirnya gw terus lari?
yah, kalian pasti tau lah, kalo orang udah kecapekan fisik, biasanya si otak yang gantian gerak.. mikir..
dan tadi malem itu gw diingetin lagi tentang pentingnya tau tujuan awal kita melakukan sesuatu..

sering banget di perjalanan idup kita, kita ketemu berbagai macem hal yang ngebikin kita pengen berenti ditengah2 proses kita ngerjain sesuatu..
dan biasanya yang ngebikin kita berhenti adalah diri kita sendiri.. otak kita lebih tepatnya..
hal2 yang selama ini sudah pernah kita alami, kekecewaan2 dan kegagalan2 di masa lalu, biasanya itu semua yang ngebuat otak kita ini bilang "berhenti saja!" saat kita mulai capek di tengah jalan.. walaupun hati kita masih mau nerusin perjalanan itu..

selagi gw lari tadi malem, saat gw ngerasa capek dan pengen berenti lari, yang ada di otak gw adalah "gimana kalo ntar lo sakit? pingsan? dan besok ga bisa kerja? lo ga inget waktu itu lo sempet mau mati gara2 maen bola malem2?"
jelas, itu berarti otak gw udah mulai nyuruh gw buat berenti lari..

tapi gw ga berenti.. gw harus terus lari.. gw harus ngelakuin sesuatu dan harus bisa ngendaliin otak gw sendiri sebelum gw bisa ngendaliin dan nyuruh kaki gw buat terus lari sampe selesai..
akhirnya gw bilang ke otak gw sendiri, "gw punya tujuan kenapa gw lari, dan gw punya garis finish yang harus dicapai.. sebelum gw sampe situ, gw ga boleh berenti!"

yep..
kadang kita ga butuh banyak hal buat ngeyakinin diri kita sendiri untuk nerusin apa yang lagi kita kerjain..
kadang kita cuma perlu inget akan satu hal: tujuan..


"when I feel like stopping, I'll just remember why I started this journey in the first place.. I run with a purpose.. I know where I'm going.. and that's enough to keep me running.."

banyak orang yang sibuk mondar mandir, ngabisin banyak duit, masuk dan belajar ke seminar oleh orang2 yang 'dianggap bisa memotivasi' orang lain; dan akhirnya tetep gagal..
well, you know what?! sebenarnya satu2nya orang yang paling bisa memotivasi kita adalah diri kita sendiri..
dan yang kita perlu sebenarnya cuma TUJUAN DAN GARIS AKHIR YANG JELAS..

kenapa banyak orang yang berhenti di tengah jalan?
karena mereka ga tau persis kenapa dan ke mana mereka berjalan..


friends, emang bener motivasi itu bisa dateng dari dalam dan dari luar diri kita..
tapi, inget, apa yang dari luar itu ga bakal selamanya bisa ngebantu kita.. karena ada saatnya apa yang di luar itu hilang dan ga kembali lagi..
sebaliknya, apa yang ada di dalam sini, itu bakal selamanya ada di situ..
dan itu berarti, kapanpun kita butuh, kita bisa selalu balik lagi ke dalam situ dan nerusin perjalanan kita..

ga usah pusing2 nyari orang yang bisa memotivasi kita..
ga usah bayar mahal2 cuma biar kita semangat ngejalanin sesuatu..
cukup inget lagi, apa tujuan awal kita, ke mana kita harus pergi dan di mana kita harus berhenti..

selesai.

No comments: